Home Beauty Barbershop dan Tukang Cukur Biasa, Kenali Perbedaannya

Barbershop dan Tukang Cukur Biasa, Kenali Perbedaannya

Perbedaan persamaan barbershop tukang cukur pangkat rambut pria treatment perawatan grooming jenis macam
Ilustarasi barbershop | Foto: Pixabay.com

Highlight.ID – Sebelum barbershop berkembang di Indonesia, potong rambut khusus pria hanya dilakukan di tempat-tempat cukur rambut tradisional atau salon dengan ruangan yang sempit dan peralatan seadanya. Bahkan, ada juga tukang potong rambut yang tidak mempunyai tempat khusus. Bermodalkan perlengakpan cukur yang mudah dibawa seperti cermin, gunting, dan sisir, mereka melayani pelanggannya di bawah pohon yang rindang.

Gaya hidup telah berubah seiring dengan berkembangnya zaman yang menuntut pria untuk selalu tampil rapi. Cowok pun kini tidak kalah dengan kaum wanita dalam hal perawatan rambut. Tempat pangkas rambut kini pun lebih beragam dengan hadirnya barbershop yang bertebaran di sudut-sudut kota. Barbershop menjadi pilihan bagi kaum pria urban yang menginginkan pelayanan lebih yang tak bisa didapatkan di tempat pangkas rambut konvensional.




“Kalo tukung cukur biasa, mereka itu kadang udah bisa memotong rambut dengan beberapa model gaya rambut, udah, ilmunya bakalan stop di situ aja. Tanpa mereka mau mengulik lebih dalam lagi. Mereka mikirnya sekadar bisa motong rambut, kelar, tanpa ada kepedulian dia dengan customer,” jelas Tengku Fadli, Barber yang jura merupakan Pemilik Tengku Fadly Hair Studio kepada Highlight.ID.

Tak hanya sekadar memotong rambut, seorang barbershop juga harus bisa memprediksi bagaimana perkembangan selanjutnya ketika rambut klien sudah mulai panjang. “Kalo aku menganggap diriku ketika motong rambut nggak cuman buat nyari duit doang. Tapi aku lebih menganggap kita kayak ngebikin karya kalo di sini. Kalo kita misalkan ngebikin karya dan menurut kita masih kurang, kayak kurang ada kepuasan aja. Tapi kalo orang kerja sekadar buat nyari duit, kelar motong rambut, nggak bakalan mikir tentang kebaikan model rambutnya customer yang dipotong,” tambahnya.

Baca Juga: Alat-alat Salon Kecantikan, Mulai dari Gunting Rambut hingga Catok





Perbedaan Antara Barbershop dan Tukang Pangkas Rambut Konvensional

Pada dasarnya, antara barbershop dan pangkas rambut biasa sama-sama memberikan pelayanan potong rambut. Perbedaan di antara keduanya bisa kamu simak ulasan di bawah ini.

Jenis Perawatan / Layanan

Umumnya, orang datang ke tukang cukur konvensional hanya untuk memperpendek atau merapikan rambutnya. Hal itu berbeda dengan barbershop di mana klien juga ingin memperoleh perawatan lainnya di samping potong rambut. Contohnya, barbershop juga menyediakan perawatan styling rambut, massage, shaving, cuci rambut ataupun creambath.

Di barbershop, klien juga harus melewati semacam sesi konsultasi terlebih dahulu. Tujuannya, agar barber mengetahui secara jelas model rambut yang sesuai dengan selera mereka. Dari segi harga, barbershop memang lebih mahal dibandingkan tukang cukur biasa karena jenis-jenis perawatan yang ditawarkan lebih lengkap.

Baca Juga: Treatment Rambut di Salon Kecantikan yang Biasa Dilakukan Cewek

Fasilitas

Jika kamu selama ini sering memotong rambut di tempat pangkas rambut biasa lalu mencoba perawatan di barbershop maka akan merasakan perbedaannya. Bahkan, perbedaan itu dapat langsung kamu rasakan sebelum mencoba perawatan di barbershop. Perbedaan mencolok itu apalagi kalau bukan fasilitas yang kasat mata. Dekorasi ruangan atau desain interior sengaja dibuat senyaman mungkin agar pengunjung betah berlama-lama. Umumnya, barbershop dirancang dengan konsep vintage yang bergaya retro.

Tampilan depan barbershop yang tampak dari luar terlihat lebih mewah dan eksklusif. Begitu masuk ke dalam ruangan, fasilitas yang tersedia di barbershop juga lebih lengkap. Selain perlengkapan potong rambut, ada fasilitas lainnya seperti wi-fi, penyejuk ruangan (AC), televisi, dan lainnya. Tentu saja, masing-masing menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Bandingkan dengan tukang cukur biasa yang fasilitasnya amat minim.

Keahlian

Tenaga potong rambut yang bekerja di barbershop atau disebut dengan barber memiliki keterampilan memotong rambut yang sesuai dengan tren terkini. Untuk itu, barber dituntut untuk selalu  meng-update pengetahuan dan keterampilannya agar bisa memenuhi selera klien. Keahlian barber dalam hal styling rambut menjadi nilai plus sehingga menjadi pilihan bagi pria yang ingin tampil gaya.

Baca Juga: Ingin Merawat Diri? Kenali Jenis-jenis Salon Kecantikan Beserta Layanannya

Barber yang profesional tentu mengerti bahwa ia juga harus memperhatikan aspek lainnya seperti fashion, pekerjaan sang klien, hingga kebiasaannya sehari-hari. Berbeda dengan tukang cukur konvensional yang hanya sebatas memotong rambut dengan gaya rambut yang cenderung begitu-begitu saja. Selain itu, tukang cukur rambut biasa tidak memperhatikan penampilan klien secara keseluruhan.

Sanitasi

Barbershop biasanya memiliki prosedur tertentu yang berkaitan dengan kebersihan. Mulai dari kebersihan tempat itu sendiri hingga kebersihan berbagai macam peralatan yang digunakan. Tenaga barbershop harus bisa memastikan bahwa peralatan yang dipakai baik sebelum maupun sesudahnya benar-benar steril.

Gaya Hidup

Bagi sebagian orang, pergi ke barbershop bukan hanya sebatas membuat rambut menjadi pendek. Lebih dari itu, pria modern juga ingin merasakan sensasi lainnya seperti mendapatkan pelayanan dari barber profesional yang berpengalaman. Selain itu, pelanggan juga dapat menikmati ruangan yang lebih tertata rapi dan luas.

Barbershop biasanya juga menyediakan berbagai macam produk perawatan rambut seperti pomade yang bisa dibeli dengan harga tertentu. Ada pula barbershop yang memadukan bisnisnya dengan coffee shop di mana pelanggan bisa menikmati secangkir kopi di tempat yang sama.