Home News Events Filosofi di Balik Logo dan Maskot Asian Games 2018 Jakarta-Palembang

Filosofi di Balik Logo dan Maskot Asian Games 2018 Jakarta-Palembang

arti makna filosofi logo lambang simbol maskot asian games 2018 tiket pertandingan jadwal olah raga event terbaru
Gambar: jitunews.com

Highlight.id – Perhelatan olahraga tanpa sebuah logo tentu sangatlah hambar dan kurang menarik. Ditambah lagi dengan hadirnya maskot yang semakin menghidupkan dan memeriahkan suasana baik di dalam stadion maupun di luar arena. Demikian juga dengan Asian Games ke-18 kali ini, yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018.

Logo Asian Games 2018 dipilih melalui sayembara logo yang diikuti oleh masyarakat. Setelah melalui seleksi, maka terpilihlah logo pemenang yang dirancang oleh Feat Studio, sebuah perusahaan desain grafis. Menurut laporan, Joko Widodo, Presiden RI, sendiri lah yang memilih logo tersebut.




Logo Asian Games 2018 dan Artinya

arti makna filosofi logo lambang simbol maskot asian games 2018 tiket pertandingan jadwal olah raga event terbaru
Logo Asian Games 2018

Jika diperhatikan, logo Asian Games yang mengusung tema “Energy of Asia” merupakan sketsa penampakan dari atas Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan bentuk yang melingkar. Di bagian tengahnya, terlihat simbol matahari berwarna merah yang diambil dari logo Olympic Council of Asia.

Sedikit menengok ke belakang, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) itu sendiri dibangun untuk menggelar Asian Games IV tahun 1962. Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, perhelatan olahraga kedua terbesar setelah Olimpiade, untuk yang pertama kalinya. Dan kini, Indonesia untuk kali kedua menjadi tuan rumah Asian Games. Pemakaian sketsa Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk menonjolkan nilai historis dan merupakan bentuk semangat Indonesia di masa sekarang yang diwariskan oleh Ir. Soekarno.

Baca juga:

Tahukah kamu apa arti logo Asian Games 2018? Logo Asian Games menampilkan lambang matahari dengan bentuk-bentuk geometris yang mengelilinginya. Matahari sendiri merupakan lambang energi paling utama dan menyebar melalui delapan jalur ke seluruh Asia dan dunia.

Tak cuma itu, matahari juga memliki arti harapan bahwa Indonesia bisa berbicara banyak pada Asian Games 2018 kali ini dengan menunjukkan prestasi terbaiknya. Sedangkan Busur warna warni yang menyebar ke segala penjuru mewakili keberagaman budaya mutinasional Indonesia dan dunia.

Maskot Asian Games 2018 dan Maknanya

Latar belakang masyarakat Indonesia yang penuh dengan keberagaman menjadi inspirasi lahirya maskot Asian Games 2018. Ada 3 maskot dengan energi yang berbeda dan filosofinya masing-masing, yaitu Bhin Bhin, Atung, dan Kaka.

Ketiga maskot itu dipresentasikan dalam bentuk satwa dilindungi yang hidup dan memiliki habitat di Indonesia. Selain itu, masing-masing nama maskot diambil dari semboyan nasional bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Bhin Bhin

arti makna filosofi logo lambang simbol maskot asian games 2018 tiket pertandingan jadwal olah raga event terbaru
Bhin Bhin

Bhin Bhin merupakan seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda), hewan langka yang hidup di Pulau Aru dan Papua, yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan semacam rompi bermotifkan Asmat dari Papua menghiasi bagian badan yang mewakiliki Indonesia bagian Timur.


Atung

arti makna filosofi logo lambang simbol maskot asian games 2018 tiket pertandingan jadwal olah raga event terbaru
Atung

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii), hewan langka yang ditemukan di Bawean, Gresik, Jawa Timur, yang melambangkan kecepatan. Pakaian yang dikenakan yaitu sarung dengan motif Tumpal dari Jakarta, mewakiliki Indonesia bagian Tengah.

Kaka

arti makna filosofi logo lambang simbol maskot asian games 2018 tiket pertandingan jadwal olah raga event terbaru
Kaka

Kaka yaitu seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang berarti kekuatan. Badak bercula satu merupakan hewan langka yang hanya bisa ditemukan di Ujung Kulon, banten. Kaka mengenakan pakaian tradisional bermotifkan bunga khas Palembang, mewakili Indonesia bagian Barat.

Maskot Asian Games 2018 yang dipakai ini menggantikan maskot sebelumnya, bernama Drawa, yang mendapatkan kritikan dan reaksi kurang bagus dari masyarakat. Drawa dinilai minim kreativitas dan kurang mencerminkan aspirasi masyarakat. Maka, diselenggarakan kembali sayembara untuk mengganti maskot lama dan menggantinya dengan maskot baru.

Untuk memperkenalkan Asian Games 2018, pihak INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Commitee) atau Panita Penyelenggara Asian Games 2018 bekerja sama dengan pihak sponsor menjual beragam official merchandise Asian Games 2018 dan tiket pertandingan yang bisa dibeli melalui situs resminya: asiangames2018.id. Selain membeli via online, kamu juga bisa membeli merchandise lewat official store Asian Games 2018 yang tersebar di mall-mall di wilayah Jakarta.

Pada Asian Games 2018 yang mempertandingkan 40 cabang olahraga, Indonesia menargetkan 20-22 medali emas untuk mengamankan peringkat sepuluh besar Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here