Home Arts Berikan Rp1,3 Miliar, Blibli.com Umumkan Pemenang BBSI Season 4

Berikan Rp1,3 Miliar, Blibli.com Umumkan Pemenang BBSI Season 4

finalis pemenang juara peserta blibli.com big start indonesia bbsi season 4 hadiah uang tunai
Area Blibli.com O2O Market di IdeaFest 2019 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Digelar untuk yang keempat kalinya, Blibli.com Big Start Indonesia (BBSI) memberikan hadiah uang tunai dengan nilai total Rp1,3 miliar untuk para pemenang. Pengumuman pemenang BBSI Season 4 dilaksanakan pada acara malam penganugerahan yang berbarengan dengan acara IdeaFest 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (5/9).

Pemenang pertama berhak mendapatkan hadiah senilai Rp500 juta, pemenang kedua Rp300 juta, pemenang ketiga Rp200 juta, dan pemenang keempat Rp100 juta. Selain pemenang utama, ada pula Favorite Winner yang akan mengantongi uang Rp50 juta dan pemenang Editor’s Choice Award Rp50 juta. Para pemenang tersebut dipilih dari 20 finalis yang dikutsertakan pada ajang IdeaFest 2019. Keduapuluh finalis BBSI Season 4 tersebut menampilkan produk-produknya di area O2O Market Blibli.com.



Kusumo Martanto, CEO Blibli.com menuturkan, “Blibli.com Big Start Indonesia adalah bentuk komitmen kami dalam mendorong perkembangan industri kreatif. Para pemenang BBSI Season 4 mewakili pengusaha kreatif dengan produk paling inovatif yang didukung oleh strategi bisnis yang sangat tajam. Dengan demikian, mereka memiliki potensi besar untuk menjadi pemain yang kuat di pasar lokal serta merambah pasar internasional di mana kedua hal ini juga menjadi penilaian penting di BBSI 2019.”

BBSI Season 4 terdiri dari berbagai fase hingga akhirnya memilih enam pemenang. Kompetisi yang telah berjalan sejak tahun 2016 ini membuka pendaftaran selama Juni – Agustus 2019. Terdapat sekitar 8.900 pengusaha dari empat kategori yaitu Fashion, Kuliner, Kriya, dan Kesehatan & Kecantikan (KKE).

Baca juga:

Di bulan September 2019, Blibli.com mengurasi peserta hingga menjadi Top 100. Setelah itu, dipilihlah Top 20. Pemilihan tersebut berdasarkan pada beberapa kriteria: sudah menjalankan usaha selama minimal satu tahun; memiliki setidaknya dua produk; menampilkan produk inovatif; serta menjalankan strategi bisnis yang berpeluang besar untuk berkembang.

Kompetisi BBSI Season 4 mendapatkan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif, dan Catalyst Arts Indonesia. Sedangkan juri-juri yang melakukan penyeleksian yaitu Masterchef Indonesia Rinrin Marinka (Kuliner), Founder IKAT Indonesia Didiet Maulana (Fashion), Co-Founder SASC Priscilla Pangemanan (KKE), dan Founder Jakarta Vintage Luthfi Hasan (Kriya).

Para peserta Top 20 mendapatkan pelatihan kewirausahaan selama sepekan dalam Mentorship Week dari para juri seerta mitra BBSI Season 4. Beberapa mitra BBSI Season 4 yakni Kementrian Perindustrian (Kemenperin), Universitas Prasetiya Mulia, BCA, Google, AXA, Kontrak Hukum, JNE, Co-Founder Inspigo Yoris Sebastian, dan Director of Coaching MAESTRO Consulting-Coaching-Communicating Handoko Wignjowargo.

finalis pemenang juara peserta blibli.com big start indonesia bbsi season 4 hadiah uang tunai
Kusumo Martanto, CEO Blibli.com pada Awarding Night Blibli.com Big Start Indonesia Season 4 di IdeaFest 2019 | Foto: Highlight.ID

Setelah kompetisi berakhir, semua pemenang dan juga pengusaha kreatif yang masuk ke Top 100 akan terus mendapatkan pelatihan serta pendampingan dari Blibli.com melalui Galeri Indonesia, kategori khusus untuk pengusaha kreatif dengan produk lokal.

Pemenang BBSI Season 4

Pemenang pertama BBSI Season 4 adalah Cahaya Naturals yang mendapatkan hadiah Rp500 juta. Cahaya naturals merupakan jenama perawatan kulit asal Jakarta yang menggunakan bahan-bahan alami sebagai material utama seperti minyak tanamu dan tengkawang butter. Amadeus Pribowo, pendiri Cahaya Naturals telah membuat rencana bisnis untuk 5 tahun ke depan. Uang hadiah akan dimanfaatkan untuk memperkuat jalur distribusi yang sudah ada.

Selanjutnya, pemenang ke-2 BBSI Season 4 yakni Mango Day, merek fruit strip pertama di Indonesia. Pemenang ke-3 adalah Arane, fashion brand yang memakai teknik eco-printing. Pemenang ke-4 adalah Piala Nusantara yang memproduksi jam tangan kayu. Pemenang Editor’s Choice Award diraih oleh La Dame in Vanilla, merek asal Bali dari kategori kuliner. Kemudian Kemayu, merek wewangian terbuat dari carrier oil asli Indonesia sebagai pemenang favorit.