Home Beauty Cara Merawat Vagina Agar Lebih Bersih dan Sehat

Cara Merawat Vagina Agar Lebih Bersih dan Sehat

Jenis macam treatment untuk merawat organ intim kewanitaan (vagina) agar lebih bersih dan sehat
Ilustrasi spa kecantikan | Foto: Pixabay

Highlight.ID – Sebagai organ tubuh yang sangat vital, vagina atau miss V merupakan saluran dengan selaput otot yang menghubungkan leher rahim (serviks) ke bagian luar tubuh. Terletak di belakang kandung kemih, vagina berfungsi sebagai jalan lahir bayi pada saat persalinan. Miss V juga juga berfungsi sebagai saluran senggama untuk berhubungan seksual dan tempat masuknya alat kelamin pria (penis) serta jalur akses sperma menuju rahim.

Oleh sebab itu, vagina perlu terus dirawat dan dijaga agar selalu dalam keadaan yang sehat. Vagina yang bersih dan sehat dapat menentukan keberhasilan reproduksi dan memengaruhi tingkat kesuburan wanita. Hadirnya spa kecantikan yang menawarkan bermacam-macam treatment vagina memudahkan wanita untuk tetap menjaga organ intimnya.



Sasih, Spa Supervisor Woman and Woman Spa (WWSpa) Yogyakarta menjelaskan bahwa perawatan vagina bernama “V to Woman” meliputi beberapa tahapan. Setiap tahapan treatment berlangsung selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Sedangkan body massage dilakukan selama sekitar 1 jam. “Diawali dengan cuci kaki aromatherapy kemudian ada body massage, totok di area V, scrub di area V, berendam sirih, dan terakhirnya ratus,” jelas Sasih kepada Highlight.ID.

Ragam Perawatan Miss V

Perawatan vagina yang dilakukan oleh terapis berpengalaman ini diperuntukkan bagi para wanita mulai dari remaja hingga ibu berusia dewasa. “Biasanya kan karena untuk kesehatan atau kebersihan area V memang sangat dibutuhkan wanita. Misalnya untuk remaja puteri pun bisa mulai untuk merawat area V. Biasanya kalo sudah memasuki masa haid, udah bisa untuk ambil perawatan V to Woman,” kata dia.

Baca juga:

Menurut Sasih, perawatan yang berlangsung selama 120 menit ini berguna bagi perempuan yang sudah berumah tangga karena dapat menjaga kekencangan atau elastisitas organ intim kewanitaan. “Terutama ratusnya ya. Ratus itu bagus untuk semua wanita, setelah menstruasi atau haid. Lebih bagus untuk membersihkan sisa-sisa atau kotoran setelah masa haid untuk mencegah keputihan atau untuk mengharumkan area kewanitaan,” tambahnya.

Sasih mengatakan, “Selama dua jam nggak ada jedanya. Setelah cuci kaki aromatherapy nanti terapisnya akan mempersilakan customer untuk berbaring. Setelah itu dimulai pemijatan seluruh badan, baru dilakukan untuk totok V. Ada urutannya.”

“Totok V itu ada pemijatannya sedikit. Totok-totok di area kaki kemudian naik ke atas nanti di area bibir vagina itu juga ditotok. Ada titik-titik yang dipercaya bagus untuk pengencangan atau menghilangkan misalnya sakit pas haid. Dengan totok di area tersebut bisa mengurangi atau menghilangkan sakit,” kata Sasih.

Jenis macam treatment untuk merawat organ intim kewanitaan (vagina) agar lebih bersih dan sehat
Ilustrasi spa kecantikan | Foto: Unsplash/Camille Brodard

Jenis perawatan lainnya yang masih dalam satu paket yakni scrub vagina, yakni semacam lulur untuk mengangkat sel kulit mati di area selangkangan dan bibir vagina. “Kalo wanita, ibu rumah tangga biasanya kalo pake celana dalam, kan tergesek-gesek itu biasanya menghitam, bisa dibersihkan dengan V scrub,” ujarnya.

Sebagai salah satu perawatan tradisional yang telah dilakukan sejak dahulu, ratus dipercaya bagus untuk menjaga kebersihan area kewanitaan. Selain itu, ada pula ratus yang dimanfaatkan untuk merawat kecantikan rambut.

Lebih lanjut ia memaparkan, “Kemudian kalo ratus itu menggunakan ratus bakar. Tapi kalo di (cabang) Jakarta ada pilihannya ratus rebus. Ratus itu nanti memang kita ada rempah-rempahnya tersendiri. Caranya, arang dibakar sampai menjadi bara kemudian setelah itu ditaburi rempah-rempah ratus itu. Kemudian diletakkan di bawah area V dan asapnya itu bagus untuk menghilangkan keputihan atau menjaga kekencangan.”


Produk Ramuan Sendiri

Sebagian besar produk-produk yang dipakai WWSpa merupakan buatan sendiri (homemade) dengan berbagai jenis bahan alami. Produk-produk hasil racikan sendiri tersebut hanya dipakai selama perawatan di spa dan tidak diperjualbelikan.

“Kayak rempah-rempah atau lulur itu kita meramu sendiri. Kalo untuk ratus itu juga terbuat dari rempah-rempah yang dipercaya bagus untuk area kewanitaan. Untuk scrub kita juga meramu sendiri (seperti) scrub susu, scrub green tea, atau scrub kopi. Untuk area V biasanya kita menggunakan scrub susu,” jelasnya.

Wanita lebih memilih datang ke spa kecantikan untuk merawat organ intimnya. Salah satu alasannya yakni karena spa kecantikan menyediakan peralatan dan jenis treatment yang lebih lengkap serta dilayani oleh terapis profesional. Umumnya, pelanggan melakukan perawatan organ intim kewanitaan satu bulan sekali. Namun itu tergantung kondisi, apabila pelanggan misalnya mengalami keputihan yang cukup parah maka bisa melakukan perawatan dua kali dalam sebulan.

Sasih menerangkan bahwa perawatan ini tidak disarankan untuk wanita yang menggunakan alat kontrasepsi di sekitar vagina. Selain itu, wanita hamil juga tidak disarankan melakukan perawatan totok vagina dan ratus.