Home Beauty Cara Merawat Kuku yang Tepat Agar Keindahannya Tetap Terjaga

Cara Merawat Kuku yang Tepat Agar Keindahannya Tetap Terjaga

Tips cara langkah merawat kuku menjaga kecantikan kesehatan
Ilustrasi | Gambar: Freepik.com

Highlight.ID – Kapan terakhir kali kamu potong kuku? Ternyata sama seperti rambut, wajah, dan tubuh, kuku pun perlu dirawat. Cara merawat kuku tak sekadar memotongnya jadi pendek segaris dengan kulit di ujung jari, tapi juga tak perlu semahal di salon. Buat kamu yang peduli penampilan serta kesehatan kukumu, kamu harus tahu jenis perawatan kuku yang benar.

Kamu mungkin suka hias kuku dengan gonta ganti warna cat kuku, tapi pernahkah kamu berpikir sejenak apa rasanya jadi sebuah kuku yang berkali-kali ditempa bahan kimia tanpa dibiarkan sedikit bernapas lega? Belum lagi kalau ternyata kukumu tak sesehat yang kamu kira. Ada jenis kuku, beberapa di antaranya ada kuku normal, kuku rapuh, kuku kering, dan kuku lunak.




Semua jenis kuku perlu dirawat supaya tetap sehat dan cantik berkilau. Tak masalah jika kamu sesekali memanjangkannya demi alasan estetika. Tapi jangan lupa, cantik tidaknya kuku tergantung bagaimana cara kamu merawatnya. Jangan sampai kukumu jadi sarang bakteri dan sumber penyakit, ya.

Tips Menjaga Kecantikan Kuku yang Mudah Kamu Praktikkan

1. Beri waktu kukumu tanpa pewarna

Tentunya kamu bosan dengan kegiatan yang sama setiap harinya, begitu juga dengan kukumu. Ia jenuh dengan cat kuku tanpa kamu biarkan ia menikmati kealamiannya. Meskipun kamu sangat suka warna warni kuku dan ragam pola cantiknya, kamu perlu setidaknya selama satu minggu membiarkannya bebas tanpa pewarna.

Baca Juga:
Treatment Rambut di Salon Kecantikan yang Biasa Dilakukan Cewek




Kenapa? Nggak ada salahnya membiarkan kuku tanpa bahan kimia dan bertumbuh secara alami. Karena kuku tanpa pewarna adalah salah satu bentuk perawatan kuku yang mudah kamu lakukan.

2. Pilah-pilih cat kuku yang aman

Seringkali, bahan cat kuku mengandung kapur barus, toluena, dimetil dan dietil ftalat, formaldehida, dibutil ftalat, dan bahan kimia beracun lain. Tapi ada juga cat kuku yang tidak pakai bahan berbahaya itu seperti cat kuku berbahan dasar air. Namun ada kelemahannya, yakni tidak bisa bertahan lama. Bijaklah memilih cat kuku yang aman dan cermati tiap labelnya.

3. Rajin potong kuku

Jenis perawatan kuku yang bisa kamu terapkan selanjutnya adalah rajin potong kuku setidaknya sekali seminggu. Cara merawat kuku satu ini sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus repot-repot mani-pedi ke salon. Terutama kuku tangan harus sering dipotong sebab pertumbuhannya ternyata empat kali lebih cepat ketimbang kuku kaki.

4. Gunakan pelembap kuku

Apa lagi cara menjaga kesehatan kuku yang mudah kamu lakukan? Vitamin E sangat bagus untuk kesehatan dan kesegaran kuku. Kalau kamu lebih suka pakai pelembap atau krim khusus kuku, pilihlah yang mengandung bahan sesuai dengan jenis kukumu. Misalnya kamu punya jenis kuku kering, maka pelembap mengandung glycerin lebih cocok kamu pakai.



