Home Beauty Cosmobeauté Indonesia 2018, Surga Bagi Pecinta Produk-produk Kosmetik

Cosmobeauté Indonesia 2018, Surga Bagi Pecinta Produk-produk Kosmetik

pameran seminar bazaar workshop demo event terbesar beauty salon spa therapist hairstylist makeup artist mua speakers narasumber pembicara cosmobeaute info jadwal kegiatan acara rundown fashion kecantikan kosmetika venue
Demo makeup pada event Cosmobeauté 2018 | Foto: Dok. Highlight.ID

Highlight.ID – Indonesia merupakan pasar potensial bagi produk-produk kosmetika karena memiliki iklim yang tropis dan penduduk ratusan juta jiwa. Kesadaran masyarakat terhadap penampilan juga mendorong pertumbuhan produk-produk kecantikan yang semakin banyak di pasaran. Hal itu dikemukakan oleh E. Ratna Utarianingrum, Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kementerian Perindustrian, dalam sambutannya pada pembukaan Cosmobeauté Indonesia 2018 tanggal 11 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Menurut Ratna, berdasarkan data dari Kementrian Perindustrian tahun 2016, nilai ekspor industri bahan kosmetik dan kosmetik termasuk pasta gigi yaitu sebesar 331.244.801 USD. Ratna menambahkan bahwa di Indonesia saat ini tak kurang dari 760 perusahaan kosmetik yang tersebar di seluruh Indonesia dan mampu menyerap tenaga kerja.




Produk-produk kosmetik Indonesia juga sukses menembus pasar internasional ke beberapa negara seperti Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Spanyol, dan beberapa negara di Asia Tenggara dan Timur Tengah. Produk-produk kecantikan tersebut meliputi essential oils, toilette, sabun, produk-produk kulit dan wajah, serta parfum atau cairan pewangi.

Ratna mengatakan, “Industri kosmetik menjadi salah satu industri andalan yaitu industri prioritas yang berperan besar sebagai penggerak utama perekonomian”. Selanjutnya ia berharap bahwa industri kosmetik dapat mencapai kemandirian bahan baku terutama yang berbasis sumber daya alam.

Baca juga:

“Pemerintah berupaya meningkatkan produksi, investasi, dan iklim usaha secara optimal. Untuk itu, mari kita bekerja keras, saling dukung antarsektor dan dengan sektor lainnya terutama untuk meningkatkan industri nasional khususnya industri kosmetik”, papar Ratna.

Sedangkan Direktur Pengawasan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Arus Setiono mengatakan bahwa dalam 6 bulan terakhir ini BPOM menemukan ratusan miliar kosmetik ilegal. Menurut Arus, peredaran kosmetik ilegal tersebut menganggu perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, Arus berharap agar event Cosmobeauté kali ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa mengonsumsi kosmetik ilegal itu sangat berbahaya.

Demo makeup pada event Cosmobeauté 2018 | Foto: Dok. Highlight.ID

Sementara itu, Juanita Soerakoesomah, Direktur PT Pamerindo Indonesia dalam keterangan tertulisnya mengatakan, “Cosmobeauté melanjutkan komitmennya menjadi platform sourcing yang paling handal bagi para pelaku industri kecantikan untuk mengeksplorasi bisnis dalam spektrum industri estetika, perawatan kecantikan, kosmetika, perawatan rambut, perawatan kuku, dan spa. Tahun ini, kami mengalami pertumbuhan dengan bertambahnya peserta pameran dan melakukan peningkatan dengan lebih mendekatkan para peserta pameran dengan pengunjung”.

Seminar dan Workshop Kecantikan

Cosmobeauté Indonesia 2018 menghadirkan beragam seminar untuk menambah ilmu dan pengetahuan tentang dunia kecantikan. Seminar tersebut diisi oleh para pembicara yang berkompeten di bidangnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Beberapa tema seminar kecantikan pada Cosmobeauté 2018 kali ini yaitu “Makeup Class with Tasya Farasya”, “New Trend in Anti-Aging” (Hersey Plastic Surgery), “Innovative Acne Treatment Professional Prebiotic Therapy” (Meder Beauty International), “Hifu Technology for Body Sculpturing” (PT Beauty Medika), “Prospective Business Opportunity in All Aspect of Eyelash & Eyebrow Industry” (Revilalash Advanced USA).


Ada pula tema-tema lain seperti “New Technology of Skin and Hair Analysis” (PT Kemiko Indonesia), “The Newest Korean Trend: Glass Skin and Baby Glow Laser Make Your Skin Glow Like Glass in 30 Minutes” (PT Espro International), “How to Make Profitable Business with Your Own Korean Formula Skincare” (PT Lipwih Synergylab Estetika), “Safe and Effective Facial Bone Surgery” ( EU), “Korean Cartridgeless HIFU and Nano Bubble Technology as an Innovative and Effective Anti Aging Care” (Newsha), dan “Nail Art Trend” (Nail Art House).

Selain seminar, pengunjung juga dapat memperdalam pengetahuan tentang kecantikan lewat workshop-workshop dengan beragam tema. Beberapa di antaranya yaitu “Halal Certification Procedure for Cosmetics” dan “Halal Critical Point for Cosmetics” oleh LPPOM MUI.

Acara-acara di Cosmobeauté 2018 yang menjadi pusat perhatian di antaranya yakni Indonesia Beauty Icon Awards dan 4th ASEAN Creative Hair & Styling Photo Competition 2018 yang berkolaborasi dengan Asian Hair Masters Association (AHMA), dan lainnya.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menyaksikan peragaan atau demo makeup secara langsung yang ditunjukkan oleh para makeup artist (MUA) profesional. Beberapa demo makeup di Cosmobeauté yaitu “International Bridal Korean Look Flawless”, “The Celebrity Look”, “Gorgeous Smokey Eyes for International Bridal”, “Bridal Makeup & Hair Do”, dan “Day to Night Makeup”.

Berbagai macam produk kecantikan dari brand-brand dalam maupun luar negeri tersedia di Cosmobeauté seperti peralatan makeup, skincare, perawatan rambut, alat-alat salon, perlengkapan spa, dan lainnya. Produk-produk kosmetik tersebut dijual secara langsung oleh manufaktur, exporter, distributor tunggal, agen, maupun supplier.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here