Home Arts Memulai Karier Sebagai Beauty Vlogger, Gimana Caranya?

Memulai Karier Sebagai Beauty Vlogger, Gimana Caranya?

Tips langkah cara pengalaman cerita menjadi beauty vlogger blogger sukses berhasil
Regina Bundiarti | Foto: Instagram/@reginabundiarti

Highlight.ID – Aktivitas membuat konten seperti menulis blog (blogging) dan bikin video (vlogging) menarik banyak peminat. Tak hanya melatih kreativitas, kegiatan vlogging maupun blogging juga memacu orang untuk mau terus belajar dan meng-update pengetahuannya. Untungnya, sekarang banyak sekali platform di internet yang bisa dimanfaatkan untuk membuat dan membagikan konten-konten bermanfaat.

Baik blogging maupun vlogging menjadi sarana bagi Regina Bundiarti untuk mewujudkan kreasinya berupa konten dengan tema kecantikan. Selanjutnya, berbagai macam konten itu diunggah di platform media sosial seperti Instagram dan YouTube. “Awalnya aku suka makeup terus aku pengin sharing pengalaman ke orang-orang tentang beauty karena masih banyak yang belum mengerti. Jadi sama-sama belajar,” jelasnya kepada Highlight.ID.




Bagi Regina, dunia kecantikan nggak sebatas tentang makeup semata tapi juga perawatan kulit (skin care). “Mempercantik diri nggak melulu tentang [penggunaan] makeup tapi juga lewat skin care yang cantik natural. Intinya adalah bisa merawat diri gitu.”

Kemauan untuk Belajar

Cewek kelahiran Bangka Belitung ini pun menceritakan pengalamannya menjadi beauty vlogger. “Awalnya, setelah aku lulus SMA (sekolah menengah atas), aku mulai tertarik sama yang namanya makeup. Jadi, aku mulai coba-coba [pakai] makeup tapi aku nggak begitu ngerti mereknya, sebenarnya itu bagus ato nggak. Jadi, belajar sendiri,” Regina menceritakan.

Untuk menambah pengetahuannya tentang makeup, pemilik zodiak Aries ini mengaku sering menonton video-video di YouTube yang diunggah oleh beauty vlogger lain yang sudah duluan terkenal. Kemudian, berbekal informasi dari video yang ditontonnya, Regina berupaya untuk mengaplikasikan produk kosmetik di wajahnya sendiri. “Terus aku, apply makeup-nya sendiri di mukaku. Walaupun awalnya kayak nggak bagus, tapi ya, semakin lama, semakin bagus kalo belajar,” ungkapnya.

Baca Juga: Mudah Dipraktikkan, Ini 10 Cara Menjadi Beauty Blogger yang Sukses




Berkarya dan Berbagi

Tak berhenti di situ, Regina yang mempunyai hobi traveling, tidur, dan santai-santai ini mencoba untuk membagikan hasil kreasi makeup-nya di media sosial. “Aku mulai bikin [kanal] YouTube. Walaupun dulu nggak sering [upload video] gitu, tapi aku mulai tekunin sedikit demi sedikit.”

Dari banyaknya media sosial, Regina lebih memilih Instagram dan YouTube untuk membagikan konten-konten yang dibuatnya. “Kalo YouTube, pembahasannya yang lebih intens, lebih lama, dan lebih lengkap.”

Selain membuat konten di YouTube, Regina juga aktif menulis di blog pribadinya www.reginabundiarti.com. Menurutnya, baik menulis blog maupun membuat video bisa saling melengkapi satu sama lain. Regina berujar, “Aku lebih pilih dua-duanya [blogging dan vlogging], sih. Soalnya, nggak semua orang suka nonton, nggak semua orang suka baca. Jadi, aku provide dua-duanya buat audiens aku.”

Bikin Review Produk Kecantikan

Dalam membuat review sebuah produk kecantikan, Regina biasanya mempelajari briefing terlebih dahulu dari sponsor. Ia akan membaca kegunaan dan manfaat produk-produk lewat Instagram, website, maupun online shop resmi dari penjual. “Terus ingredients-nya apa aja. Kalo aku cocok dari segi ingredients, packaging, dan formulanya, aku terima. Dan, aku coba dulu di mukaku,” terangnya.

Baca Juga: 9 Beauty Influencers Indonesia yang Rajin Bikin Video Tutorial Makeup

Tips langkah cara pengalaman cerita menjadi beauty vlogger blogger sukses berhasil
Regina Bundiarti | Foto: Instagram/@reginabundiarti

“Kalo untuk skin care biasanya masa percobaannya lebih lama daripada makeup. Nah, setelah itu baru aku bikin review,” sambung Regina. Adapun review yang diulas oleh Regina yakni mulai dari bahan-bahan yang digunakan, manfaat produk, cara pemakaian hingga hasil sebelum dan sesudah pengapilkasian produk.

Manfaat Vlogging

Regina mengatakan bahwa aktivitas vlogging hingga saat ini masih sebatas hobi. Namun demikian, penggemar Adam Levine ini mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan tersebut. “Pasti aku jadi belajar banyak banget. Belajar skin care, makeup, pokoknya semua tentang beauty. Selain itu, aku juga belajar hal-hal yang sebelumnya aku nggak tahu.”

Keuntungan lainnya yang Regina dapatkan dari vlogging maupun blogging, yakni mendapatkan teman-teman yang belum pernah dikenal sebelumnya. “Terus aku juga ketemu banyak teman baru. Aku juga datang ke event, dan segala macam,” tambah dia.

Selama ini, hambatan yang sering dijumpai Regina dalam membuat konten yakni waktu. “Menurut aku, 1 kali 24 jam itu nggak cukup. Soalnya kalo buat konten itu lebih prefer [waktu] pagi ke sore. Lebih bagus pakai cahaya matahari. Sedangkan sore ke malam itu pakai ring light. Menurut aku, udah kayak beda gitu. Cuma ya, mau nggak mau harus tetap kerja mau pagi atau sore.”

Selanjutnya, Regina berharap untuk dapat terus berkarya dan meraih kesuksesan yang lebih besar. “Harapan aku ke depan, pastinya pengin lebih sukses, lebih bisa banyak berbagi dan bisa jadi inspirasi buat semua orang,” tutup Regina.