Home Business Cara Bisnis Ritel Berinovasi untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Cara Bisnis Ritel Berinovasi untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

cara bisnis ritel inovasi tips meningkatkan kepuasan pelanggan sogo department store talkshow
SOGO gelar talkshow di Kota Kasablanka | Foto: Highlight.iD

Highlight.ID -Meskipun toko online semakin marak, namun keberadaan toko ritel fisik masih tetap diperlukan karena masyarakat memerlukan kebutuhan sosial untuk saling bertemu. Hal itu disampaikan oleh Handaka Santosa selaku Managing Director SOGO Indonesia pada acara talkshow bertema “Inovasi Bisnis Ritel untuk Kepuasan Pelanggan” pada Kamis, 20 Juli 2023.

Menurut Handaka, kebutuhan akan produk-produk rumah tangga mengalami kenaikan terutama pada masa pandemi berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS). “Pemerintah seharusnya lebih mendukung agar Indonesia menjadi tempat wisata belanja. Makin bervariasi produk kita, makin banyak orang berbelanja,” katanya.

Handaka menambahkan bahwa SOGO dengan tagline “Ke SOGO Aja” fokus pada one stop shopping destination di mana terdapat berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Selain one stop shopping, semua produk bisa diperoleh dan sesuai dengan selera pelanggan.” ujarnya.

cara bisnis ritel inovasi tips meningkatkan kepuasan pelanggan sogo department store talkshow
SOGO gelar talkshow di Kota Kasablanka | Foto: Highlight.iD

Sementara itu, Andi F. Noya, CEO & Founder BenihBaik.com mengatakan bahwa BenihBaik.com hadir sebagai wadah untuk berbagi kepada orang-orang yang memerlukan bantuan. “Dalam perjalanannya, BenihBaik.com melihat potensi untuk bekerja sama dengan bisnis ritel termasuk SOGO indonesia.”

“Kita sedang mengedukasi masyarakat terutama pelanggan SOGO untuk mulai peduli pada masalah-masalah sosial. Bangkitnya dan sejahteranya para pelaku UMKM itu juga bangkitnya kebersamaan kita sebagai bangsa,” kata Andi. Beliau juga mengapresiasi SOGO yang memfasilitasi UMKM untuk dapat menampilkan produk dan meningkatkan penjualannya.

Andi manambahkan, “Ada tren yang saya lihat sekarang ini kalo orang berbelanja tidak melulu hanya kualitasnya atau harganya tapi ada cerita di balik merek.” Dengan denikian, adanya cerita di balik sebuah merek mampu mendorong orang untuk berbelanja.

cara bisnis ritel inovasi tips meningkatkan kepuasan pelanggan sogo department store talkshow
SOGO gelar talkshow di Kota Kasablanka | Foto: Highlight.

Steven Sentosa, Direktur Utama Majalah Marketing menerangkan bahwa konsumen membeli suatu produk tidak hanya sekadar berbelanja tapi juga mencari merek yang bisa memahami kebutuhan mereka. Bagi mereka, harga yang lebih mahal tidak menjadi masalah selama kepuasannya terpenuhi.

Untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan, Steven menekankan pentingnya tolok ukur seperti Service Quality Index dan Customer Journey Experience Index yang digunakan oleh Majalah Marketing. Menurut Steven, kepuasan pelanggan bisa ditingkatkan dengan lebih banyak memfokuskan pada kebutuhan konsumen. “Puas ini meliputi banyak hal. Puas dengan harga, pelayanan atau cara menghadapi komplain,” sambungnya.

Talkshow tersebut berbarengan dengan SOGO Beauty Festival yang berlangsung di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Selain talkshow dan pameran produk kecantikan , acara tersebut juga diisi dengan penganugerahan SOGO Department Store yakni “Service Quality Award 2023” dan “Customers Journey Experience Award 2023” oleh Majalah Marketing.

Pada saat yang bersamaan, BenihBaik.com juga memberikan apresiasi “Penghargaan Atas Kolaborasi Kebaikan SOGO Indonesia Bersama Benih Baik”. Acara juga dimeriahkan dengan pengumuman pemenang Top Spender SOGO yang mendapatkan hadiah 1 unit Vespa Batik Limited Edition. Untuk menarik pengunjung, SOGO Beautu Festival juga menawarkan instant rebate hingga Rp850 ribu rupiah bagi pelanggan BRI yang berbelanja minimun 2 juta rupiah.