Baca Juga:
7 Merek Kosmetik Lokal Milik Artis Indonesia Untuk Mempercantik Diri

Tiap pelembap yang beredar di pasaran punya kandungan masing-masing, ada yang mengandung jasmine oil, glycerin, ekstrak mutiara, almond oil, dan sebagainya. Kemasannya juga menarik dan simpel, ada yang bentuk pulpen, gel, dan kuas. Kamu bisa pakai jenis perawatan kuku ini tiap malam sebelum tidur setelah mencuci tangan tentunya.

5. Olesi minyak zaitun

Kalau kamu punya persediaan minyak zaitun di rumah, kamu bisa pakai jenis perawatan kuku ini dengan mudah. Cukup oleskan minyak zaitun dengan sebatang cotton bud di permukaan kuku, tunggu sampai sekitar 30 menit, lalu bilas air bersih. Zat yang terkandung dalam minyak zaitun bikin jaringan dalam kukumu lebih kuat dan tidak rapuh.

6. Rendam dalam larutan air garam

Siapa sangka garam di dapur yang sering kamu gunakan sebagai bumbu masakan, ternyata ampuh sebagai salah satu cara merawat kuku. Tuang secukupnya garam dalam air hangat, aduk sampai larut, kemudian rendam kukumu. Kamu bisa lakukan pada kuku kaki dan tangan dalam wadah terpisah karena jika menggabungkan dalam satu wadah cukup membuatmu kerepotan.

Kandungan garam laut yang terdiri dari mineral ternyata mampu menutrisi kukumu. Selain itu, rendam kuku dalam air garam hangat bisa merelaksasi serta mengangkat kuman dan bakteri jahat dalam kuku. Terlebih jika kamu punya kuku panjang, pasti rentan jadi sarang kuman. Perendaman dengan air garam adalah jenis perawatan kuku yang cukup pas.

Baca Juga:
4 Jenis Perawatan Untuk Kuku yang Lebih Indah dan Menarik

7. Rendam kuku dalam perasan air jeruk

Tak peduli jenis jeruk apa yang kamu pakai, jenis perawatan kuku ini terbilang murah, mudah didapat, dan tentunya tak perlu capek-capek ke salon. Sambil nyelam minum air. Satu butir jeruk yang kamu makan, sisakan sedikit, peras dan campur di air hangat secukupnya. Rendam kukumu paling tidak 15 menit, lalu basuh dengan air sampai bersih.

Perhatikan kukumu sebelum dan sesudah kamu rendam air jeruk. Selain memberikan nutrisi, jeruk yang direndam dalam air hangat rupanya bisa bikin kukumu kembali berkilau dan tak terlihat kusam. Aroma jeruk dari kukumu juga cukup menyegarkan.

8. Gosok kuku dengan bawang putih

Masihkah kamu pertimbangkan berapa harga bawang sekilo? Untuk merawat kuku, kamu hanya perlu satu dua siung. Cara merawat kuku dengan bawang cukup gampang, iris bawang jadi dua, lalu gosok perlahan sampai kandungannya meresap di kuku. Kamu juga bisa cincang bawang lalu tempelkan di tiap kuku, tapi risikonya mudah berjatuhan.

Kandungan bawang yang bersifat antijamur dan antimikroba, selain bikin kukumu tidak mudah rapuh dan patah, ternyata juga mampu menghilangkan jamur kuku. Kuku kuning kecokelatan bisa jadi gejala kukumu terserang jamur. Gunakan bawang putih sebagai cara merawat kuku saat kamu sedang punya waktu luang di rumah, ya, supaya aromanya tak semerbak ke mana-mana.

Ada banyak cara merawat kuku yang bisa kamu lakukan di rumah, mulai sekarang bisa kamu mempraktikkannya sendiri. Konsumsi makanan bernutrisi yang mengandung yogurt, keju, susu, dan buah-buahan juga salah satu jenis perawatan kuku yang menyenangkan dan sekaligus mengenyangkan.