Home Tips Career Campaign.com Umumkan Peraih “A Better World Prize”

Campaign.com Umumkan Peraih “A Better World Prize”

Campaign.com mengumumkan pemenang utama lomba ajang A Better World Prize
Acara "A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night" (29/10/2020) | Foto: Dok. Campaign.com

Highlight.ID – Berdasarkan laporan dari Charities Aid Foundation (CAF): World Giving Index pada tahun 2018, Indonesia menempati posisi teratas sebagai negara paling dermawan, yakni skor untuk membantu orang lain sebesar 46 persen, berdonasi materi 78 persen, melakukan kegiatan sukarelawan 53 persen. Semangat kerelawanan ini terus dipupuk melalui ajang A Better World Prize yang diiniasi oleh Campaign.com.

Ajang yang digelar sejak Juni 2020 ini bertujuan agar komunitas sosial yang ada di Indonesia untuk dapat memperluas dampak sosialnya. Lewat ajang ini pula, para peserta mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pelatihan dan pendanaan. Tercatat, sebanyak 400 pendaftar dari seluruh Indonesia mengikuti A Better World Prize. Sementara, 39 finalis berhasil lolos sebagai finalis dalam inisiatif ini.

Baca Juga: Kolaborasi YKRI dan Penerima Kalpataru untuk Lestarikan Lingkungan Hidup

Selain mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas, komunitas terpilih juga menginisiasi program dalam aplikasi Campaign #ForChange dengan fokus isu masing-masing: Pendidikan, Kesetaraan, Kesehatan, dan Lingkungan. Program ini dapat diikuti oleh seluruh anak muda di Indonesia sebagai bentuk kontribusi mereka dalam membantu mengentaskan isu sosial terkait. Setiap satu program yang diselesaikan, telah dikonversikan menjadi donasi sebesar Rp10.000,-.

Presentasi kelima finalis, penjurian, dan pengumuman peraih penghargaan dilakukan dalam acara virtual bertajuk “A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night” pada tanggal 28 Oktober 2020, bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-92. Pelaksanaan A Better World Prize ini sekaligus membuktikan bahwa para generasi muda tidak berhenti untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif pada bangsa meski dalam situasi pandemi Covid-19.

Total, 10.705 anak muda berhasil menyelesaikan 10.187 program dengan donasi yang terkumpul sebesar Rp10.187.000,- untuk membantu komunitas terkait. Tak hanya komunitas, Campaign.com juga mempertemukan puluhan sukarelawan dari seluruh Indonesia dalam inisiatif ini.

Baca Juga: Jakarta Recycling Festival Gemakan Pentingnya Daur Ulang Sampah

Campaign.com mengumumkan pemenang utama lomba ajang A Better World Prize
Komunitas Kita Beraksi, peraih “A Better World Grand Prize” | Foto: Dok. Campaign.com

Pada perayaan ‘A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night’, lima komunitas terpilih dari seleksi tahap pertama dan kedua melakukan presentasi mengenai program sosialnya untuk mendapatkan pendanaan sebesar Rp50.000.000,-. Hadiah utama ini diberikan oleh Danpac Pharma melalui Yayasan Dunia Lebih Baik.

William Gondokusumo selaku Chief Executive Officer Campaign.com memaparkan, “Campaign.com mempertemukan anak muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk andil dalam pengentasan beragam isu sosial, khususnya selama masa pandemi ini. Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-92, perayaan ‘A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night’ menjadi simbolis perjuangan anak muda melalui komunitasnya masing-masing. Kami berharap A Better World Prize juga memantik semangat anak muda untuk memperluas dampak sosialnya, melalui berbagai platform yang mereka miliki, termasuk secara digital.”

Stefani Putri dari Kita Beraksi sebagai komunitas peraih A Better World Grand Prize sebesar Rp50.000.000,- memaparkan, “A Better World Prize ini memiliki konsep yang sangat komprehensif, ada sisi pembelajaran dan tantangan untuk komunitas. Melalui program ini, kami belajar melalui mentor dalam sesi lokakarya, kemudian ditantang untuk membuat program di aplikasi Campaign #ForChange, juga mendapatkan pendanaan. Bagi anak muda Indonesia, selamat merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-92 dengan semangat berkarya dan kolaborasi.”

A Better World Prize dilatarbelakangi oleh keadaan dimana 94,44% dari 72 komunitas sosial dari 15 provinsi di Indonesia mengharapkan dukungan lebih selama pandemi (Survey internal Campaign.com pada Juni 2020). Empat komunitas lain yang memperoleh apresiasi berupa pendanaan yakni: Life Learner (A Better World Rising Star Prize sebesar Rp5.000.000,-); Kita Progresif (A Better World Rising Star Prize sebesar Rp5.000.000,-); Gajahlah Kebersihan (A Better World Social Influencer Prize sebesar Rp10.000.000,-); dan BINE (A Better World Sustainable Impact Prize sebesar Rp20.000.000,-).