Home Business Bimbel CPNS Sebagai Persiapan Menghadapi Tes dan Seleksi CPNS

Bimbel CPNS Sebagai Persiapan Menghadapi Tes dan Seleksi CPNS

Bimbingan belajar (bimbel) calon pegawai negeri sipil (CPNS) memberikan kisi-kisi sebagai persiapan seleksi dan tes
Ilustrasi tes CPNS | Foto: indiatvnews.com

Highlight.ID – Pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi primadona bagi para pencari kerja. Ada beberapa alasan kenapa banyak orang kepingin menjadi PNS, salah satunya yakni gaji yang tetap dan cenderung naik pada periode tertentu. Ditambah lagi, PNS mempunyai beberapa fasilitas yang memudahkan kehidupan mereka seperti tidak adanya pemutusan hubungan kerja (PHK).

PNS juga mendapatkan keuntungan lainnya seperti mendapatkan berbagai macam tunjangan yang dapat meningkatkan penghasilan. Menariknya lagi, PNS memperoleh pensiun setiap bulan ketika mereka sudah tidak bekerja lagi. PNS juga mempunyai kemungkinan untuk mengajukan pemindahan lokasi tempat kerja (mutasi) setelah melewati masa kerja yang ditentukan.




Meski demikian, PNS bukannya tidak mempunyai kekurangan. Salah satu kelemahannya, PNS tidak mempunyai kesempatan untuk negosiasi masalah gaji. Kekurangan lainnya, PNS berada di lingkungan kerja yang terbilang birokratis sehingga akan sulit berkembang dari segi kreativitas maupun inovasi.

Menjadi PNS pada akhirnya adalah sebuah pilihan. Bahkan banyak pegawai yang sudah bekerja masih bercita-cita untuk menjadi PNS dengan harapan kualitas dan taraf hidupnya makin meningkat. Tingginya minat masyarakat untuk menjadi PNS membuat persaingan merebut posisi pekerjaan PNS sangat ketat.

Baca Juga: Hadapi New Normal, Begini Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN)





Para peserta CPNS harus melewati serangkaian seleksi yang meliputi seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang. Seleksi Kompetensi Dasar terbagi menjadi 3 tahapan yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TWU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sengitnya persaingan seleksi CPNS membuat masyarakat perlu menyusun strategi khusus. Salah satu cara mempersiapkan diri untuk dapat lolos tes CPNS yakni dengan mengikuti kursus atau bimbingan belajar (bimbel) CPNS. Berdiri pada tahun 2012 sebagai bimbingan belajar untuk masuk ke peguruan tinggi kedinasan (PTK) terutama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang sekarang berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN), Akses kini melebarkan sayapnya dengan membuka bimbel untuk tes CPNS.

“Sejak tahun 2015 itu, kita mulai mendirikan bimbingan untuk tes CPNS. Berawal dari hanya beberapa peserta, setiap tahunnya (peserta) kita bertambah,” kata Okky Yurizal, Plt. Chief Marketing Officer Bimbel Akses CPNS. Menurut dia, lebih dari 80 persen peserta Bimbel Akses CPNS mampu lolos tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Baca Juga: Mengenal Profesi Aparatur Sipil Negara (ASN)

Bimbingan belajar (bimbel) calon pegawai negeri sipil (CPNS) memberikan kisi-kisi sebagai persiapan seleksi dan tes
Ilustrasi tes CPNS | Foto: business-standard.com

Hingga tahun 2019, peserta Bimbel Akses CPNS telah mencapai lebih dari 7 ribu orang yang tersebar di 50 kota di Indonesia. Akses membuka bimbel CPNS di kota yang permintaan akan aparatur sipil negara (ASN) tergolong tinggi. “Animo masyarakat menyambut baik dengan bimbingan belajar CPNS ini sehingga kita terus membuka untuk lokasi-lokasi baru,” ujar Okky kepada Highlight.ID.

Menurut dia, Bimbel Akses CPNS setiap tahun membuka kelas baru dengan periode tertentu. Setiap kelasnya minimal 20 orang dan maksimal 25 orang. “Karena kita harus menjaga kualitas juga ya karena kalo pesertanya banyak kurang efisien,” tambahnya.

“Mayoritas pengajar dari Jakarta, tapi nggak menutup kemungkinan ada pengajar lokal tapi pengajarnya tersebut sudah melewati interview sedemikian rupa, ada tes mengajarnya juga,” kata Okky. Di Yogyakarta, Bimbel Akses CPNS menyewa beberapa ruangan di Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I). Namun ke depannya, kata Okky, Bimbel Akses CPNS memiliki rencana untuk memiliki gedung sendiri.

Baca Juga: Seluk Beluk Tes Kerja di Perusahaan yang Perlu Kamu Ketahui

Peserta Bimbel Akses CPNS kebanyakan merupakan karyawan yang sudah bekerja di perusahaan atau instansi. Itulah kenapa kelas Bimbel Akses CPNS dilaksanakan pada akhir pekan di hari Sabtu dan Minggu. “Total bimbingan kami, 24 kali pertemuan di hari Sabtu dan Minggu aja. Sehari itu 3 kali sesi pertemuan, dari jam 8 (pagi) sampai setengah 5 sore.

Menurut Okky, masyarakat saat ini cenderung menyukai segala hal yang bermanfaat. Itulah kenapa banyak masyarakat yang berminat untuk mendaftar di Bimbel Akses CPNS. Dalam pengamatannya, PNS masih menjadi favorit bagi sebagian masyarakat karena berbagai macam fasilitas yang ditawarkan. “Selain gaji, ada juga yang namanya tunjangan-tunjangan yang menjamin mereka sampai hari tua,” kata dia.

Okky menerangkan bahwa bimbel CPNS membuat masyarakat lebih siap dalam menghadapi rangkaian tes CPNS dibandingkan ketika mereka harus belajar sendiri. “Kalo mereka belajar sendiri, mereka nggak ada pembimbingnya sama sekali. Mereka tidak tahu materi-materi apa saja yang bakal keluar pada saat tes. Mereka tidak tahu jenis-jenis soalnya,” imbuhnya.

Menurutnya, Bimbel Akses CPNS mempunyai metode khusus untuk bisa mengerjakan jenis-jenis soal SKD dengan cepat. Selain itu, mereka juga memberikan kisi-kisi soal yang diprediksi bakal keluar pada saat tes CPNS. “Di sini benar-benar diajarkan tips dan trik agar dapat mengerjakan soal secara cepat. Apabila kita mengikuti tes CPNS apa saja yang perlu dipersiapkan,” katanya.