Highlight.ID – Bisnis salon kecantikan yang penuh persaingan membuat pebisnis perlu melakukan berbagai upaya untuk bisa terus eksis. Namun pebisnis salon yang punya visi jangka panjang tak hanya sebatas mempertahankan bisnisnya. Tentunya, ia juga ingin salon kecantikannya mampu memimpin kompetisi dan menjadi yang terdepan.
Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan membuat acara salon. Event memungkinkanmu untuk berinteraksi dengan pelanggan maupun calon konsumen. Ketika mengorganisasi sebuah event, kamu mempunyai kesempatan untuk mempresentasikan brand, ide, produk, dan layanan tepat seperti yang diinginkan.
Di saat pemasaran modern menjadi berorientasi digital, event marketing adalah salah satu yang teratas. Selain berpeluang meningkatkan penjualan, kamu berharap memperoleh banyak insight langsung dari konsumen.
Pentingnya Acara Salon
Banyaknya salon kecantikan mau tidak mau membuat pebisnis perlu melakukan terobosan. Acara pemasaran salon dapat membantu salon menonjol di tengah kerumuman. Ketika salon lain hanya berpangku tangan menunggu orang datang, kamu mampu melakukan lebih dari itu.
Lewat acara salon, kamu memperoleh pengenalan merek (brand recognition), menarik klien baru, dan meningkatkan loyalitas pelanggan dan karyawan. Lebih dari itu, kamu bisa membentuk komunitas dan nemperkuat hubungan dengan mereka.
Biasanya, ketika kamu mengadakan event salon, akan ada sejumlah orang yang merasa penasaran. Mereka kemungkinan akan memeriksa dan bertanya lebih lanjut tentang acara mu. Selanjutnya, mereka juga akan menanyakan fasilitas dan layanan secara perorangan serta berkonsultasi dengan hairstylist.
Baca Juga:
Jenis-jenis Event Marketing Paling Tepat untuk Majukan Bisnismu
Pertemuan secara fisik juga merupakan kesempatan sempurna untuk mempromosikan produk dan layanan salon. Ini juga menjadi momen bagi anggota salon baru untuk bertemu langsung dengan pelanggan dan memahami ekspektasi mereka.
Sebagai contoh, kamu menjalankan bisnis salon muslimah dengan produk-produk yang jelas halal. Kamu bisa mengundang sejumlah orang terpilih untuk mencoba produk dan layananmu. Konsumen bisa langsung bertanya tentang produk dan merasakan manfaatnya. Jika mereka puas, kamu berkesenpatan mendapatkan klien baru dan memperoleh online exposure jika mereka mengunggah foto dan video ke media sosialnya.
Cara Memilih Acara Salon
1. Tentukan tujuan
Tujuan umum acara bisnis lokal termasuk membuat orang tahu tentang bisnismu, layanan, dan lokasi. Ketika orang berkunjung ke salon, itu berarti mereka melakukan upaya lebih untuk mendapatkan layanan.
2. Biaya acara
Kesuksesan acara tidak harus dengan biaya yang banyak. Kamu bisa menyesuaikan event dengan budget yang kamu miliki. Jangan sampai kamu telah mengeluarkan uang banyak tapi justru event tidak memberikan hasil yang optimal.
3. Sasaran audiens
Setiap salon mempunyai target audience-nya sendiri. Jadi, pastikan event relevan dengan profil dan karakteristik konsumenmu. Petimbangkan untuk mengirimkan undangan dipersonalisasi atau gift card online menggunakan aplikasi salon. Simpan rekaman informasi yang dikumpulkan.
4. Pertimbangkan klien yang sudah ada
Biasanya, ini lebih mudah untuk mempertahankan konsumen daripada calon pelanggan. Buatlah acara spesial yang ditujukan bagi pelanggan setia salon. Ini akan meningkatkan loyalitas dan kepuasan karena mereka merasa diperhatikan.
5. Tentukan tanggal yang tepat
Pertimbangkan membuat event di mana orang bisa lebih leluasa untuk datang ke salon. Hari libur atau akhir pekan adalah momen yang nyaman bagi klien yang sibuk. Perlu diperhatikan, jangan terlalu sering membuat acara karena itu malah justru meningkatkan pengeluaranmu.
6. Promosikan acara
Acaramu akan mendapat lebih banyak perhatian apabila kamu mempromosikannya. Berkat media sosial dan email, informasi acaramu lebih mudah untuk disebarluaskan.
