Home Arts Cerita Unik di Balik 23 Nama Merek Terkenal di Dunia

Cerita Unik di Balik 23 Nama Merek Terkenal di Dunia

Sejarah cerita kisah unik di balik nama perusahaan corporate terkenal top dunia beserta makna filosofisnya
Kantor pusat NYX di California, Amerika Serikat | Foto: gensler.com

Highlight.ID – Nama perusahaan bukanlah sekadar kata-kata. Ia memiliki arti dan sejarahnya masing-masing yang bisa menginspirasi dan membuat kita paham bahwa untuk membangun perusahaan itu membutuhkan proses yang tidak bisa dilakukan dalam sekejap mata.

Bagaimana membuat nama perusahaan yang bagus dan unik? Nama perusahaan lebih dari sekadar susunan kata yang terpampang di kartu nama, tertempel di seragam atau terpasang di body mobil. Bukan cuma sekadar kata-kata, nama perusahaan memiliki arti dan filosofinya sendiri yang merupakan bentuk komunikasi kepada khalayak.




Makna yang terkandung dalam nama perusahaan tersebut mempunyai kekuatan yang bisa menginsiprasi perusahaan untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Tak sedikit pemilik bisnis sengaja memilih nama perusahaan yang dianggap membawa hoki dan keuntungan.

Nama-nama Brand Ternama Dunia dan Artinya

1. Facebook

Sebelum dikenal sebagai Facebook, media sosial paling populer ini bernama “The Facebook” pada awal kemunculannya. Nama itu diambil dari lembaran kertas yang dibagikan kepada para mahasiswa dan staff yang ada di Universitas Harvard, tempat Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook, menempuh studi. Sejak tahun 2005 Facebook.com mulai digunakan sebagai situs resmi yang dibeli dengan harga $200,000.

Baca Juga: Buka Usaha? Ini Cara Memilih Nama Brand yang Bagus Disertai dengan Contoh





2. Volkswagen (VW)

Pada era Perang Dunia ke-2, kebanyakan orang Jerman belum bisa membeli mobil. Mereka hanya mampu mengendarai sepeda motor karena pabrik otomotif lebih memilih untuk memproduksi mobil mewah yang diperuntukkan untuk kalangan atas. Hal itu memunculkan ide dan upaya untuk memproduksi mobil yang bisa dibeli oleh banyak orang. Kemudian, lahirlah merek mobil bernama Volkswagen yang artinya “mobil rakyat” dalam bahasa Indonesia atau “people’s car” dalam bahasa Inggris.

3. SONY

Perusahaan SONY yang berasal dari Jepang ini memproduksi berbagai macam peralatan elektronik tercanggih seperti televisi, kulkas, peralatan game hingga produksi rekaman musik. Awal mula kata SONY yaitu dari kata “sonic” yang berarti “suara” dan “sonny” yang artinya “ukuran kecil” atau “anak muda”.

4. H&M

Merek fashion ini sudah sangat populer dan sering terlihat di pusat-pusat perbelanjaan (mall) terkemuka, yaitu H&M. Apa arti dari H&M? Pada tahun 1947, Erling Persson mendirikan toko fashion pertamanya yang bernama “Hennes” di Västerås, Swedia. Dalam bahasa Swedia “hennes” berarti “hers”. Toko tersebut secara eksklusif menjual aneka ragam pakaian fashion khusus wanita. Dalam perkembangannya, Erling Persson membeli retailer pakaian Mauritz Widforss yang kemudian menjual koleksi pakaian pria. Nama toko pakaiannya pun berubah menjadi “Hennes & Mauritz” yang kemudian terkenal dengan fashion brand H&M.

5. PepsiCo

PepsiCo memproduksi dan memasarkan minuman ringan (softdrink) yang dikenal dengan Pepsi. Sebelum bernama Pepsi, merek minuman ini menggunakan nama “Brad’s Drink” yang dipasarkan mulai tahun 1893. Kemudian, merek minuman itu sempat berganti nama menjadi “Pepsi-Cola” pada tahun 1898 dan menggunakan nama “Pepsi” sejak tahun 1961. Pada waktu itu, nama Pepsi-Cola muncul dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minuman yaitu enzim “pepsin” dan “kola nuts”.

