Highlight.ID – Saat ini, industri kecantikan di Indonesia sedang mengalami perkembangan pesat dan berada pada masa jayanya. Meningkatnya industri kecantikan secara keseluruhan diiringi dengan meningkatnya penggunaan produk yang hadir di pasar. Dengan variasi produk yang beragam mulai dari produk lokal hingga produk internasional.
Perusahaan-perusahaan kecantikan, baik berskala kecil maupun besar mulai berinovasi dalam menciptakan produk dengan kelebihannya masing-masing. Namun, dengan meningkatnya inovasi dan variasi produk yang beragam, secara tidak sadar hal tersebut dapat berdampak kepada lingkungan sekitar seperti limbah produksi, sampah kemasan, dan lainnya.
Kini, banyak masyarakat di Indonesia sudah mulai sadar akan produk ramah lingkungan, di mana terlihat meningkatnya permintaan akan produk berkonsep cruelty-free hingga eco-friendly. Untuk mendukung gaya hidup yang berkelanjutan, COSMAX Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik Korea di Indonesia, menghadirkan konsep Conscious Beauty pada bagian proses bisnis perusahaan.
Baca Juga:
RAENA & COSMAX Perluas Jaringan Bisnis & Distribusi di Pasar Kosmetik
Conscious Beauty merupakan gerakan pendekatan bijakasana terhadap produk kecantikan yang digunakan sehari-hari, sadar akan seluruh aspek yang terkait berupa manusia, hewan, kesehatan bumi, dan tanggung jawab akan lingkungan secara keseluruhan. Dengan menghasilkan produk berkelanjutan, ramah lingkungan, aman, dan fokus terhadap seluruh aspek etika.
Salah satu bagian aspek penting dari penerapan Conscious Beauty yaitu penggunaan kemasan ramah lingkungan. COSMAX Indonesia mulai menerapkan kemasan ramah lingkungan dengan menghadirkan pilihan kemasan berbahan dasar PCR yaitu Post-Consumer Recycled. Ini merupakan kemasan produk berbahan dasar daur ulang yang kemudian dapat digunakan sebagai kemasan utama produk jadi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing produk dengan bentuk seperti tube, bottle, case, jar dan lainnya.
Kemudian, COSMAX Indonesia juga memiliki pilihan kemasan one material packaging untuk memudahkan pengolahan setelah produk sudah habis dan tidak digunakan lagi. Serta, pilihan kemasan isi ulang (refill) dengan tujuan untuk memaksimalkan penggunaan dan mengurangi jumlah sampah berlebih yang dihasilkan oleh suatu produk.
“COSMAX Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik global berkomitmen untuk menghasilkan produk berkualitas dan mendukung industri yang sadar akan lingkungan serta terus melakukan peningkatan penggunaan produk ramah lingkungan dalam berpartisipasi mengembangkan industri kecantikan yang berkelanjutan.” jelas Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur COSMAX Indonesia.
Dengan menerapkan Conscious Beauty, COSMAX Indonesia tidak hanya terfokus dalam menghasilkan produk kecantikan yang inovatif, namun juga ikut turut berinovasi terhadap kontribusi lingkungan berkelanjutan. Oleh karena itu, diharapkan dengan menjadi salah satu pioneer Conscious Beauty di Indonesia, hal tersebut juga bisa diterapkan oleh seluruh pemangku kepentingan bagi setiap industri terkait. Sehingga peningkatan industri kecantikan di Indonesia juga dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar.