Home Arts Creator Fest 2019: Ajang Kreativitas untuk Mengekspresikan Makna Uang

Creator Fest 2019: Ajang Kreativitas untuk Mengekspresikan Makna Uang

event lomba kompetisi film pendek ilustrasi desain fotografi permata bank creator fest kreativitas memaknai bicara uang finansial kriteria syarat pendaftaran pengumuman tahapan pemenang peserta umum
(kanan-kiri) Muklay (Visual Artist), Ivy Widjaja (Head of Customer Segmentation and Marketing PermataBank), Anton Ismael (Praktisi Fotografi, Founder Kelas Pagi dan Third Eye Space), dan Yandy Laurens (Film Maker dan salah satu Co Founder Cerita Films) | Foto: Ist.

Highlight.ID – Kepedulian PermataBank untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan masyarakat yakni dengan menjalankan kampanye #BicaraUang Creator Fest. Tujuan diadakannya acara ini yakni untuk memberikan wadah bagi generasi muda di seluruh Indonesia dalam berkarya. Lewat karyanya yang berbentuk film pendek, fotografi, dan ilustrasi, para generasi milenial memberikan edukasi seputar finansial.

Ivy Widjaja, Head Customer Segmentation & Marketing PermataBank, mengatakan bahwa Creator Fest yang telah berjalan sejak tahun 2017 merupakan cara PermataBank untuk menanamkan pentingya pemahaman uang sejak dini lewat cara-cara yang berbeda. Hal itu dilakukan agar pemahaman tentang uang dapat diterima dengan baik khususnya generasi muda.

Baca juga:

“Ayo kita bicara uang karena pengetahuan tentang uang itu penting. Jadi kita berusaha mengambil angle yang berbeda, dengan cara yang berbeda untuk memberikan impact yang lebih luas,” kata Ivy dalam acara Media Gathering #BicaraUang Creator Fest 2019 di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (28/3).

”PermataBank selalu konsisten dalam memberikan yang terbaik untuk nasabah dan tentunya seluruh masyarakat Indonesia. Kami ingin inisiatif-inisiatif yang kami lakukan dapat terus mengedukasi secara luas, khususnya generasi milenial agar kita semua dapat memaknai permasalahan finansial secara lebih open minded, seperti salah satunya melalui acara #BicaraUang Creator Fest 2019. Kami ingin banyak generasi muda punya wadah untuk menuangkan kreatifitas dalam memaknai keuangan,” tambahnya.

Tahun ini, Creator Fest yang dilaksanakan untuk yang ke-3 kalinya mengajak para creator muda untuk dapat memberikan kontribusi sosial dalam bentuk lelang amal lewat karya yang mereka ciptakan. Creator Fest 2019 terdiri dari tiga kategori kompetisi yakni film pendek, fotografi, dan ilustrasi.

Rangkaian acara Creator Fest 2019 meliputi beberapa tahapan yang dimulai dengan Creator Hunt yang dilaksanakan pada tanggal 31 Maret – 31 Mei 2019. Tahapan ini merupakan ajang pencarian bakat creator yang mempunyai pandangan baru, ide, dan kreativitas yang mengandung pesan tentang uang. Selanjutnya, akan dipilih karya-karya terbaik yang telah dikirimkan melalui website www.creatorfest.id.

Tahapan berikutnya, yakni Creator Camp yang berlangsung tanggal 24 Juni – 31 Juli 2019 di Jakarta Creative Hub. Para creator yang lolos seleksi sebanyak 30 orang akan menjalani semacam pelatihan berupa Camp & Coaching selama beberapa hari. Dalam kurun waktu tersebut, para creator harus bisa menghasilkan karya baru di bawah arahan para mentor.

“Nanti akan terpilih 30 orang finalis yang akan masuk di tiga kelas, masing-masing 10 orang untuk belajar mengenai fotografi, pembuatan film sama ilustrasi,” papar Ivy. Lewat program pelatihan tersebut, para creator terpilih diharapkan dapat lebih percaya diri dan kreatif dalam berkarya. Tak hanya itu, para creator juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru dari para mentor yang ahli di bidangnya masing-masing.

Adapun para mentor yang akan membimbing para creator yakni Anton Ismael dari Kelas Pagi untuk Creative Photography, Yandy Laurens dari Cerita Films untuk Skenario Film, Goen Rock untuk Teknis Videografi, GFC untuk Creative Fashion, dan Muklay utuk Ilustrasi.

Selanjutnya, Creator Fest yang diselenggarakan tanggal 14 – 15 Agustus 2019 merupakan tahap final di mana para creator berkesempatan untuk memamerkan dan mempresentasikan karyanya. Selain itu, diadakan pula proses lelang dari beberapa karya mereka yang hasilnya disumbangkan ke badan amal kemanusiaan. Acara puncaknya yakni PermataBank Wealth Wisdom 2019 yang akan dilangsungkan di bulan Agustus 2019.

”Ajang seperti Creator Fest 2019 ini pastinya sangat dibutuhkan oleh anak-anak muda kreatif untuk dapat mengeksplorasi bakat mereka secara lebih mendalam dan jauh. Apalagi dari PermataBank juga berkolaborasi dengan creator-creator yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing, jadi mereka semua memiliki wadah untuk berbagi dan berdiskusi untuk dapat menciptakan karya yang menghibur dan juga mengedukasi,” ujar Muklay, Visual Artist yang merangkap sebagai Coach untuk acara Creator Fest 2019.

Sementara itu, Anton Ismael mengatakan bahwa para creator harus mampu menciptakan karya-karya yang sifatnya personal dan dekat dengan kehidupannya sehari-hari. Dengan kata lain, karya-karya yang dihasilkan tak lepas dari pengalaman yang mereka rasakan dan alami sendiri. Dengan demikian, pesan yang ingin disampaikan dapat lebih diterima oleh audiens.