Baca Juga: 15 Nama Perusahaan Top Dunia, Ada Sejarah Unik di Balik Penamaannya

6. CNN

Stasiun televisi kabel dan satelit CNN telah diluncurkan sejak tahun 1980 dan berada di bawah naungan perusahaan media Turner Broadcasting System, bagian dari Time Warner. Nama CNN tentu lebih mudah diingat dan populer dibandingkan nama aslinya, yaitu “The Cable News Network”.

7. Danone

Perusahaan asal Perancis Danone memproduksi berbagai macam makanan ringan, minuman, dan pengolahan makanan. Sebelum bertempat di Perancis, Danone memulai sejarahnya sebagai pabrik kecil penghasil yoghurt di Salonica, Spanyol yang didirikan oleh Isaac Carasso pada tahun 1919. Nama perusahaan tersebut diambil dari “Danon”, nama panggilan anaknya, Daniel Carasso.

8. Hyundai

Satu lagi merek populer asal Korea Selatan yaitu Hyundai, produsen otomotif dan engineering yang memproduksi berbagai macam jenis mobil. Perusahaan yang didirikan oleh Chung Ju-yung ini menggunakan nama Hyundai (現代 ) yang berasal dari bahasa Korea (hanja) yang berarti “modernitas”. Makna dari nama Hyundai itu terdengar sangat sesuai dengan cakupan kerja mereka yang mengutamakan teknologi dan inovasi dalam memproduksi mesin.

9. HP

Merek komputer, laptop dan peralatan elektronik seperti scanner dan printer dengan merek HP sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Nama HP merupakan kependekan dari “Hewlett-Packard” yang diambil dari nama sang pendirinya, yaitu William Hewlett dan David Packard.

Baca Juga: 6 Tahapan Membuat Nama Brand yang Bakal Diingat Orang

Sejarah cerita kisah unik di balik nama perusahaan corporate terkenal top dunia beserta makna filosofisnya
Kantor pusat IKEA di Swedia | Foto: smithsonianmag.com

10. IKEA

Perusahaan IKEA asal Swedia ini dikenal dengan produk-produk furniture-nya yang siap rangkai dan memiliki toko yang tersebar di puluhan negara. Tahukah kamu apa arti IKEA? Nama IKEA merupakan akronim atau singkatan dari beberapa inisial kata. Pertama, yaitu dari nama sang pendirinya “Ingvar Kamprad”, lalu kata “Elmtaryd”, tempat di mana ia tumbuh, dan “Agunnaryd”, sebuah desa kecil yang berada di bagian selatan Swedia.

11. Google

Awalnya, perusahaan teknologi yang terkenal dengan search engine-nya ini bernama “BackRub” sebelum akhirnya berganti nama menjadi Google. Nama Google itu sendiri merupakan salah eja dari kata “googol” untuk menekankan search engine yang menyimpan informasi dan data dalam jumlah yang sangat banyak.

12. Lufthansa

Lufthansa yang berasal dari Jerman telah beroperasi sejak tahun 1955 dan menjadi salah satu perusahaan maskapai penerbangan yang terbesar di Eropa. Nama Lufthansa diambil dari kata Jerman “luft” yang berarti “udara” dan bahasa Latin “hansa” yang artinya “perdagangan”.



Baca Juga: 7 Nama Perusahaan Kosmetik Populer dan Makna di Baliknya

13. BP

BP adalah salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia yang berpusat di London, Inggris. Perusahaan tersebut telah menancapkan kukunya di puluhan negara yang produksinya meliputi eksplorasi minyak dan gas, petrokimia, distribusi dan pemasaran hingga perdagangan. Nama BP merupakan singkatan dari nama sebelumnya yaitu “British Petroleum”.

14. Volvo

Perusahaan otomotif bernama Volvo Cars bermarkas di Gothenberg, Swedia yang memproduksi aneka jenis mobil yang berada di bawah naungan Ford Motor Company. Selain Volvo Cars ada perusahaan yang memproduksi truk, bus, dan alat-alat konstruksi dengan nama Volvo Group. Perusahaan tersebut menjual mobil Volvo Cars kepada Ford Motor Company pada tahun 1999 namun keduanya tetap menggunakan nama yang sama. Nama Volvo berarti “I roll” dalam bahasa latin, berhubungan dengan kata “volvere” yang berarti “ball bearing”.

