Home Business Tiket.com Berikan Bantuan Fasilitas Wastafel untuk 9 Tempat Wisata di Bali

Tiket.com Berikan Bantuan Fasilitas Wastafel untuk 9 Tempat Wisata di Bali

tiket.com memberikan bantuan berupa fasilitas tempat cuci tangan di tempat wisata Bali
Tiket.com memberikan bantuan fasilitas tempat cuci tangan di tempat wisata Bali | Foto" Dok. tiket.com

Highlight.ID – Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bali menerima bantuan 18 fasilitas wastafel tempat cuci tangan portable pedal untuk 9 lokasi daya tarik wisata (DTW) Bali dari tiket.com. Dengan komitmen untuk menghadirkan solusi terbaik untuk masyarakat Indonesia di seluruh Provinsi Bali, tiket.com memilih untuk berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Bali untuk memilih 9 lokasi DTW kota dan kabupaten yang membutuhkan dukungan sarana fasilitas tempat cuci tangan. Lokasi yang terpilih adalah Desa Wisata Sangeh, Air Panas Banjar, Jatiluwih, Tirta Empul, Pantai Sanur, Ceking, Desa Wisata Bakas, Desa Wisata Penglipuran, dan Kawasan Pura Besakih.

Bantuan tersebut diterima dalam rangka program Corporate Social Responsibility (CSR) tiket.com di Pura Tirta Empul, Gianyar, Bali, pada Rabu (23/09/20), sebagai salah satu lokasi yang menjadi titik pemasangan wastafel tempat cuci tangan. Area Manager Bali, Nusa Tenggara dan East Indonesia, Rajasa Hadi Soemarto, menyerahkan langsung secara simbolis kepada Ni Ketut Catur Suarniathi – Kepala Seksi Pengembangan Wisata Minat Khusus – Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar Bali.

Baca Juga: Panduan Pengajuan Refund dan Reschedule di Tiket.com

Menurut Gaery Undarsa selaku Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, kegiatan CSR ini merupakan bagian dari campaign Semangat Kembali Liburan (SEMBILAN) yang dibuat untuk menerapkan protokol kesehatan untuk wisatawan agar tetap sehat saat kembali liburan. Ini juga menjadi bentuk dukungan tiket.com untuk program pemerintah atas penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment) untuk destinasi pariwisata di Indonesia terutama destinasi yang dikelola oleh masyarakat secara langsung yang saat ini sedang bangkit paska pandemi.

“Tiket.com selalu siap untuk ikut berkontribusi terhadap program pemerintah terutama dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 serta penerapan protokol kebersihan di tempat wisata. Kali ini kami fokuskan bantuan di lokasi Bali yang menjadi destinasi percontohan adaptasi kebiasaan baru. Dan, 9 lokasi ini adalah DTW yang dikelola oleh masyarakat yang membutuhkan bantuan fasilitas sanitasi,” ujar Gaery.

Dinas Pariwisata Provinsi Bali menyambut baik inisiatif program dari tiket.com ini terlebih sebelumnya Dinas Pariwisata Provinsi Bali telah sebelumnya bekerja sama dengan tiket.com dalam kegiatan CSR paket bantuan untuk pekerja harian sektor pariwisata di Bali akibat dampak pandemi di bulan Mei lalu. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Bali sangat mengapresiasi atas kembalinya kolaborasi yang dilakukan antara tiket.com dengan Provinsi Bali untuk sama-sama membangkitkan pariwisata khususnya DTW Bali yang perlu mendapat dukungan. Dibantu melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bali, arahan dan pendampingan pemilihan 9 lokasi ini berdasarkan survei dan spesifikasi lokasi-lokasi DTW yang dikelola langsung oleh masyarakat.

Baca Juga: Tiket.com Rilis Fitur Terbaru Tiket CLEAN yang Memenuhi Protokol Kesehatan

tiket.com memberikan bantuan berupa fasilitas tempat cuci tangan di tempat wisata Bali
Tiket.com memberikan bantuan fasilitas tempat cuci tangan di tempat wisata Bali | Foto” Dok. tiket.com

“Kami dari Dispar sangat terbuka dalam menyambut serta mengapresiasi program CSR tiket.com atas bantuan dan kepeduliannya terhadap penanganan COVID-19. Kami dari pihak Dispar membantu melakukan rekomendasi DTW kota dan kabupaten, survei, serta pendampingan untuk untuk menyisir ranah DTW yang dikelola masyarakat secara langsung dan yang belum memiliki fasilitas kebersihan yang mencukupi. Harapannya, agar lokasi-lokasi wisata ini juga dapat menjalankan protokol keamanan dan kesehatan untuk seluruh pengunjungnya,” ujar I Putu Astawa selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali.

Menggandeng partner, yaitu Antis untuk memberikan fasilitas sanitasi tambahan berupa hand sanitizer dispenser stand sebanyak 18 fasilitas yang juga akan diletakkan di 9 lokasi DTW. Ryan Tirta, Chief Sales & Marketing Enesis Group mengatakan, “Kerja sama tiket.com dengan Antis ini merupakan wujud dari dukungan kepada pemerintah sekaligus membantu para konsumen juga partner dari tiket.com dalam melaksanakan protokol kesehatan di era masa adaptasi kebiasaan baru. Enesis Group selaku produsen pelopor pembersih tangan dengan merk Antis telah memenuhi standarisasi dari Kementerian Kesehatan sejak tahun 1999 bahkan diakui sebagai Top Brand No.1 di Indonesia untuk kategori pembersih tangan.”

Selain itu, tiket.com juga memberikan 900 paket Antis Sanitizing Kit untuk 9 DTW yang terdiri dari masker, hand sanitizer, dan wipe tissue untuk setiap 100 pengunjung di setiap lokasi yang bisa didapatkan dari pengelola DTW selama persediaan masih ada.

Gaery menambahkan, dengan keberadaan fasilitas cuci tangan di ruang publik, bisa bermanfaat jangka panjang. Selain memudahkan masyarakat menjangkau kebutuhan sanitasi dengan mencuci tangan sebagai upaya pencegahan di tengah kondisi pandemi COVID-19, keberadaan fasilitas tersebut bertujuan membiasakan masyarakat disiplin menerapkan protokol CHSE saat berada di manapun.

Senada dengan hal tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Bali terus melakukan sosialisasi dan menggandeng para pemangku kepentingan dalam upaya menguatkan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran pandemi COVID-19, khususnya di objek wisata. Kedisiplinan penerapan protokol kesehatan di objek wisata dapat diwujudkan dengan terjalinnya kebersamaan para pemangku kepentingan seperti industri dengan pengelola kawasan wisata. Hal ini dinilai sangat penting untuk menekan bertambahnya kasus positif baru COVID-19 dalam upaya membangkitkan perekonomian di Bali.