Home Business Cara Menjalankan Instagram Giveaways untuk Menumbuhkan Audiens

Cara Menjalankan Instagram Giveaways untuk Menumbuhkan Audiens

how to run instagram giveaways cara tips menjalankan kampanye marketing online

Highlight.ID – Media sosial seperti Instagram selain berfungsi untuk keperluan pribadi juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis online. Meningkatkan pertumbuhan audiens di Instagram tidak cukup hanya dengan memposting foto atau video secara rutin. Ada cara promosi yang sering dilakukan oleh pemilik usaha atau pemasar yaitu giveaway.

Baik merek besar maupun bisnis kecil dapat menawarkan hadiah untuk menjangkau audiens target mereka. Lagi pula, kebanyakan orang sangat menyukai produk dan layanan gratis atau hadiah. Inilah sebabnya mengapa beberapa pemilik merek memasukkan hadiah sebagai bagian dari pemasaran Instagram mereka.

Manfaat Instagram Giveaways

Apa itu Instagram giveaways? Brand mengadakan promosi berbatas waktu yang disebut Instagram giveaway dengan menjanjikan hadiah berupa produk atau jasa kepada pemenang yang beruntung sesuai dengan kriteria tertentu.

Umumnya, giveaway diadakan pada waktu-waktu tertentu termasuk peluncuran produk dan layanan baru. Giveaway Instagram juga sering diadakan untuk menambah followers media sosial. Para pengguna Instagram umumnya akan tertarik untuk mengikuti kampanye tersebut karena ingin mendapatkan hadiah.

Beberapa keuntungan yang kamu dapatkan dengan menjalankan giveaway Instagram antara lain:

  • Meningkatkan pengikut Instagram,
  • Meningkatkan keterlibatan audiens,
  • Meningkatkan kesadaran merek,
  • Mendorong berbagi sosial,
  • Mengumpulkan daftar kontak,
  • Mendorong penjualan online.

Kiat untuk Mengadakan Instagram Giveaways

Kamu dapat menjalankan Instagram giveaways untuk alasan apa pun, tetapi tujuan utamanya umumnya untuk meningkatkan pengikut Instagram. Setelah kamu mengetahui alasan yang kuat, kamu dapat mengambil beberapa langkah strategis untuk menyukseskan kampanyemu.

1. Tetapkan tujuan yang jelas

Apapun kampanye online yang kamu lakukan, harus memiliki tujuan yang jelas. Apakah kamu hanya ingin menambah jumlah pengikut atau kamu memiliki tujuan lain? Sasaran yang jelas akan membantumu mengidentifikasi apakah hadiah Instagram mencapai hasil yang diharapkan.

Baca juga:
Rahasia Jurus Pemasaran untuk Melipatgandakan Penjualan

Selain itu, kamu juga perlu memantau metrik kampanye dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di Instagram. Hal ini berguna untuk memberikan penilaian yang objektif terhadap program yang kamu jalankan. Secara khusus, metrik mengacu pada pengukuran yang dapat dihitung secara kuantitatif termasuk jumlah pengikut, tingkat keterlibatan, lalu lintas situs web, komentar per posting, jangkauan, dan sebagainya.

2. Tetapkan kriteria peserta

Bahkan jika kamu memberikan hadiah gratis, kamu tetap mendapat manfaat. Untuk alasan ini, kamu perlu menentukan seperangkat kriteria peserta. Secara umum kriteria tersebut berkaitan dengan tindakan yang harus dilakukan oleh peserta dan juga batasan-batasan tertentu.