15. DHL

Perusahaan logistik dan pengiriman barang DHL berasal dari Jerman dan telah memiliki kantor cabang di berbagai negara. Nama perusahaan DHL diambil dari inisial nama-nama sang pendirinya, yaitu Adrian Dalsey, Larry Hillblom, dan Robert Lynn.

Baca Juga: Tips Memilih Nama Salon Kecantikan yang Tepat

16. LG

Awalnya, LG dikenal dengan nama dengan Lucky-Goldstar sebelum akhirnya mempopulerkan dirinya dengan slogan Life’s Good. Perusahaan LG Electronics memproduksi berbagai macam perabotan elektronik seperti televisi, AC, kulkas, handphone hingga komponen kendaraan.

17. Canon

Nama Canon yang sering kita lihat terpampang pada berbagai jenis kamera ini dulunya bernama “Kwanon”. Kwanon merupakan dewa Hindu bodhisattva Guan Yin yang merepresentasikan misi perusahaan untuk menciptakan kamera terbaik di dunia. Sebagai pemimpin pasar dalam produksi kamera dan berbagai macam perlengkapan optis dan imaging seperti kamera, fotokopi, scanner, dan printer.

18. Mitsubishi

Perusahaan otomotif ini dikenal dengan simbol tiga berliannya. Mitsubishi yang didirikan oleh Yataro Iwasaki memproduksi berbagai macam mobil dengan mesin yang berkualitas dan bisa diandalkan. Hal itu terkandung dalam simbol yang digunakan oleh Mitsubishi sejak ratusan tahun lalu. Nama itu sendiri berasal dari kata “mitsu” yang berarti “tiga” dan “hishi” yang artinya “chestnut air”, sejenis kacang-kacangan. Dari kata-kata tersebut lahirlah merek mobil bernama Mitsubishi.

19. BASF

BASF, perusahaan kimia yang memusatkan operasionalnya di Ludwigshafen, Jerman dan memiliki anak perusahaan dan joint venture di puluhan negara. Nama BASF merupakan kependekan dari “Badische Anilin und Soda Fabrik” dari bahasa Jerman.

Baca Juga: 10+ Brand Terkenal yang Berkualitas Internasional Ini Ternyata Buatan Indonesia

20. NYX

Perusahaan kosmetik NYX yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat mengambil nama dari dewi Yunani yang menyimbolkan kecantikan dan kekuatan. NYX merupakan bagian dari L’Oréal Group yang menjual berbagai macam produk-produk kecantikan seperti alat-alat makeup untuk wajah, bibir, mata, kuku, dan berbagai macam brushes. Merek kosmetik NYX sering dipakai oleh make up artist profesional yang produk-produknya telah tersebar di puluhan negara.

21. FedEx

Dulunya, perusahaan expor dan impor yang berasal dari Amerika Serikat ini bernama “Federal Express” sebelum berubah nama menjadi Fedex. Perubahan nama tersebut dilakukan pada tahun 2000 dengan logonya yang memiliki simbol tersembunyi berupa panah yang berada di antara huruf “E” dan “x”.

22. Lotte

Shin Kyuk-ho merupakan imigran asal Korea Selatan yang memulai bisnisnya di Tokyo, Jepang dan mendirikan perusahaan bernama Lotte. Tak cuma di Jepang, ia pun melebarkan sayapnya dengan memperluas jaringan bisnis di negara asalnya, Korea Selatan. Mungkin kamu berpikir Lotte diambil dari bahasa Jepang atau Korea Selatan. Padahal bukan. Shin terinspirasi oleh novel karangan Johann Wolfgang von Goethe berjudul “The Sorrows of Young Werther”. Dalam novel tersebut, dikisahkan sebuah karakter bernama Charlotte yang akhirnya menjadi ilham bagi Shin untuk memberi nama perusahaannya.

23. 7-Eleven

Toko ritel yang dikenal dengan istilah convenience store bernama 7-Eleven sangat dikenal di banyak negara. Asal kamu tahu saja, awalnya toko ini bernama “Tote’m” sebelum berganti nama menjadi 7-Eleven. Penamaan tersebut bukannya tanpa sebab. Pada tahun 1946, toko ini buka dari jam 7 pagi hingga 11 malam, 7 hari dalam seminggu. Dari situlah nama 7-Eleven dipakai hingga kini dan mempertahankan nama tersebut meski toko ini buka selama 24 jam.