Home Lifestyle Culture “Asia Light”, Jember Fashion Carnival Tahun Ini Semarakkan Asian Games

“Asia Light”, Jember Fashion Carnival Tahun Ini Semarakkan Asian Games

liputan berita event jember fashion carnival 2018 tema konsep tagline tahun ini terbaru foto gambar jadwal acara kegiatan
marketeers.com

Highlight.id – Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Jember Fashion Carnival (JFC) tahun ini terasa istimewa karena digelar dalam suasana Asian Games 2018. Jember Fashion Carnival 2018 sengaja mengusung tema “Asia Light” atau “Cahaya Asia” untuk memeriahkan Asian Games 2018 digelar tanggal 7 – 12 Agustus.

Acara karnaval fashion terbesar di Indonesia yang dilaksanakan di kota Jember, Jawa Timur ini pun sukses menuai perhatian dan menjadi trending topic nasional. Lewat JFC ini pula diharapkan mampu mendatangkan wisatawan sekitar 5000-an orang baik dari dalam negeri maupun mancanegara.




Menggaungkan Asian Games 2018

Menurut Dynand Fariz, Presiden JFC, pihaknya bukan hanya sekadar memeriahkan namun juga memberikan kontribusi aktif dengan ikut menggaungkan Asian Games 2018.

“JFC tahun ini lebih bagus, keren. Temanya Asian Games, sejalan dengan tema Asian Games 2018, Energy of Asia. Ini trik yang bagus untuk meningkatkan wisman (wisatawan mancanegara) apabila banyak ditampilkan delegasi dari luar Indonesia,” tutur Arief Yahya.

Baca juga:

Sebagai bentuk dukungan event Asian Games 2018, JFC menampilkan 10 defile yang mewakili negara Asia. Parade busana ini menjadi puncak acara JFC 2018 yang menyedot perhatian pengunjung.

Keistimewaan Jember Fashion Carnival

Saat ini, JFC 2018 merupakan salah satu karnaval terbaik di dunia setelah Mardi Grass di Amerika, Festival Rio De Janeiro di Brazil, dan The Fastnacht di Jerman. Selain itu, JFC juga berhasil meraup prestasi di antaranya, “Best National Costume Miss Supranational 2014” di Polandia, “Best National Costume Miss International 2014” di Tokyo, Jepang dengan konsep Lampung, hingga “Best National Costume Miss Grand International 2016” di Las Vegas, USA. Ditambah lagi, seri “Toraja Tongkonan” sebagai “Best National Costume Miss Supranational 2015” di Polandia.

liputan berita event jember fashion carnival 2018 tema konsep tagline tahun ini terbaru foto gambar jadwal acara kegiatan
kumparan.com

Berkat originalitas dan konsistensi penyelenggaranya, Jember pun diakui sebagai kota karnaval terbaik di Indonesia, menurut Arief Yahya. Ia pun berharap agar event ini dapat terus dilestarikan sehingga commercial value-nya bisa meningkat.

JFC pun masuk dalam Top-3 Calendar of Event (CoE) nasional 2018 yang didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar). Secara keseluruhan, Event Pariwisata 2018 di Kabupaten Jember sebanyak 144 event.


Sebanyak 2500 peserta ikut terlibat dalam kegiatan JFC 2018 yang terdiri dari JFC International Exhibition, Pets Carnival, JFC International Conference, JFC Kids Carnaval, JFC Rhythm Artwear Carnaval, Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia (Waci), dan JFC Grand Carnaval.

Jember, kota tempat dilangsungkannya JFC memiliki catwalk terpanjang di dunia, sepanjang 3,6 km. Beragam atraksi menarik pun dipertontonkan lewat catwalk ini. Puncaknya, JFC mempertontonkan 10 defile yang merepresentasikan negara-negara Asia. Kesepeluh defile tersebut yaitu Babilonia (Irak), Shogun (Jepang), Silla (Korea), Star, Thailand, Star, Kujang (Indonesia), Ottoman Empire (Turki), Saudi Arabia, dan Bian Lian (China).

Masing-masing defile menunjukkan daya tariknya masing-masing lewat kostum dan pakaian yang dikenakannya. Menariknya, setiap kostum memperlihatkan karakteristik dan keunikannya. Indonesia kali ini menampilkan kostum dengan tema Kujang, simbol dari Pusaka Nusantara. Rangkaian parade busana ini kian menarik saat kujang yang berusia ratusan tahun juga ikut diperlihatkan.

Tiga Puteri Indonesia yang mengenakan pakaian daerah dihiasi mahkota warna kuning keemasan membuka parade busana tersebut dan mampu menarik para wisatawan yang hadir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here