Home Business 7 Tips Memilih Rumah Kost yang Nyaman untuk Ditinggali

7 Tips Memilih Rumah Kost yang Nyaman untuk Ditinggali

Cara tips memilih rumah tempat kost-kostan yang tepat nyaman
Ilustrasi | Gambar: Unsplash.com/Nguyen Dang Hoang Nhu

Highlight.ID – Tinggal jauh dari orang tua atau sanak keluarga menjadi tantangan tersendiri bagi orang perantauan. Mereka sengaja merantau dari tempat asalnya menuju ke daerah lain yang jaraknya jauh. Ada orang yang berasal dari desa ke kota bahkan ada pula orang yang rela menyeberang ke pulau lain dengan berbagai alasan.

Mereka yang masih menempuh pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi merantau ke daerah lain tentu tujuannya untuk belajar. Di sisi lain, banyak pula orang yang merantau dengan tujuan untuk bekerja ataupun berdagang.

Satu hal paling utama yang jadi pertimbangan anak perantauan yakni mencari tempat tinggal. Umumnya, mereka akan mencari tempat kos-kosan karena bisa menghemat biaya daripada mengontrak rumah atau apartemen.




Cara Memilih Kos-kosan Buat Anak Perantauan

1. Harga Sewa Kos

Bagi kebanyakan orang, harga sewa kos menjadi pertimbangan utama sebelum menentukan pilihan. Apalagi jika budget-nya memang pas-pasan. Harga sewa kos ditentukan oleh beberapa faktor seperti ukuran kamar, kelengkapan fasilitas, dan jarak rumah kos dengan fasilitas publik seperti minimarket misalnya.

Sebelum menyewa kos, kamu bisa tanya-tanya dulu dengan pemilik atau pengelola kos. Pelajari juga sistem pembayarannya, apakah bayar kos per bulan atau per tahun. Selidiki juga apakah harga yang ditawarkan sudah termasuk fasilitas penunjang lain seperti koneksi WiFi, listrik, dan air.

Baca Juga: Mau Makan di Mana? Ini Cara Memilih Restoran Sesuai Kantong Anak Kos




Pemilihan rumah kos seolah-olah menunjukkan kelas ekonomi seseorang. Mereka yang punya banyak duit cenderung akan memilih rumah kos ekskusif dengan bangunan yang bagus berkesan mewah dan fasilitas komplit. Sementara mereka yang ingin menghemat pengeluaran, lebih senang memilih kos-kosan yang murah meski fasilitasnya minim dan seadanya.

2. Lokasi Kos

Gak bisa dipungkiri, lokasi kos yang dekat dengan kampus/sekolah atau kantor menjadi incaran sebagian orang. Kos yang dekat dengan fasilitas publik membuat kita bisa menghemat banyak waktu. Kamu juga bisa memperkirakan waktu berangkat atau pulang serta lama perjalanan dengan tepat.

Ini juga penting, lho, perhatikan juga letak dan akses rumah kos. Apakah rumah kos berada di daerah yang rawan banjir atau tidak? Selain itu, cermati pula apakah rumah kos memiliki akses jalan keluar-masuk yang bisa dilewati kendaraan seperti sepeda motor atau mobil.

Baca Juga: Menu Warung Indomie Paling Favorit, Anak Kost Pasti Suka

3. Fasilitas Kos

Selanjutnya, kamu harus memperhatikan dengan detail setiap fasilitas yang ada. Banyak orang yang rela membayar mahal untuk sewa kos asal fasilitasnya lengkap. Sementara, yang lain mungkin tidak terlalu mengharapkan fasilitas yang lengkap asal harganya murah.

Setiap rumah kos menawarkan fasilitas berbeda. Nah, berikut ini adalah beberapa fasilitas kos yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu:

  • Ukuran kamar
  • Perabotan kamar
  • Ventilasi udara
  • Koneksi internet
  • Kamar mandi
  • Alat pendingin
  • Ruang tamu
  • Tempat cuci
  • Tempat parkir
  • Penerangan
  • Listrik
  • Air

4. Keamanan

Tinggal di rumah kos yang aman tanpa rasa was-was membuat hidup kita terasa tenang. Oleh sebab itu, pastikan bahwa rumah kos yang ingin kamu tinggali mempunyai tingkat keamanan yang tinggi untuk menghindari terjadinya pencurian. Meskipun itu tidak menjamin 100% bahwa tidak akan ada pencurian namun setidaknya kita sudah melakukan antisipasi dengan sebaik mungkin.

Baca Juga: Khusus Anak Kost, Ini Panduan Praktis untuk Bisa Bertahan Hidup

Ilustrasi | Gambar: Unsplash.com/Anastasia Mezenina

Kamu juga harus tahu apakah rumah kos menyatu dengan rumah tinggal sang pemilik atau tidak. Jika iya, maka rumah kos tersebut biasanya akan lebih aman. Selain itu, ketahui juga apakah ada penjaga keamanan yang selalu siap siaga memantau keadaan rumah kos. Apabila tidak, maka kamu harus lebih ekstra hati-hati dan waspada.

5. Aturan Kos

Kos yang satu dengan yang lainnya mempunyai aturan bervariasi. Namun yang jelas, aturan kos itu dibuat agar setiap penghuni dan pemilik sama-sama merasa nyaman. Lebih dari itu, aturan kos dibuat untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal negatif.

Salah satu contoh aturan kos yang umum diberlakukan di Indonesia yakni keharusan untuk melapor kepada pemilik kos bahkan Ketua RT apabila ada tamu yang menginap 1 x 24 jam. Yakinkan bahwa kamu bisa menerima dan mengikuti aturan kos untuk menjaga ketentraman bersama.

Baca Juga: 9 Bahan Pokok (Sembako) untuk Memenuhi Kebutuhan Sehari-harimu

6. Suasana Kos

Satu hal lagi yang harus kamu pertimbangkan yakni bagaimana suasana kos-kosan yang ingin kamu tinggali. Jangan sampai kamu terjebak dengan tawaran harga sewa kamar kos yang murah tapi ternyata rumah kos itu angker. Hiii!

Jika itu terjadi, maka bisa dipastikan kamu gak bakalan betah tinggal di rumah kos yang menyeramkan tersebut. Untuk mengetahui apakah rumah kos itu nyaman atau tidak kamu bisa melihat penerangan yang ada di setiap sudut rumah. Rumah yang terawat dengan penerangan yang bagus tentu akan memberikan rasa nyaman yang lebih daripada rumah tidak terawat yang gelap.

Perhatikan pula apakah rumah kos itu dekat dengan sumber suara yang bising seperti jalan raya misalnya. Suasana kos-kosan yang nyaman harus kamu pertimbangkan karena bisa mempengaruhi mood kamu dan memberikan aura positif nantinya.

7. Cek Lokasi

Agar lebih yakin, kamu perlu mencek rumah kos untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi sesungguhnya. Hal ini penting agar kamu tidak tertipu oleh gambar yang terlihat bagus tapi kenyataannya tidak demikian.

Dengan mencek rumah kos secara langsung, kamu juga bisa melihat-lihat kondisi di sekitarnya. Kamu juga akan mempunyai gambaran lalu membuat asumsi sendiri apakah kamu cocok dengan tempat kos itu atau tidak.