Home Business Pas Buat Nongkrong, Inilah 5 Coffee Shop Paling Populer di Indonesia

Pas Buat Nongkrong, Inilah 5 Coffee Shop Paling Populer di Indonesia

Daftar coffee shop kedai kopi populer favorit terkenal indonesia internasional jaringan menu makanan minuman
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Mike Kenneally

Highlight.ID – Ada kebiasaan orang perkotaan yang sering sekali dilakukan baik di saat senggang maupun bekerja, yakni nongkrong di kedai kopi. Kelaziman yang dilakukan oleh kalangan menengah atas ini seolah sudah menjadi gaya hidup yang tak bisa lepas dari kaum urban. Gak hanya duduk-duduk santai sambil menyesap lezatnya minuman kopi, orang yang datang ke coffee shop juga untuk bekerja. Itulah kenapa kamu bakal melihat ada sebagian orang yang asyik dengan laptopnya saat berada di kedai kopi.

Berbicara tentang kedai kopi, maka tak lengkap jika membicarakan aneka menu yang tersedia. Selain menyajikan minuman kopi, kedai kopi juga menawarkan jenis minuman lainnya bagi mereka yang tidak menggemari kopi. So, bisa dibilang bahwa kedai kopi ini juga bisa disambangi oleh siapa saja. Sembari menikmati kopi, kamu juga bisa mencoba bermacam-macam makanan ringan yang disajikan secara cepat.




Kedai kopi menjadi pilihan bagi sebagian orang karena juga menghadirkan suasana yang nyaman. Ada beragam fasilitas penunjang yang bisa dinikmati mulai dari interior yang bagus hingga akses WiFi gratis. Okey, inilah dia kedai kopi paling populer di Indonesia yang menjadi pilihan buat nongkrong.

Kedai Kopi Paling Favorit di Indonesia

1. McCafé

Daftar coffee shop kedai kopi populer favorit terkenal indonesia internasional jaringan menu makanan minuman
Ilustrasi | Foto: Instagram/@mccafesg

Tak hanya dikenal dengan burgernya, McDonald’s juga mempunyai kedai kopi yang bernama McCafé. Konsep kedai kopi ini diperkenalkan oleh Ann Brown, seorang pemegang lisensi McDonald’s. Pertama kali dibuka di Melbourne, Australia, McCafé umumnya berada di dalam satu gedung bersama outlet McDonald’s. Namun ada satu kedai kopi yang berbeda, yakni McCafé yang berada di daerah Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Baca Juga: 5 Macam Kopi Spesialti di Indonesia dengan Aromanya yang Khas





Dengan konsep baru, McCafé TB Simatupang yang masih berada satu kompleks dengan restoran McDonald’s mempunyai gedung atau bangunan terpisah. Uniknya, McCafé TB Simatupang dibangun dengan kontainer daur ulang yang ramah lingkungan. Kopi yang disajikan McCafé menggunakan 100 persen biji kopi Arabica yang langsung didatangkan dari Brasil.

Menu McCafé yang tersedia di antaranya yakni minuman dingin seperti Iced Café Matcha Fushion, Iced Choco Frappe, Iced Hazelnut Frappe, Iced Coffee, Iced Caramel Latte, dan lainnya. Ada pula minuman panas seperti Hot Café Latte, Hot Caramel Latte, Hot Flat White, Hot Chocolate, dan lain-lain. Harga minuman di McCafé bervariasi mulai dari Rp19 ribu hingga Rp39 ribu. Tersedia juga aneka makanan ringan seperti Choco Chip Muffin, Klepon Cake, Cheese Croissant, Chicken Curry Puff, dan Tuna Puff Pastry.

2. Starbucks

Daftar coffee shop kedai kopi populer favorit terkenal indonesia internasional jaringan menu makanan minuman
Ilustrasi | Foto: Instagram/@starbucksindonesia

Menjadi kedai kopi paling terkenal di dunia, Starbucks yang berdiri pada tahun 1971 di Seattle, Amerika Serikat menyajikan aneka kopi dengan rasa yang bervariasi. Menu kopi espreso Starbucks yang disajikan oleh barista di antaranya yakni Caffe Mocha, Cappuccino, Asian Dolece Latte, Risretto Bianco, dan minuman lain dengan ribuan kombinasi yang menarik untuk dicicipi.

Starbucks didirikan oleh seorang penulis bernama Gordon Bowker bersama dua rekannya, Jerry Baldwin, dan Zev Siegl. Nama Starbucks itu sendiri terinspirasi dari sebuah buku novel karya Herman Melville, “Moby Dick”. Sedangkan logo Starbucks yang sangat ikonik menampilkan simbol putri duyung dengan ekor kembar.

Tak hanya menjual minuman kopi, Starbucks juga menyediakan minuman lainnya seperti teh dan produk siap minum yang dikemas dalam botol. Sedangkan menu makanan ringan yang tersedia yaitu Chocolate Croissant, Srikaya Swirl Sandwich, Cinnamon Roll, Tuna Puff, dan sebagainya. Starbucks juga menjual beraneka macam merchandise yang bisa menjadi souvenir seperti mug, peralatan menggiling kopi dan teh, tumbler, dan aksesoris.