7. Kumpulkan informasi
Ketika tamu datang ke acaramu, ini adalah kesempatan untuk mendapatkan informasi dari klien. Minta mereka untuk mengisi buku tamu di mana kamu bisa mengetahui nomor telepon, email, akun media sosial, dan alamatnya.
Jenis-jenis Acara Salon Kecantikan
1. Acara Pernikahan
Pernikahan adalah acara yang sakral di mana semua orang termasuk pengantin dan keluarga untuk tampil semenarik mungkin. Pada waktu tertentu, ada pameran pernikahan di mana banyak vendor bisa berpartisipasi termasuk salonmu.
2. Acara Wisuda
Keberhasilan menempuh studi di perguruan tinggi ditandai dengan acara wisuda. Tawarkan harga khusus bagi mereka yang ingin wisuda dengan tata rias rambut dan wajah terbaik
3. Hari Spesial
Di Indonesia, terdapat sejumlah hari spesial seperti Hari Kartini, Hari Ibu, World Hijab Day, dan lainnya. Ini merupakan kesempatan mendapatkan klien dengan memberikan layanan terbaik.
4. Acara Liburan
Momen liburan yang ditunggu-tunggu di antaranya yakni lebaran. Ini merupakan momen di mana orang saling berkunjung ke tempat saudara, teman maupun relasi. Berikan harga khusus agar orang mendapatkan layananmu sehingga mereka bisa tampil sebaik mungkin.
5. Kelas Kecantikan
Kamu punya kesukaan untuk berbagi ilmu? Membuat event berupa kelas atau workshop kecantikan sangat tepat untukmu. Orang tak hanya tahu tentang kamu tapi juga keahlian mu dalam merias rambut atau wajah.
Baca Juga:
Pengin Bisnis Salon Kecantikan? Miliki 7 Keterampilan Ini
6. Acara Amal
Berbagi kepada sesama yang membutuhkan bisa membuat mu lebih bahagia. Kamu bisa berkolaborasi dengan organisasi atau komunitas sosial yang punya kepedulian untuk membantu sesama.
7. Presentasi Produk
Undang sejumlah orang terpilih untuk mencoba secara eksklusif produk dan layanam yang kamu miliki. Acara ini lebih interaktif karena orang bisa bertanya dan mendapatkan manfaatnya secara langsung. Minta mereka untuk mengulasnya di media sosial disertai dengan foto dan video.
Kamu juga bisa menampilkan hairdresser terbaik untuk mendemonstrasikan keahliannya memotong atau menata gaya rambut. Bagi tamu, ini bisa menjadi tontonan yang tak cuma menghibur tapi juga mempunyai nilai edukasi.
8. Apresiasi Pelanggan
Pelanggan setia adalah aset paling berharga bisnis salonmu. Berikan apresiasi atas loyalitas mereka dengan mengadakan acara perorangan dengan suasana yang penuh kehangatan dan keakraban.
Berikan pula minuman atau makanan ringan saat acara berlangsung. Tentu, acara yang dikhususnya bagi klien setia akan memberikan kesan tak terlupakan.
9. Pesta Perayaan
Momen istimewa seperti ulang tahun salon perlu untuk dirayakan. Pilih ulang tahun yang punya banyak makna seperti ultah ke-10, ke-20, dan seterusnya. Bukan hanya sekadar berpesta dan bersenang-senang, pesta seperti ini sekaligus merayakan kesuksesan dan pencapaianmu di industri salon selama ini.
10. Kolaborasi
Maraknya media sosial melahirkan sejumlah influencers yang punya banyak pengikut. Eksistensi mereka di dunia maya tak bisa diselepekan mengingat kecenderungan generasi sekarang yang menghabiskan banyak waktu di depan layar hape.
Influencers ini banyak macamnya mulai dari selebgram, youtuber, tiktoker hingga orang yang punya keahlian di bidangnya. Undang mereka untuk ke salon dan berikan kesempatan untuk mencoba produk dan layanan unggulan salon. Jangan lupa, minta mereka untuk mem-posting aktivitas selama di salon. Cara ini akan membuat salon makin dikenal lebih luas.
11. Acara Virtual
Selain event offline, kamu juga bisa mempertimbangkan acara virtual yang berbiaya lebih murah. Adakan acara virtual dengan tema tertentu melalui platform seperti YouTube Live, Zoom atau Instagram Live.
Formatnya bisa bervariasi mulai dari presentasi tunggal, tanya-jawab (Q&A), talkshow atau live demo. Keunggulan acara virtual ini, orang dari berbagai daerah tanpa dibatasi jarak bisa menghadirinya. Selain itu, kamu juga bisa menjalin interaksi secara langsung untuk mendapatkan feedback dari audiens.