Misalnya, peserta diharuskan mem-follow akun Instagram, mention beberapa teman di caption dan tag mereka. Selain itu, kamu dapat meminta peserta untuk memposting ulang poster dan membagikannya secara online. Langkah ini terbukti meningkatkan eksposur merek dan mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi.

how to run instagram giveaways cara tips menjalankan kampanye marketing online

3. Pilih hadiah

Hadiah adalah alasan utama mengapa orang bergabung dengan program ini. Mereka akan melakukan yang terbaik untuk memenangkan hadiah. Apalagi jika hadiah yang ditawarkan cukup menarik untuk dilombakan. Meski pada akhirnya pemenang lebih dipengaruhi oleh faktor keberuntungan.

Pilih hadiah yang sesuai untuk pemenang yang beruntung. Pastikan peserta memberikan keuntungan yang seimbang dengan hadiah yang kamu tawarkan sehingga kamu terhindar dari pengeluaran uang yang banyak hanya untuk keuntungan yang sedikit.

4. Tetapkan periode waktu

Instagram giveaways berlangsung selama jangka waktu tertentu. kamu dapat melakukannya bersamaan dengan peluncuran produk baru atau pembukaan toko baru. Kamu juga bisa memberikan hadiah untuk memperingati hari-hari spesial seperti hari kemerdekaan misalnya.

Biasanya giveaway Instagram berlangsung dalam waktu singkat, sekitar 1 minggu (7 hari) hingga 2 minggu (14 hari). Hal ini memberikan peluang informasi kampanye disebarluaskan sehingga banyak orang yang berpartisipasi. Setelah waktu giveaway Instagram selesai, panitia sempatkan waktu sebelum akhirnya mengumumkan pemenangnya.

5. Buat postingan giveaway Instagram

Setelah semuanya siap, saatnya kamu membuat desain poster giveaway Instagram. Meskipun Instagram mengizinkan postingan dengan berbagai ukuran, baik lanskap maupun potret, ada baiknya membuat postingan dengan ukuran yang sama dengan persegi.

Kenapa begitu? Instagram Feeds di profil diatur dalam ukuran kisi. Ini untuk memastikan poster tidak terpotong saat orang melihatnya melalui halaman profil. Kamu perlu mendesain semenarik mungkin agar orang membacanya. Pastikan kamu mencantumkan semua informasi penting dengan jelas termasuk aturan, kriteria, jangka waktu giveaway, dan tanggal pengumuman pemenang.

6. Buat postingan pengingat

Posting pengingat sangat berguna untuk memberi tahu orang bahwa orang masih memiliki kesempatan untuk berpartisipasi. Pengingat biasanya menunjukkan berapa hari giveaway Instagram tersisa.

Ini juga berfungsi untuk menumbuhkan rasa urgensi pada penonton dan menjaga antusiasme mereka. Kamu dapat mengunggah postingan pengingat di feed atau Instastory.

Baca juga:
9 Cara Berjualan di Instagram Biar Online Shop-mu Makin Rame Pembeli

7. Umumkan pemenangnya

Tidak ada yang lebih mendebarkan daripada menunggu untuk melihat siapa yang akan memenangkan giveaway. Sebagai penyelenggara, kamu harus mengumumkan pemenang sesuai dengan tanggal yang ditentukan. Kegagalan untuk menerapkan ketentuan ini akan berdampak negatif pada bisnis.

Kamu dapat membuat postingan khusus yang menampilkan satu atau beberapa pemenang. Ini membuat mereka merasa dihargai karena bergabung dengan kampanye. Kamu juga perlu memberi tahu pemenang tentang langkah selanjutnya.

8. Evaluasi

Seringkali panitia hanya fokus pada hasil tetapi mengesampingkan penilaian. Selain mengatur kampanye, evaluasi memainkan peran yang sama pentingnya.

Evaluasi tersebut bertujuan untuk menganalisis baik kelebihan maupun kekurangan dari kampanye tersebut. Hal ini penting sebagai panduan dalam menjalankan kampanye yang lebih baik di masa mendatang.

Kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk mengatur giveaway Instagram agar kampanye berjalan lancar. Kamu juga dapat menerapkan langkah-langkah lain sesuai dengan tujuan pemasaranmu.