Home Business Blibli.com Sediakan Fitur-fitur Baru untuk Pelanggan, Seller, dan Pemerintah

Blibli.com Sediakan Fitur-fitur Baru untuk Pelanggan, Seller, dan Pemerintah

Aplikasi belanja online platform ecommerce Blibli.com memperkenalkan fasilitas terbaru di bulan ramadhan
Ilustrasi | Foto: Instagram/@bliblidotcom

Highlight.ID – Ramadan, bulan yang identik dengan perayaan, akan berlangsung dalam kondisi berbeda tahun ini akibat pandemi COVID-19 yang mengharuskan masyarakat untuk melanjutkan physical distancing. Hal ini berdampak pada berbagai sektor ekonomi dan industri tanah air, termasuk ritel di bulan Ramadan yang umumnya berkontribusi besar pada ekonomi karena mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga.

Melihat situasi ini, Blibli sebagai online superstore Indonesia bertekad untuk menjaga aktivitas ritel saat Ramadan dengan menyediakan berbagai fitur, layanan, dan inisiatif guna memenuhi kebutuhan tiga stakeholder ekonomi yang utama, yaitu para pelanggan, seller, dan pemerintah.

Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) of Digital Products & Automotive Category Blibli mengatakan, “Sebagai platform e-commerce, Blibli berkomitmen untuk terus menghadirkan kualitas pelayanan terbaik dalam situasi apapun. Pandemi COVID-19 telah memicu perubahan perilaku pada pelanggan, seller, dan pemerintah yang kini semakin bergantung pada e-commerce yang memiliki stabilitas operasional. Di bulan Ramadan ini, kami bertekad untuk semakin memperkuat kemampuan dalam memenuhi kebutuhan tiga stakeholder tersebut. Dengan demikian, aktivitas ritel dapat terus berputar agar Ramadan tetap menjadi stimulus bagi ekonomi Indonesia.”

Untuk mendorong aktivitas ritel saat Ramadan, Blibli memperkenalkan berbagai fitur dan layanan terbaru untuk menghadirkan pengalaman berbelanja lebih baik bagi pelanggan, memperluas akses pasar bagi seller, dan mendukung program pangan pemerintah. Selain itu, Blibli juga meluncurkan inisiatif #RamadanLebihBaik untuk memenuhi permintaan pasar.

Baca juga:

Fitur Bagi Pelanggan

Blibli Hasanah

Bertepatan dengan Ramadan, Blibli meluncurkan kurasi produk terbaru, yaitu Blibli Hasanah. Kurasi ini akan mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai kebutuhan harian yang amanah, termasuk makanan, produk kesehatan dan kecantikan, mainan anak, zakat, paket perjalanan Umrah, dan busana modest untuk pria maupun wanita. Blibli meluncurkan kurasi ini karena melihat adanya tren peningkatan permintaan, khususnya dari generasi millennial, untuk produk-produk amanah.

Blibli Paylater

Blibli akan meluncurkan fitur Paylater di kuartal kedua tahun ini untuk meningkatkan kemudahan transaksi bagi para pelanggan. Dengan Paylater, para pelanggan dapat membeli produk yang diinginkan saat itu juga, kemudian melakukan pembayaran sesuai jangka waktu yang ditentukan. Hadirnya fitur Paylater memperluas opsi pembayaran di Blibli menjadi sembilan, yang didukung oleh 36 mitra pembayaran lainnya, termasuk bank.

Layanan Bagi seller

Pemberdayaan Usaha Mikro Lewat Blibli Mitra

Blibli Mitra adalah layanan khusus untuk memberdayakan pengusaha mikro yang menjalankan usaha toko kelontong atau warung. Melalui Blibli Mitra, pengusaha warung dapat menawarkan produk digital berupa pulsa, token listrik, pembayaran tagihan (BPJS, air), selain kebutuhan rumah tangga lainnya. Pengusaha warung juga bisa memesan stok dengan harga grosir melalui Blibli Mitra.

Dukungan Bagi Creativepreneur

Blibli membuka akses pasar bagi creativepreneur fashion melalui kolaborasi khusus dengan 9 local brand modest dan 3 local brand umum ternama, di antaranya Buttonscarves, KAMI, Puru Kambera, dan Vivi Zubedi untuk meluncurkan koleksi eksklusif Ramadan.

Kerja Sama dengan FMCG

Blibli menyediakan platform penjualan dan pemasaran agar FMCG bisa terus menyalurkan berbagai produk ke pelanggan. Blibli telah bekerja sama dengan top brands seperti Unilever, Danone, dan Indomilk dalam melakukan promosi khusus, seperti ongkos kirim gratis.

Layanan Logistik

Blibli bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberdayakan kelompok tani dengan membantu mereka berjualan secara online. Dengan demikian, Blibli telah menciptakan sumber pendapatan baru bagi para kelompok tani. Beras hasil produksi kelompok tani sudah tersedia di platform Blibli mulai 26 April 2020 lalu. Blibli juga membantu distribusi beras subsidi oleh pemerintah melalui jaringan logistik dan distribusi luas miliknya yang mencakup 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia.

Dengan hadirnya berbagai layanan terbaru, Blibli memprediksikan bahwa jumlah order akan bertumbuh 3 kali lipat pada Ramadan tahun ini, sama seperti rata-rata pertumbuhan order di Ramadan 2019 dan 2018. Situasi COVID-19 saat Ramadan akan mendorong permintaan terhadap produk-produk makanan dan minuman esensial, yaitu susu, obat herbal, minyak goreng, beras, dan bumbu dapur.

Fransisca K. Nugraha, Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Category Blibli menambahkan “Hal terbesar yang ingin kami capai di Ramadan tahun ini adalah mengakselerasi transformasi digital di mana pelanggan, seller, dan pemerintah akan menjadikan e-commerce sebagai kanal ritel utama,”

Blibli melihat bahwa akselerasi tersebut sudah di mulai. Selama bulan April 2020, jumlah seller meningkat 90% dari tahun-ke-tahun karena seller harus memanfaatkan e-commerce untuk lanjut berjualan. Blibli pun mendukung keberlangsungan usaha para seller dengan menyediakan fasilitas seperti Fufillment By Blibli (FBB), di mana Blibli menangani keseluruhan proses logistik, mulai dari warehousing hingga pengiriman, untuk membantu seller mengurangi biaya operasional.

Pengembangan seluruh layanan dan inisiatif pada Ramadan 2020 sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap #KarenaKamuNo.1. Blibli mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menyambut Ramadan dengan semangat dan antusias tanpa melupakan untuk terus menjaga sanitasi, kesehatan diri, dan physical distancing dimanapun mereka berada.