Home Arts Kelas-kelas Sekolah Kecantikan dengan Prospek Kerja yang Luas

Kelas-kelas Sekolah Kecantikan dengan Prospek Kerja yang Luas

Program kelas sekolah kursus kecantikan pendaftaran siswa murid baru
Ilustrasi | Foto: freepik.com

Highlight.ID – Bekerja di industri kecantikan adalah pilihan bagi sebagian orang terutama mereka yang suka membuat penampilan orang menjadi lebih cantik dan menarik. Terdapat beberapa profesi yang bisa dipilih seperti hairstylist, barber, makeup artist (MUA), beautician, dan nail technician.

Syarat utama berkarier di industri kecantikan yaitu menguasai pengetahuan dan keterampilan sesuai profesi yang dipilih. Untuk mempersiapkan diri, kamu bisa mendaftar di sekolah-sekolah kecantikan yang membuka program pelatihan intensif. Setiap tempat kursus kecantikan menawarkan program dan biaya yang bervariasi.

Program-program yang Ditawarkan Sekolah Kecantikan

1. Kosmetologi

Kenapa kamu belajar kosmetologi? Seorang yang mempelajari kosmetologi disebut dengan kosmetolog (cosmetologist) yang ahli dalam mempercantik rambut, kulit, dan kuku. Kamu akan memiliki keterampilan melakukan berbagai treatment mulai dari memotong rambut, merawat kuku hingga facial.

Baca Juga:
Fidella Novania Ceritakan Pengalamannya Berbisnis Salon Kecantikan




Banyak hal yang bisa kamu peroleh dengan belajar kosmetologi. Kemudian kamu dapat memfokuskan diri pada salah satu bidang, menjadi hairstylist, nail technician atau beautician. Setiap profesi mempunyai deskripsi pekerjaan yang berbeda-beda. Namun apabila kamu belajar kosmetologi, kamu akan dapat melakukannya semua perawatan kecantikan.

Sebagai kosmetolog, kamu menerapkan tren terbaru dalam potongan, pewarnaan dan penataan rambut untuk pria, wanita, dan anak-anak. Selain itu, kamu juga mendapatkan keterampilan pemasaran dan komunikasi untuk menarik pelanggan salon dan mengembangkan bisnis. Beberapa materi yang kamu pelajari termasuk Hair Design, Hair Cutting, Basic Skin Care, Color & Texture, dan Retail Training.

2. Beauty Therapy

Menjadi terapis salon/spa merupakan pilihan bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dengan memijat. Sebelum memilih program terapi pijat, kamu harus menentukan spesialisasi pijat. Beberapa teknik pijat paling populer yang bisa kamu pelajari meliputi Sweedish Massage Therapy, Hot Stone Massage, Reflexology, Deep Tissue Massage, Thai Massage, dan lainnya.

Sekolah kecantikan menawarkan program diploma dan sertifikat untuk mereka yang ingin memperoleh keterampilan dan pengetahuan dasar dalam terapi pijat. Selain belajar teknik-teknik pijat, siswa juga mempelajari anatomi tubuh, fisiologi, dan bisnis.

Baca Juga:
Kursus Salon Kecantikan, Materi-materi Apa Saja yang Dipelajari?

3. Esthetics / Skin Care




Salah satu pekerjaan yang berkembang pesat di Indonesia adalah estetika. Untuk memperdalam estetika, kamu bisa mendaftar di tempat kursus kecantikan di mana kamu akan dibimbing oleh profesional berpengalaman. Setelah lulus, kamu dapat berprofesi sebagai ahli kecantikan (esthetician) yang mampu mengidentifikasi berbagai permasalah kulit.

Tak hanya itu, esthetician juga mampu melakukan bermacam-macam treatment untuk mengatasi permasalahan kulit. Jenis-jenis treatment yang biasa dilakukan esthetician seperti facial, chemical peels, mikrodermabrasi, terapi cahaya, hair removal, dan perawatan tubuh.

Guna mendukung pekerjaan, esthetician juga dibekali dengan penguasaan alat-alat tingkat medis seperti laser, cahaya LED, gelombang ultrasonik, IPL (intensed pulsed light), dan lainnya. Berkat keterampilan dan pengetahuan ini, esthetician banyak dibutuhkan oleh dunia medis, bekerja sama dengan dokter profesional. Esthetician dapat bekerja di klinik kecantikan, salon/spa kecantikan, hotel atau resort hingga rumah sakit.

4. Makeup Artistry

Sebagai makeup artist (MUA), kamu bertanggung jawab memperbaiki penampilan kulit dengan alat-alat kosmetik. Kamu dapat bekerja di salon, studio foto, stasiun televisi, rumah produksi atau secara independen menjalankan bisnis sendiri. Makeup artist juga berpeluang terlibat dalam event seperti fashion show, penggarapan film atau video, maupun photoshoot

Baca Juga:
4 Kursus Estetika Berikan Pelatihan untuk Dokter dan Perawat

 



Makeup artist wajib menguasai penggunaan berbagai alat makeup dan produk kosmetik. Agar kariernya semakin melesat setelah lulus, MUA juga perlu terus meng-upgrage keterampilannya. Banyak MUA yang sukses dan menjadi langganan tokoh-tokoh terkenal karena keahliannya dalam merias wajah sudah diakui.

5. Barbering

Barbershop merupakan tempat di mana para pria mendapatkan berbagai perawatan rambut. Kebanyakan pria lebih memilih pergi ke barbershop daripada salon kecantikan. Sementara orang yang melakukan perawatan disebut dengan barber. Tugas paling pokok barber yaitu memotong, membentuk, dan merawat rambut pria.

Barber juga melakukan perawatan seperti mencukur rambut di sekitar wajah. Selain pemakaian alat, barber juga harus mengetahui produk-produk seperti pomade, gel, lotion, dan hair spray.

6. Nail Technology

Tak hanya perawatan rambut, orang yang berkunjung ke salon/spa kecantikan juga memerlukan perawatan di bagian tubuh lainnya termasuk kuku. Staf salon yang mengkhususkan diri pada perawatan kuku disebut dengan nail technician. Selain di di salon, mereka bisa bekerja di beberapa lokasi seperti hotel, kapal pesiar hingga bandara.

Jenis-jenis perawatan yang biasa dilakukan nail technician yaitu manicures, pedicures, aplikasi kuku, dan lainnya. Untuk menjadi nail technician, kamu bisa mendaftar di sekolah kecantikan yang membuka program Nail Technology.