Home Tips Career 25 Tahun Berkarya, NTRL Bikin Album “XXV” yang Berisi Lagu dan Dokumenter

25 Tahun Berkarya, NTRL Bikin Album “XXV” yang Berisi Lagu dan Dokumenter

rilis peluncuran album terbaru berita musik penyanyi group band indonesia netral ntrl dvd cd daftar lagu playlist rock alternatif lirik dokumenter anggota personel member cover sampul
Peluncuran Album "XXV" | Foto: IG/@ombags

Highlight.ID – Memasuki usianya yang ke-25, NTRL meluncurkan sebuah album premium yang berjudul “XXV”. Album XXV yang berisi 26 lagu tersebut dikemas dalam bentuk Boxset Album NTRL 25 TH. Keluarnya album Group band beraliran rock yang digawangi oleh Bagus, Eno, dan Choki ini tak lepas dari kerja sama dengan PT Beli Album Fisik yang dipunyai oleh Erix “Endank Soekamti”.

Sang vokalis, Bagus Dhanar Dhana mengungkapkan bahwa album XXV yang diproduksi di bawah label NTRL Records dirancang ketika mereka merencanakan ulang tahunnya yang ke-25. Bagus mengatakan bahwa konser untuk merayakan hari jadinya yang ke-25 tahun direkam kemudian dibuat dalam bentuk album eksklusif yang berbentuk DVD dan CD.

Selain menampilkan konser 25 tahun, album itu juga berisi DVD dokumenter perjalanan NTRL dari awal, saat masih bernama Netral. Dokumenter juga menampilkan foto-foto maupun kliping-kliping dari majalah yang menjadi bukti sejarah perjalanan mereka di ranah musik Indonesia.

Lewat album XXV, NTRL ingin menjembatani antara penggemar lama dan baru sehingga karya-karya NTRL akan tetap lestari. Sebanyak 7 lagu baru ditambah dengan 19 lagu terbaik NTRL yang direkam dan diaransemen ulang mengisi album XXV. Ketujuh lagu baru itu menunjukkan kemampuan NTRL beradaptasi dengan kancah musik rock saat ini.

Baca juga:

Lagu-lagu tersebut sekaligus menjadi tonggak sejarah NTRL selama 25 tahun berkarier di industri musik Tanah Air. Proses penggarapan album XXV dilakukan pada tahun 2018 yang proses rekamannya dilakukan di Studio Shoemaker, berlokasi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Zero Toleransi menjadi single pertama pada album XXV dengan hentakan yang lebih kuat, membuat para pendengar ingin melompat. Sesuai namanya, lagu itu sendiri berbicara tentang miskinnya toleransi. Banyak manusia yang hanya mengikuti hawa nafsu semata, menyelewengkan kekuasaan sehingga bertindak sesuka hati.

rilis peluncuran album terbaru berita musik penyanyi group band indonesia netral ntrl dvd cd daftar lagu playlist rock alternatif lirik dokumenter anggota personel member cover sampul
Peluncuran Album “XXV” | Foto: IG/@ombags

NTRL menerapkan teknik wall of sound dengan metode semi-live, aransemennya berbeda dengan versi studio. Lagu-lagu NTRL sengaja didaur ulang dengan penambahan nuansa baru contohnya seperti lagu yang tadinya panjang dibikin lebih pendek. Selain itu, ada pula lagu yang awalnya berirama cepat dibuat menjadi lebih lambat. Lewat album XXV, NTRL ingin menunjukkan kepada penggemarnya bahwa ada sesuatu yang baru dan menyegarkan.

Bagus mengatakan bahwa formasi NTRL yang sekarang memiliki karakter yang kuat. Masing-masing anggota NTRL mempunyai kebebasan untuk menunjukkan kemampuan dalam bermusik sesuai dengan style-nya. Keleluasaan dalam hal bermusik itulah yang membuat NTRL mampu tetap eksis di panggung musik selama 25 tahun lamanya.

Sebelumnya, NTRL sempat berganti-ganti formasi hingga memiliki formasi yang solid seperti sekarang. Para personel NTRL bahkan tidak menyangka jika band-nya sudah berusia 25 tahun. Selama itu pula, mereka merasa baru saling mengenal satu sama lain.

Album XXV yang dijual dengan harga Rp. 350 ribu menjadi album NTRL yang ke-14 setelah mereka memproduksi album 11/12 pada tahun 2015. Selain berisi dua CD album XXV, satu DVD film dokumenter NTRL XXV, terdapat pula satu t-shirt eksklusif dan sertifikat kepemilikan boxset.