Home Beauty Cerita Nur Aisyah Haifani Berbisnis Salon & Spa Muslimah

Cerita Nur Aisyah Haifani Berbisnis Salon & Spa Muslimah

Highlight.ID – Jiwa wirausaha yang dimiliki Nur Aisyah Haifani mendorongnya untuk menekuni bisnis. Awalnya, ia berbisnis laundry and dry cleaning sejak tahun 2002 dan masih bertahan hingga kini. Tak hanya bisnis laundry, Nur Aisyah juga mengembangkan bisnis salon dan spa muslimah.

Suatu hari, ia mendapatkan undangan untuk mencoba perawatan kecantikan di sebuah spa. Ketika itu, sebagai seorang muslimah, Nur Aisyah merasa kaget dan risih karena laki-laki bisa berseliweran di dalam spa. Setelah kejadian itu, Nur Aisyah mulai mencari-cari informasi di internet tentang spa yang hanya diperuntukkan bagi muslimah. Namun ia melihat masih jarang sekali ada salon yang khusus diperuntukkan bagi muslimah.

Selanjutnya, ia pun berpikir untuk mendirikan salon dan spa muslimah di mana para pelanggan terjaga privasinya. Setelah belajar lebih dalam, Nur Aisyah memberanikan diri untuk membuka salon dan spa muslimah tahun 2004. Keputusan tersebut sempat membuat orang-orang terdekatnya keheranan. Pasalnya, Nur Aisyah merupakan lulusan Fakultas Teknik Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta yang pernah bekerja di bidang pertambangan.

“Kalo membuka usaha tentu saja usaha itu mempunyai ciri khas, spesial, nggak sama dengan yang lain. Walaupun sama-sama salon tapi harus mempunyai added value,” kata Nur Aisyah kepada Highlight.ID. Banyak tantangan yang harus dihadapi karena pada awal membuka usaha belum banyak yang tahu tentang konsep bisnis salon dan spa muslimah.

Salon yang diberi nama Az-Zahra pertama kali dibuka di derah Jogokaryan yang diikuti dengan salon kedua di Kauman. Kedua salon itu masih berada di dalam kota Yogyakarta. Az-zahra Salon Muslimah mempunyai tim marketing yang bergerak ke sekolah, kampus hingga masjid sehingga banyak masyarakat yang mulai mengenalnya.

Selain perawatan wajah seperti facial, salah satu jenis perawatan salon yang paling favorit ialah totok wajah. Terdapat 19 titik di wajah yang ditotok. Ada pula layanan makeup wisuda, perawatan tubuh, perawatan menjelang pernikahan, dan lainnya. Sementara produk kecantikan yang biasa dipakai berasal dari merek lokal yang terjamin kehalalannya.

Pernah Bisnis Franchise

Karena banyak yang tertarik untuk membuka bisnis, maka Nur Aisyah menjadikan salonnya sebagai bisnis franchise. Ia pun menyusun buku yang berisi panduan mendirikan bisnis salon muslimah mulai dari perlengkapan yang diperlukan hingga perhitungan laba bisnis

Kemudian, Az-Zahra Salon Muslimah memiliki sejumlah mitra waralaba (franchisee) dengan cabang-cabang yang tersebar di wilayah Yogyakarta. Dalam perkembangannya, setelah berjalan beberapa tahun, Nur Aisyah melihat bahwa konsep bisnis yang dimilikinya tidak cocok untuk di-franchise-kan.

“Tidak semua orang yang punya uang itu punya jiwa bisnis. Kadang-kadang orang merasa kalo udah punya uang, aku sudah bisa berbisnis,” lanjut Nur Aisyah. Adapun sistem bisnis yang diterapkan di salonnya yakni hanya melayani pelanggan muslimah yang termasuk golongan mahram. Hal inilah yang seringkali tidak dipahami oleh para mitra.

Nur Aisyah mengatakan bahwa ia sudah tidak membuka kesempatan binis franchise dengan brand-nya. Namun demikian, ia bersedia membantu mereka yang ingin berbisnis salon muslimah dengan nama sendiri hingga salon itu buka. “Apabila ada orang yang minta tolong untuk mendirikan salon, akan saya sanggupi tapi sudah tidak pakai nama Az-Zahra lagi,” ujarnya.

Dampak Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda penjuru dunia mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan termasuk bisnis salon muslimah yang dikelola Nur Aisyah. Salon harus ditutup karena melibatkan kontak fisik selama perawatan. Meski masih pandemi, salon milik Nur Aisyah sempat buka pada November 2020 namun harus tutup lagi ketika terjadi gelombang Covid-19 di pertengahan 2021.

“Dua tahun kita off, kita merasakan imbas dari Covid itu. Tapi Alhamdulilah karena memang kita pondasi yang kuat, di antaranya yakni untuk berdakwah, pokoke kudu urip meneh karena konsumen pada nyari,” katanya dengan semangat.