Home Lifestyle Culture Mengeksplorasi Kekayaan Papua di Festival Budaya Lembah Baliem 2018

Mengeksplorasi Kekayaan Papua di Festival Budaya Lembah Baliem 2018

event terbaru papua provinsi kabupaten wamena sejarah festival budaya lembah baliem kegiatan jadwal acara lokasi di mana bagaimana cara pergi ke sana atraksi destinasi tempat wisata menarik
dolandolen.com
ISEEFEST 2019

Highlight.id – Bumi Papua tak hanya kaya dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, tapi juga menyimpan keanekaragaman budaya lokal. Atraksi budaya Papua yang diselenggarakan tiap tahun adalah Festival Budaya Lembah Baliem. Festival tertua di Papua ini menjadi daya tarik yang mengundang wisatawan untuk menyaksikannya.

Event yang dipusatkan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya ini diselenggarakan pada 7-9 Agustus 2018 dan dibuka dengan pernikahan massal. Sebanyak 100 pasangan suami-istri (pasutri) yang manjalani pernikahan massal yang diharapkan dapat mencatat rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Selanjutnya, diberikan akta nikah kepada 100 pasutri tersebut.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya,”Event ini levelnya sudah dunia. Masyarakat internasional sudah mengetahuinya. Sebab atraksi, aksesibilitas, dan amenitas di sana bagus. Dijamin wisatawan akan puas saat berkunjung ke sana.”

Arief Yahya menambahkan bahwa Festival Lembah Baliem 2018 yang akan disajikan secara luar biasa sangat artistik dan didukung dengan nuansa alam dan budaya yang eksotis.

Sejarah Festival Budaya Lembah Baliem

Pada zaman dulu, penduduk Lembah Baliem memiliki budaya menjaga wilayah kekuasaannya dari campur tangan suku lain. Tak hanya wilayah, mereka juga berusaha menjaga harkat dan martabat wilayahnya sebagai warisan leluhur yang harus dipertahankan. Sehingga wilayah mereka tak dapat diberikan begitu saja kepada suku lain.

Baca juga:

Dampaknya, konflik antar suku bisa saja tak terhindarkan dan berlanjut menjadi perang. Perang dengan suku lain dilakukan karena perebutan wilayah atau masalah harta benda. Tapi perang antar suku sudah ditinggalkan sejak pemerintah Republik Indonesia mulai beraktivitas di wilayah Jayawijaya. Sebagai gantinya, suku-suku di dataran tinggi Baliem menyelesaikan setiap permasalahan dengan damai.

Untuk melestarikan budaya yang ada, Festival Budaya Lembah Baliem diselenggarakan sejak tahun 1999 oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya. Kegiatan budaya ini didukung oleh seluruh warga masyarakat dari 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya. Pelestarian budaya ini menjadi atraksi yang bisa mendatangkan wisatawan sehingga potensi ekonomi daerah dapat lebih berkembang.

Atraksi Festival Budaya Lembah Baliem

Puncak acara dari Festival Lembah Baliem 2018 yaitu Tarian Perang yang melibatkan tiga suku besar di dataran tinggi Wamen, yaitu Dani, Yali, dan Lani. Sekitar 1000 penari yang terbagi dalam 26 kelompok dan masing-masing terdiri dari 30-50 pejuang akan mempertontonkan simulasi perang. Setiap pejuang membawa alat-alat perang yang lengkap seperti busur panah, tombak dan memakai pakaian daerah setempat, koteka.

Area seluas 400 meter persegi dan 250 meter persegi di antaranya telah disiapkan sebagai venue untuk medan perang. Selain mempertontonkan alat perang dan pakaian daerah, event ini juga diramaikan dengan alat musik tradisional Pikon. Suaranya yang khas dan merdu akan terdengar saat alat musik unik yang terbuat dari kayu ini ditiup.

Atraksi menarik lainnya, penonton bisa menyaksikan secara langsung tarian tradisional, permainan Sikoko dan Puradan, menyulam tradisional, lempar tombak, permainan musik Witawo, dan bakar batu.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana mengatakan, “Meski hanya simulasi dan berupa tarian, tapi semuanya dikemas bagus. Selain venue, kostumnya juga sangat artistik khas Papua. Tarian perang ini jadi salah satu sajian yang paling ditunggu oleh wisatawan. Oleh karena itu, festival ini jangan sampai dilewatkan.”

Pitana menambahkan, “Festival Lembah Baliem ini menjadi spot terbaik untuk memotret keindahan Papua dalam waktu yang terbatas. Siapkan saja kamera terbaik. Pastikan memory-nya besar sehingga bisa menampung banyak file. Sebab, festival ini akan memberikan banyak kejutan dengan pesonanya yang luar biasa.”

Puas menonton Festival Lembah Budaya Baliem, kamu dapat mampir ke tempat-tempat wisata menarik di wilayah Kabupaten Jayawijaya. Di antaranya, Air terjun Tinggima Wollo, Goa Sikepalki, Pondok Apung Wio Silimo, Taman Rekreasi Wakaca Sogokmo, Goa Kontilola, dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here