Baca Juga: Langkah Jitu Membangun Bisnis Kuliner yang Nggak Ada Matinya

3. J.CO Donuts & Coffee

Daftar coffee shop kedai kopi populer favorit terkenal indonesia internasional jaringan menu makanan minuman
Ilustrasi | Foto: Instagram/@jcoindonesia

Gerai pertama J.CO Donuts & Coffee berdiri pada tahun 2006 setelah melewati serangkaian penelitian dan pengembangan. Selanjutnya, J.CO Donuts & Coffee yang dimiliki oleh Johny Andrean seolah tak terbendung. Cabangnya yang jumlahnya ratusan dapat dengan mudah ditemukan di kota-kota besar. Lebih dari itu, J.CO Donuts & Coffee juga telah melebarkan sayapnya ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia, China, Filipina, dan Singapura.

Merek asli Indonesia ini ternyata mampu bersaing dengan perusahaan waralaba lain yang sudah mendunia sebelumnya. Tak hanya menyajikan donat dengan aneka rasa dan varian topping, J.CO Donuts & Coffee juga menghadirkan kopi yang dapat dijadikan teman saat bersantai. Awalnya, J.CO Donuts & Coffee mendatangkan biji kopi dari Italia namun kemudian lebih memilih biji kopi lokal. J.CO Donuts & Coffee juga menggunakan biji kopi Arabica terbaik yang didatangkan dari Kolombia dan Ethiopia.



Membidik kalangan menengah ke atas, J.CO Donuts & Coffee yang banyak ditemui di mal-mal memberikan suasana kedai yang nyaman. Beberapa fasilitas yang tersedia seperti sofa empuk, pendingin ruangan, dan akses internet gratis tanpa kabel. Lalu menu apa saja yang ada di J.CO Donuts & Coffee? Menu minuman kopi yang bernama J.Coffee di antaranya yakni Cafe Latte, Avocado Frappe, Espresso, Caramel Jcoccino, Macchiato, Mocha Espresso, dan lainnya.

4. Excelso Coffee

Daftar coffee shop kedai kopi populer favorit terkenal indonesia internasional jaringan menu makanan minuman
Ilustrasi | Foto: Instagram/@excelsocoffee

Merupakan anak perusahaan Kapal Api Group, Excelso membuka gerai pertamanya di Plaza Indonesia, Jakarta pada tahun 1991. Excelso yang menargetkan penggemar kopi dari kalangan menengah ke atas selanjutnya memiliki lebih dari 120 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Hanya dapat ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan tertentu, Excelso menyajikan kopi yang masih berbentuk biji dan baru digiling ketika hendak diseduh agar kualitas dan cita rasanya terjaga.

Baca Juga: 7 Restoran Fast Food Populer di Dunia yang Ada di Indonesia

Beragam jenis kopi yang bisa dinikmati di Excelso mulai dari kopi Indonesia hingga kopi internasional. Kopi Indonesia di antaranya yakni Kopi Luwak, Kalosi Toraja, Java Estate, Sumatra Mandheling, dan Kopi Lanang Toraja. Konsumen juga dapat mencicipi aneka kopi internasional seperti Brazilian Santos 3, Jamaican Blue Mountain, dan Columbia Supremo.

Terdapat pula menu minuman lainnya yakni Excelso House Blend, Decaff Special, Premium Robusta, Afternoon Blend, dan Supremoo Excelso Blend. Sementara mereka yang tidak menyukai kopi dapat minum teh atau minuman yang dibuat dari buah. Beragam jenis minuman dengan campuran kopi yang ada di Excelso dapat disajikan panas atau dingin sesuai selera pelanggan.

5. The Coffee Bean & Tea Leaf

Daftar coffee shop kedai kopi populer favorit terkenal indonesia internasional jaringan menu makanan minuman
Ilustrasi | Foto: Instagram/@coffeebeanindonesia

Momen bulan madu Herbert Hyman bersama istrinya di Swedia ternyata membawa kisah tersendiri. Mereka berdua menemukan kopi dengan kualitas yang bagus dan mengimpornya ke negara Amerika Serikat. The Coffee Bean & Tea Leaf yang berdiri pada tahun 1963 sering disebut juga dengan “Coffee Bean” atau “The Coffee Bean”. Berkantor pusat di Los Angeles, California, The Coffee Bean & Tea Leaf kini dikelola oleh Jollibee Foods Corporation.

Kopi yang disajikan oleh The Coffee Bean & Tea Leaf terdiri dari 7 kategori yakni Light & Subtle, Light & Distinctive, Medium & Smooth, Dark & Distinctive, Decaffeinated, Flavored, dan Reserve. Sedangkan minuman teh ada 5 macam yaitu Green Tea, Black Tea, Oolong tea, Herbal Infusion, dan Decaffeinated Tea. The Coffee Bean & Tea Leaf telah beroperasi di lebih dari 30 negara di dunia termasuk salah satunya Indonesia.