Home Lifestyle Food Mau Makan di Mana? Ini Cara Memilih Restoran Sesuai Kantong Anak Kos

Mau Makan di Mana? Ini Cara Memilih Restoran Sesuai Kantong Anak Kos

cara memilih restoran tempat makan nongkrong kafe murah budget sesuai anak kos mahasiswa harga terbaik rekomendasi pelajar kantong daftar menu
Gambar: unsplash.com

Highlight.id – Mau hemat seketat apapun, yang namanya makan tentu harus tetap jadi yang utama. Termasuk bagi anak kos atau mahasiswa yang kudu pintar-pintar mengatur keuangan mereka dalam sebulan. Mencari tempat makan yang enak, murah meriah, dan nyaman tentu jadi idaman setiap anak kos.

Namun kadang-kadang, mewujudkan hal ini tidak semudah kelihatannya. Ada saja halangan untuk menemukan tempat makan anak kuliah yang sesuai dompet. Entah itu tidak ada variasi restoran di sekitar kost dan kampus, bingung harus makan ke mana, hingga ajakan hang out yang kadang justru bikin kantong jebol!





Tenang, jangan khawatir. Artikel kali ini akan memberikan insight beberapa cara untuk memilih restoran sesuai kantong dan layak jadi tempat makan anak kost langganan. Terapkan cara ini dan dijamin kamu akan jadi andalan teman-teman saat mereka mencari tempat makan enak di tanggal tua!

Cara Memilih Tempat Makan Bagi Anak Kos

Aktif Pantau Media Sosial

Jadi mahasiswa tentu artinya harus rajin riset dong? Nah, bukan hanya untuk aspek akademis, kamu juga harus jeli riset tempat makan favorit lewat media sosial! Di era digital ini, tempat makan anak kuliah pasti punya yang namanya akun Instagram atau platform apapun sebagai media promosi mereka.

Baca juga:

Nah, jika kamu mengikuti akun media sosial tempat makan atau restoran, kadang mereka punya promo khusus di hari-hari tertentu! Selain hari, kadang ada juga promosi di jam-jam khusus dengan promo happy hour usai makan siang. Ikuti promo mereka untuk dapat best price jika ingin makan enak tanpa membuat kantong kempes.

Kartu Mahasiswa Bisa Jadi Amunisi

Kata siapa mahasiswa tidak punya keistimewaan? Kartu mahasiswa kadang bisa membawa berkah dan diskon saat kamu mampir di tempat makan anak kuliah! Banyak restoran atau tempat makan yang memberi potongan harga bagi mahasiswa untuk menu-menu tertentu, atau bahkan semua menu yang mereka tawarkan. Menggiurkan, bukan?

Pilih yang Dekat

Selain menghemat kocek yang harus dikeluarkan saat membayar makan, biaya untuk menuju ke tempat makan anak kost juga harus diperhitungkan, loh! Percuma saja makan di warung atau restoran yang murah meriah namun untuk menuju ke sana justru menghabiskan bensin kamu! Atau, jaraknya cukup jauh dan kamu keburu kelaparan deh.


Untuk itu, pastikan kamu cari tahu tempat makan anak kost yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Jika menu yang mereka jual bisa awet untuk beberapa jam, sekalian saja bungkus untuk dimakan lagi di kost! Dengan cara ini, kamu tidak perlu keluar ongkos dua kali untuk makan.

Gunakan Voucher

Ada banyak aplikasi yang menawarkan diskon seperti Fave, Lakupon, Dealoka, EVoucher, Club Alacarte, dan banyak lagi! Kamu cukup meng-install aplikasi-aplikasi ini di ponsel dan melihat adakah promo dari tempat makan anak kuliah favorit kamu.

Biasanya, promo akan berbeda setiap harinya dan sangat variatif.
Sering-sering update dan melihat penawaran di aplikasi ya. Kamu juga bisa berlangganan newsletter mereka untuk bisa tahu promosi secepat mungkin. Beberapa promo juga berlaku untuk makanan porsi besar, cocok dong untuk tempat makan anak kuliah beramai-ramai?

Free Refill?

