Home Beauty Mengurangi Lemak Tubuh dengan X Wave, Vanquish ME, dan Exilis Elite

Mengurangi Lemak Tubuh dengan X Wave, Vanquish ME, dan Exilis Elite

tips cara bagaimana menghilangkan mengurangi lemak dalam tubuh jenis macam treatment perawatan dokter estetika klinik kecantikan tripple slimming btl exilis elite vanquish me x-wave manfaat kegunaan
Cara mengurangi lemak tubuh

Highlight.ID – Pola hidup yang sehat dan diikuti dengan olahraga yang teratur dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Namun dalam kenyataannya, menerapkan pola hidup sehat tidak lah segampang ketika diucapkan. Sebaliknya, banyak orang justru terjebak pada pola hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, kurang istirahat, dan jarang berolahraga.

Tanpa disadari, hal itu dapat memicu permasalahan seperti obesitas atau overweight yang dapat menghinggapi siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa. Obesitas terjadi karena adanya penimbunan lemak dalam jangka waktu lama yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan aktivitas pembakaran kalori.



Berbagai macam penyakit mematikan seperti penyakit jantung, hipertensi, kanker, dan diabetes mengincar para penderita obesitas. Oleh karena itu, diperlukan upaya atau tindakan segera untuk mengurangi lemak yang dapat mengancam kesehatan.

Jenis-jenis Perawatan di Klinik Kecantikan untuk Mengurangi Lemak Tubuh

Mengurangi bahkan menghilangkan lemak di tubuh dapat dilakukan dengan melakukan berbagai perawatan seperti X-Wave, Vanquish ME, dan Exilis Elite. Ketiga perawatan yang disebut dengan Tripple Slimming itu tak hanya dapat mengurangi lemak tapi juga dapat mengencangkan tubuh dan membuat kulit menjadi lebih bagus. Adapun mesin yang digunakan untuk ketiga treatment tersebut yakni berasal dari BTL, perusahaan yang memproduksi alat-alat medis dan estetika yang beroperasi di lebih dari 55 negara di dunia.

Baca juga:

“Tripple Slimming itu yang pertama kali dilakukan adalah Cellutone, nama lainnya X-Wave. Setelah itu, di-Vanquish, yang terakhir ada Exilis,” jelas dr. Trinda Paramitha, Dokter Kecantikan Nurtura Aesthetic & Wellness Center, yang akrab disapa dr. Adel.

Walaupun begitu, pasien tetap dapat memilih salah satu dari ketiga treatment tersebut tergantung kondisi dan kebutuhannya. Ketiga perawatan yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat itu dapat dilakukan sekaligus di hari yang sama.

Setiap tahapan slimming treatment diawali dengan pemotretan terhadap pasien untuk mengetahui before-after, kondisi pasien sebelum dan sesudah melakukan treatment. Setelah itu, pasien diukur lingkar tubuhnya seperti bagian perut, paha, dan lengan. Kemudian, pasien diukur berat badan dan kadar lemaknya dengan antropometri.

tips cara bagaimana menghilangkan mengurangi lemak dalam tubuh jenis macam treatment perawatan dokter estetika klinik kecantikan tripple slimming btl exilis elite vanquish me x-wave manfaat kegunaan
dr. Trinda Paramitha, Dokter Kecantikan Nurtura Aesthetic & Wellness Center | Foto: Highlight.ID

BTL X-Wave (Cellutone)

Memanfaatkan teknologi vibrasi, X-Wave yang disebut juga dengan Cellutone berguna untuk mengatasi permasalahan yang kerap dialami oleh penderita obesitas. “Fungsinya selain untuk memecah lemak-lemak yang ada di bawah kulit, dia (X-Wave) juga bisa untuk memperbaiki struktur kulit,” terang dr. Adel.

Menurut wanita kelahiran Jakarta tersebut, X-Wave mampu mengatasi permasalah kulit seperti selulitis, stretchmark, dan cekungan karena struktur kulit yang tidak rata. “Karena vibrasi atau getaran (dari X-Wave) otomatis memperlancar aliran darah dan oksigen yang terhambat,” papar dia.

Dengan demikian, pembuluh darah baru dapat berkembang dan membawa oksigen dan nutrisi ke area yang dapat memberbaiki kulit dan jaringan. Selain itu, alat ini dapat membuang bahan berlebih dan racun dari dalam tubuh dengan cara menstimulasi drainase limfatik.

