Home Arts 100+ Daftar Media Partner Terlengkap untuk Promosikan Event Kamu

100+ Daftar Media Partner Terlengkap untuk Promosikan Event Kamu

daftar media partner terlengkap indonesia lokal event kampus sekolah pentas seni terbaru update media sosial medsos email blast sistem barter mou memorandum of understanding instagram facebook twitter perjanjian fashion konser pameran seminar
Ilustrasi event | Foto: Unsplash/Pablo Heimplatz

Highlight.ID – Event yang sukses salah satu indikatornya adalah jumlah pengunjung yang hadir mencapai atau bahkan melampaui target yang telah ditentukan. Demi menunjang kesukesan sebuah acara/kegiatan baik itu konser musik, seminar, fashion show, bazaar atau pameran, maka pihak penyelenggara event umumnya menjalin kerja sama dengan pihak lain yang disebut dengan media partner. Kerja sama media partner ini sangat diperlukan agar informasi event terbaru yang hendak diselenggarakan dapat tersebar luas.

Bentuk kerja sama media partner ditentukan berdasarkan perjanjuan atau memorandum of understanding (MoU) antara kedua belah pihak, yakni penyelenggara event dan media. Dalam MoU tersebut, dimuat beberapa pasal-pasal atau ketentuan yang mengatur pelaksanaan media partnership. Dengan MoU pula, masing-masing pihak mengetahui kewajiban yang harus dijalankan.





Bicara tentang media, saat ini ada beragam jenis media mulai dari cetak, elektronik seperti radio dan televisi serta online. Masing-masing media memiliki kelebihan maupun kelemahan sehingga untuk memilih media partner yang tepat dibutuhkan pertimbangan yang matang.

Untuk mendapatkan media partner, langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan mengirimkan proposal penawaran kerja sama kepada media yang bersangkutan. Selanjutnya, hubungi media itu untuk mengetahui keputusannya, apakah mereka bersedia menjadi media partner atau tidak.

Baca Juga:




Tujuan Sponsorship, Mulai dari Citra Perusahaan Hingga Mendorong Penjualan

Pengelola media saat ini sudah memanfaatkan kemudahan berinteraksi dengan khalayak lewat media sosial. Sehingga, dapat dipastikan bahwa sebagian besar media juga memiliki akun media sosial. Dengan demikian, informasi event-event terbaru dapat disampaikan oleh media partner lewat saluran (channel) yang bervariasi. Di pihak lain, penyelenggara event memberikan kontraprestasi berupa pemasangan logo pada media-media promosi atau pengucapan nama media secara lisan (adlibs).

Beberapa pertimbangan dalam memilih media partner yang tepat di antaranya yakni kesesuaian antara konsep acara dengan segmen pembaca media. Selain itu, pastikan bahwa calon media partner mampu bekerja sama secara profesional. Inilah daftar media partner yang dapat mempromosikan event-event yang kalian selenggarakan.

Cari Media Partner untuk Diajak Kerja Sama?