Cara lain memilih tempat makan untuk anak kuliah adalah yang menawarkan free refill atau justru minuman gratis! Sudah bukan rahasia lagi dong, restoran biasanya memasang harga minuman yang cukup mahal, belum lagi pajaknya! Datang ke tempat makan anak kost dengan free flow minuman bisa jadi pilihan untuk menghemat budget makan kamu.

Happy Birthday!

Saat sedang berulang tahun, bukan hanya kamu kok yang akan diteror untuk mentraktir teman-teman. Kamu pun bisa mendapat special treat dari restoran langganan! Terutama jika kamu menjadi member khusus, mereka bahkan akan mengirim notifikasi untuk makan gratis atau promo apapun yang mereka berikan hanya untuk yang berulang tahun.

Tidak sempat mampir ke tempat makan tersebut saat hari ulang tahun? Worry not, biasanya promo ini berlaku selama beberapa pekan atau bahkan sebulan penuh! Hadiah ulang tahun yang menarik, bukan?

cara memilih restoran tempat makan nongkrong kafe murah budget sesuai anak kos mahasiswa
unsplash.com

Awas Lapar Mata

Overall, cara untuk mencegah diri lapar mata dan menghamburkan uang saat berada di tempat makan anak kost adalah dengan “sedikit” mengenyangkan diri sebelum berangkat. Makanlah camilan atau jajan apapun yang ada, terutama yang bisa mengenyangkan. Dengan demikian, kamu tidak akan memesan berlebihan yang berakhir pada bill yang mengagetkan.

Kamu juga bisa membawa minum sendiri untuk menghemat pengeluaran membeli beverages. Air putih juga tentu jauh lebih sehat dibandingkan dengan minuman dengan pemanis atau minuman kemasan, bukan? Jika mau semakin sehat, tambahkan irisan lemon dan voila, kamu punya infused water yang menyehatkan.

Perhatikan Pajak Restoran

Meski terkesan sepele, sebenarnya pajak restoran adalah salah satu hal yang patut diwaspadai, terutama bagi para anak kost atau mahasiswa! Kadang harga makanan dan minuman yang tertera cukup terjangkau, namun saat tagihan datang, membengkak karena pajak yang cukup besar! Kadang, pajak pun tidak hanya satu variabel loh! Jadi kamu perlu teliti ya sebelum datang ke tempat makan, sebisa mungkin pilih yang tidak menerapkan pajak.


Jangan Malu Bertanya

Kepada siapa harus bertanya dalam hal mencari tempat makan ramah kantong mahasiswa atau anak kost? Tentu pada para senior dong. Mereka pasti sudah paham betul daftar tempat makan atau restoran langganan yang bersahabat bagi kantong. Jika kamu baru menjadi anak kost atau berada di tahun pertama sebagai mahasiswa, jangan sungkan untuk bertanya pada para senior di mana mereka biasanya makan, terutama saat tanggal tua!

Sebagai balas budi, jika kamu menemukan promo atau tempat makan anak kost yang baru dibuka, bagikan juga informasi itu pada para senior. Sharing is caring, isn’t it?

Baca Ulasan di Internet

Bukan rahasia bahwa internet punya segalanya. Apapun bisa dicari saat kamu membuka Google, termasuk tempat makan anak kost yang terjangkau di daerah kamu! Pasti ada saja blog mahasiswa yang pernah menulis ulasan tentang restoran murah meriah favorit mereka. Be creative ya saat mencari di Google, gunakan berbagai keyword atau kata kunci yang presisi sehingga hasilnya bisa bermanfaat buat kamu.

Jadi mahasiswa dengan budget terbatas untuk biaya hidup bukan berarti akhir dari dunia. Justru, kamu dituntut untuk bisa kreatif memutar otak, mencari cara untuk menemukan tempat makan dan restoran yang pas di kantong. Dijamin deh, setelah kamu menerapkan 10 tips di atas, pasti puas rasanya bisa menemukan tempat makan andalan kamu yang murah meriah dan tentu saja, rasanya tetap menggiurkan.

Jadi, sudah siap dong jadi ensiklopedia berjalan bagi teman-teman kost atau kampus saat mereka bingung harus makan di mana saat tanggal tua? Atau kamu sendiri sudah punya jurus jitu untuk mencari tempat makan yang ramah kantong anak kost? Share dengan pembaca lainnya lewat kolom komentar, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here