Sebelum dilakukan tindakan X-Wave yang memakan waktu sekitar 10 menit per area tubuh, pasien diolesi dengan gel terlebih dahulu untuk mempermudah pergerakan mesin tersebut. Getaran dari X-Wave dengan mekanisme penumbukan yang diarahkan pada area kulit atau jaringan tertentu secara fisik dapat memecah lemak dan memperbaiki struktur kulit. Pada saat yang bersamaan, X-Wave juga dapat membantu produksi kolagen untuk kulit yang lebih kencang dan muda.


Pada saat tindakan X-Wave, yang dirasakan oleh pasien agak sedikit sakit dan mungkin dapat menimbulkan memar. Meski demikian, rasa sakit atau memar karena tindakan X-Wave dapat hilang dengan sendirinya. dr. Adel memaparkan bahwa pada 1 kali treatment X-Wave, hasilnya akan lebih terlihat dibandingkan treatment selanjutnya yang tidak begitu signifikan.

BTL Vanquish ME

Menggunakan energi high frequency, BTL Vanquish ME (Maximum energy) berfungsi untuk mengurangi kantong lemak membandel. Vanquish ME yang dapat mengurangi lingkar di sekitar perut dan paha tidak memerlukan kontak dengan area tubuh yang dirawat. “Mesinnya itu mengantarkan panas yang fungsinya untuk mencairkan atau melembekkan lemak yang telah dipecah (lewat) Cellutone,” kata dr. Adel.

“Lemak itu akan lebih cair, nanti (lemaknya) akan masuk ke metabolisme hati sama ginjal. Keluarnya akan lewat pipis atau buang air kecil sama lewat keringat,” tambah dia. Selanjutnya, pasien yang sehabis melakukan treatment Vanquish disarankan untuk banyak minum.

Tindakan Vanquish ME memakan waktu kurang lebih 45 menit. Setiap pasien dapat merasakan hal yang berbeda saat dilakukan tindakan Vanquish ME. Bagi pasien yang tergolong obesitas dengan kadar lemak banyak, maka penyerapan panas dari mesin Vanquish ME akan semakin besar. Namun demiikian, alat Vanquish ME dapat diatur tingkat energinya yang disesuaikan dengan kenyamanan pasien.

Sebelum menjalani tindakan Vanquish ME, pasien diukur BMI atau body mass index-nya terlebih dahulu. dr. Adel memaparkan bahwa pasien yang melebihi BMI lebih dari 30 tidak disarankan untuk melakukan perawatan Vanquish ME. “Karena kalo lebih dari 30 (BMI-nya) itu dia akan terasa panas banget meskipun kita pake energi yang sudah cukup rendah,” imbuhnya.

Baca juga:

dr. Adel mengatakan bahwa pada beberapa kasus yang jarang terjadi, pasien dapat mengalami panniculitis atau peradangan lemak di bawah kulit yang terlihat dari adanya benjolan-benjolan. Namun, itu dapat hilang dengan sendirinya selang beberapa waktu.

BTL Exilis Elite

“Exilis itu basisnya adalah radio frequency sama ultrasound. Radio frequency itu kalo di dunia estetika atau kedokteran (merupakan) energi yang target-nya itu adalah kolagen. Kolagen itu kalo di bagian tubuh fungsinya adalah untuk mengencangkan (kulit),” papar dia.

Selain untuk mengencangkan kulit dan wajah, Exilis Elite juga dapat mengurangi lemak dan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus. Warna kulit yang tidak rata yang disebabkan oleh kolagen yang hilang karena proses penuaan dapat diperbaiki lewat energi panas yang membantu pembentukan kolagen baru. Hasilnya, kulit yang tadinya kendur menjadi kencang dan terlihat lebih muda.

Selain itu, Exilis Elite juga dapat berfungsi untuk meniruskan wajah maupun pipi. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk tindakan Exilis Elite dapat bervariasi tergantung area tubuh yang dirawat. Exilis Elite ini tidak dianjurkan pada orang yang menderita penyakit atau infeksi kulit, atau yang memakai metal setelah habis operasi.

Untuk hasil yang maksimal, perawatan Tripple Slimming yang meliputi X-Wave, Vanquish ME, dan Exilis Elite dilakukan sebanyak 4 kali sesi. Meski demikian, banyaknya perawatan yang dilakukan oleh pasien dapat bervariasi. Setelah menjalani treatment, pasien dianjurkan untuk banyak minum air putih dan tidak melakukan aktivitas berat yang menimbulkan banyak keringat.