Home Beauty 5 Cara Memulai Bisnis Salon Kecantikan Hingga Berhasil

5 Cara Memulai Bisnis Salon Kecantikan Hingga Berhasil

Langkah tahapan cara memulai membangun usaha bisnis salon spa kecantikan
Ilustrasi | Gambar: pixabay.com

Highlight.ID – Belakangan ini industri kecantikan semakin berkembang. Jika dilihat dari menjamurnya salon, ini merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Kalau kamu juga berminat untuk menekuni bisnis salon kecantikan, yuk baca artikel ini sampai akhir.

Sebelum kamu memulai, pada dasarnya membangun bisnis salon kecantikan akan lebih mudah jika ini adalah passion-mu. Karena ketika kita menjalani bisnis sesuai passion, kamu akan terus semangat dan selalu punya ide-ide baru untuk berinovasi.




Namun, tak menutup kemungkinan kamu juga bisa mencari ilmu baru dari bisnis ini. Simak yuk apa saja cara yang harus dilakukan jika ingin membangun usaha salon kecantikan.

Langkah-langkah Menjalankan Usaha Salon Kecantikan

1. Mengasah keterampilan

Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan adalah mengasah keterampilan di bidang kecantikan. Tak dapat dipungkiri, untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, kamu harus mengetahui ilmunya.

Carilah tempat yang menawarkan kursus layanan yang akan kamu sediakan di salonmu nanti. Misalnya, kursus tata rias, dan tata rambut. Tanpa ilmu dan kemampuan yang cukup, kamu akan kesulitan dalam membangun bisnismu di kemudian hari.

Baca Juga:
Makin Banyak Wanita Berhijab, Peluang Bisnis Salon Muslimah Terbuka Lebar




Belajar dari senior yang sudah memiliki pengalaman tentu akan sangat bermanfaat, jangan malu untuk belajar demi usaha salon yang akan kamu jalani. Apalagi saat ini, untuk bisa mendapatkan ilmu cukup mudah, selain belajar offline kamu juga bisa menambah ilmu dari internet.

2. Membuat konsep dan perencanaan yang matang

Setelah memiliki kemampuan yang cukup, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat konsep serta perencanaan yang matang. Meliputi layanan apa saja yang akan diberikan, di mana lokasinya, perlengkapan salon kecantikan apa saja yang dibutuhkan serta menyiapkan tenaga ahli, dan vendor jika dibutuhkan.

Selain itu, tentukan pula harga yang cocok untuk konsumen. Jangan mematok tarif terlalu tinggi atau terlalu di bawah harga pasaran. Supaya tidak salah menentukan harga, carilah informasi sebanyak-banyaknya baik dari internet maupun ahli yang sudah lebih dulu terjun di dunia salon kecantikan.

Pada tahap perencanaan ini kamu juga harus cermat dalam mengalokasikan modal yang ada. Siapkan budget untuk biaya tak terduga, sebab dalam memulai sebuah bisnis tentu ada kebutuhan dadakan yang sewaktu waktu bisa terjadi.

Baca Juga:
9 Peluang Bisnis Kecantikan yang Mendatangkan Banyak Keuntungan

3. Mencari informasi tren terkini

Mungkin saja kamu memiliki kemampuan tata rambut yang bagus, tetapi jika kamu tidak update dengan style kekinian. Tentunya konsumen akan malas untuk datang ke salonmu. Karena biasanya konsumen yang datang ke salon kecantikan ingin merubah penampilan mereka sesuai dengan gaya yang sedang tren.

Sebaiknya, teruslah mencari informasi terbaru terkait tren gaya rambut salon kecantikan yang sedang digandrungi banyak orang. Semakin banyak pilihan gaya rambut yang kamu kuasai, konsumen tentu akan setia datang kembali.

4. Melakukan promosi yang menarik

Jangan sampai orang-orang tidak tahu kalau kamu memiliki salon kecantikan yang mempunyai layanan lengkap, dan beragam kelebihan lainnya. Jadi, lakukanlah promosi yang menarik, supaya konsumen tertarik untuk datang.

Saat ini, semakin canggihnya teknologi membuat kamu tidak perlu lagi harus menyebar brosur atau menempelkan pamflet di berbagai tempat. Hanya dengan bermodalkan gadget kamu sudah bisa memberitahu banyak orang tentang salon kecantikan yang kamu miliki.



Baca Juga:
Berbisnis Salon Kecantikan, Putri Satria Ingin Sejahterakan Karyawannya

Untuk menarik perhatian konsumen, kamu bisa membuat promosi seperti diskon atau potongan harga untuk paket salon kecantikan tertentu, gratis member, atau komisi jika konsumen mengajak orang lain untuk datang. Ada pula beragam bentuk promosi lainnya bisa kamu coba juga.

Usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik, sebab bentuk promosi yang cukup ampuh untuk menambah tingkat kedatangan konsumen adalah dari mulut ke mulut. Konsumen yang puas dengan pelayanan yang kamu berikan akan sukarela merekomendasikan salonmu ke orang lain.

5. Selalu berikan pelayanan terbaik

Jadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama saat kamu menjalankan usaha salon kecantikan. Dengan begitu, dapat dipastikan bisnismu akan terus berkembang dengan baik. Selain memberikan beragam layanan terbaik, coba juga untuk perhatikan dekorasi salon kecantikan. Tujuannya, supaya pelanggan tertarik untuk terus datang.

Pelayanan terbaik juga meliputi kecepatan dan keramahan anda saat melayani konsumen. Jika konsisten dalam hal ini, dan salon kecantikan kamu semakin berkembang, kamu bisa memikirkan untuk menambah karyawan baru untuk kelancaran operasional.

Baca Juga:
Fidella Novania Ceritakan Pengalamannya Berbisnis Salon Kecantikan

Supaya ilmu yang kamu miliki bermanfaat, kamu juga bisa memberikan pelatihan singkat kepada karyawan baru supaya mereka tahu komitmen dan pelayanan seperti apa yang harus diberikan kepada konsumen. Dengan begitu, karyawan baru siap menghadapi segala sesuatu yang terjadi saat bekerja di salon.

Pertimbangan dalam Berbisnis Salon Kecantikan

Lima poin di atas adalah cara mudah dalam memulai bisnis salon kecantikan, namun selain itu ada hal lain yang juga penting untuk diperhatikan. Satu hal yang akan menentukan keberlangsungan bisnis salon yang kamu tekuni yakni mengetahui tentang regulasi dan aturan bisnis di daerah kamu tinggal. Karena biasanya salon yang hanya memberikan layanan rambut membutuhkan lisensi yang berbeda dengan salon dengan perawatan wajah atau pijat.

Selain itu, tentukan distributor yang tepat selama kamu menjalankan usaha salon kecantikan ini. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam menyiapkan alat alat salon kecantikan, serta perlengkapan lainnya. Saat mencari distributor yang tepat, berhati-hatilah untuk berbelanja dan pertimbangkan setiap prospek. Kamu bisa mempertimbangkan harga dengan layanan pelanggan yang ditawarkan distributor.

Memulai bisnis salon kecantikan memang gampang-gampang susah, tetapi bukan berarti hal yang mustahil untuk kamu lakukan. Asalkan kamu memulainya dengan mengikuti langkah-langkah di atas serta mempertimbangkan segala hal dari berbagai sisi. Selamat mencoba!