Home Beauty Rambut Kering dan Berketombe? Nggak Lagi dengan Perawatan Ini

Rambut Kering dan Berketombe? Nggak Lagi dengan Perawatan Ini

tips cara mengatasi mengurangi masalah rambut berketombe kering rusak bercabang shampo conditioner merawat kesehatan kecantikan salon
Cara mengatasi rambut kering dan berketombe | Foto: Unsplash

Highlight.ID – Untuk menunjang penampilan, perawatan rambut sangat diperlukan agar kerapiannya tetap terjaga. Terutama wanita yang selalu ingin tampil cantik dengan rambut terlihat indah, bersih, dan sehat. Rambut yang tak terurus tentu saja akan merusak penampilan dan tak sedap dipandang. Oleh karena itu, biasanya wanita akan melakukan perawatan meskipun hal itu akan menguras kantong.

Kegiatan yang kita lakukan di luar ruangan tanpa disadari dapat merusak rambut. Salah satunya, yakni masalah rambut kering dan berketombe yang sangat mengganggu. Tanpa perawatan yang tepat, rambut akan semakin rusak dan terlihat tak terurus. Selain merawatnya, kita juga harus mencegah hal yang dapat memperburuk penampilan rambut. Jadi, kenali dahulu apa yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan berketombe.

Kenapa Rambut Kering dan Berketombe?




Rambut rusak biasanya berawal dari kombinasi perawatan yang salah sehingga mengakibatkan kutikula rambut menjadi layu. Hal tersebut dapat merusak korteks rambut yang dapat menjadikan rambut terlihat rusak. Tanda rambut kering yang paling terlihat adalah rambut bercabang, yang mana pada bagian ujung rambut terbelah dan warna rambut terlihat kusam. Pada akhirnya, rambut kering akan menjadi patah dan tidak berkilau lagi.

Sedangkan rambut berketombe berawal dari sel kulit mati yang terkelupas secara berlebihan. Hal ini dikarenakan oleh jamur yang ada pada kulit kepala, kemudian memakan minyak di lapisan epidermis yang mengakibatkan kering pada kulit kepala. Kulit mati yang telah mengelupas dan kemudian jatuh itulah yang disebut dengan ketombe. Jika tidak ditangani dengan tepat, lambat laun akan membuat ketombe semakin parah.

Baca juga:

Penyebab Rambut Kering dan Berketombe

Selain aktivitas di dalam ruangan, banyak juga orang yang beraktivitas di luar ruangan sehingga menyebabkan rambut terpapar sinar matahari. Hal itulah yang membuat rambut menjadi kering. Tanpa disadari, rambut maupun kulit kepala yang kering dapat memicu terjadinya ketombe. Dan inilah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan keduanya.

1. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang buruk dapat membuat rambut kita menjadi kering, karena udara yang kotor tidak bagus untuk kesehatan rambut kita. Selain membuat rambut kering, udara yang kotor bisa juga membuat rambut menjadi rusak dan susah diatur.

2. Hair Dryer

Untuk mempercepat pengeringan rambut, biasanya kita menggunakan hair dryer untuk proses pengeringan rambut agar lebih efektif. Selain bisa membuat rambut mengering lebih cepat, ternyata hair dryer bisa membuat rambut kita menjadi tidak sehat. Lemak yang ada di kulit kepala ikut mengering dan menyebabkan tidak adanya proses pelembaban rambut sehingga menyebabkan rambut kering dan berketombe.

3. Salah Perawatan


Salah perawatan rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Contohnya seperti menggosok-gosok rambut dengan handuk setelah keramas yang bisa membuat rambut menjadi kering dan kusut.

4. Salah Menggunakan Shampo

Terkadang, sebagian orang tidak memperhatikan komposisi yang terkandung dalam shampo yang mereka gunakan. Tanpa disadari, justru hal itulah yang dapat memicu kerusakan rambut seperti rambut kering dan berketombe. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua produk shampo dapat menjadi solusi kedua masalah rambut ini.

5. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang paling disenangi oleh banyak orang. Tetapi berenang juga merupakan faktor yang menyebabkan rambut menjadi kering, karena kolam renang mengandung zat panas dari matahari yang bisa membuat rambut menjadi kusut dan kering. Selain terkena zat panas dari matahari, rambut kamu bakal berinteraksi dengan air dan paparan sinar matahari secara langsung.

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Berketombe

Rambut indah dan berkilau adalah dambaan setiap orang. Bagi kamu yang memiliki masalah rambut kering dan berketombe bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Minyak Kelapa


Minyak kelapa bisa digunakan untuk merawat rambut kering dan berketombe. Selain bisa merawat rambut yang kering dan berketombe, minyak kelapa juga berfungsi untuk menghitamkan rambut. Caranya, cukup oleskan minyak kelapa ke rambut secukupnya, lalu dibiarkan beberapa menit sampai rambut kamu kering. Setelah itu, cuci rambut dengan menggunakan shampo untuk mencegah ketombe atau shampo untuk merawat rambut kering sampai bersih.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat karena memiliki kandungan vitamin C yang dapat menghilangkan masalah pada rambut seperti berketombe dan kering. Cara menggunakannya, peras jeruk nipis, lalu air perasannya dioleskan ke rambut, dan diamkan selama 30 menit. Setelah, itu bilas rambut dengan air dan shampo sampai bersih.

3. Masker Nanas

Selain bisa untuk dimakan, ternyata nanas bisa diolah menjadi masker rambut. Karena nanas memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan rambut, dan bisa mengatasi rambut yang kering dan berketombe. Cara menggunakannya mudah, haluskan saja nanas dengan blender lalu nanas yang sudah halus dioleskan ke rambut, dan diamkan sampai 30 menit. Setelah, itu bilas rambut dengan shampo sampai bersih.

Baca juga:

4. Pace / Mengkudu

Walaupun buah ini mempunyai bau yang tidak sedap, ternyata memiliki banyak manfaat untuk rambut yang berketombe. Cara menggunakannya mudah, tinggal belah buah mengkudu lalu dioleskan ke rambut, tunggu hingga 30 menit. Selanjutnya, bilas rambut dengan shampo.

5. Gunakan Shampo dan Kondisioner yang Mengandung Moisturizing

Jangan asal memilih shampo dan kondisioner untuk masalah rambut yang satu ini. Sebab masalah rambut kering dan berketombe hanya dapat diatasi dengan shampo dan kondisioner yang mampu menghidrasi kulit kepala dengan baik. Sehingga masalah rambut berketombe pun menjadi berkurang bahkan hilang.

6. Gunakan Pelindung Kepala

Hal ini sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Cuaca yang panas dan teriknya matahari dapat memicu terjadinya rambut kering sehingga tak jarang berujung dengan ketombe. Oleh karena itu, disarankan untuk keluar ruangan menggunakan penutup kepala seperti topi, jilbab, maupun scarf. Tentu saja, kebiasaan tersebut akan mengurangi dampak dari panasnya cuaca yang dapat merusak rambut.

Jangan biarkan masalah rambut kering dan berketombe terlalu lama. Hal tersebut dapat merusak rambut semakin parah dan menjadikan penampilan kurang menarik. Cara merawat rambut rusak tidak sesulit yang dibayangkan. Karena bahannya mudah dan sering ditemukan dalam keseharian kita. (ma/hi)



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here