Home Business 7 Portal Pencari Kerja Tepercaya Sediakan Informasi Lowongan Kerja Terbaru

7 Portal Pencari Kerja Tepercaya Sediakan Informasi Lowongan Kerja Terbaru

Daftar situs website pencari kerja informasi lowongan perusahaan job vacancy
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Burst

Highlight.ID – Tidak ada yang lebih mudah selain melamar pekerjaan secara online. Selain banyak informasi lowongan pekerjaan (loker), internet juga memungkinkan orang untuk mencari pekerjaan yang tersedia di seluruh wilayah di Indonesia. Keuntungan lainnya, kamu nggak perlu repot mencetak atau memfotokopi dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk melamar kerja.

Namun demikian, mencari pekerjaan di internet nggak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, banyak sekali website yang belum tentu memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Jika tidak hati-hati, kamu bisa menjadi korban penipuan oleh pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan dengan cara yang tidak benar. Ada banyak perusahaan fiktif yang menawarkan pekerjaan yang belum tentu sesuai dengan posisi yang ditawarkan.




Contohnya, perusahaan yang menawarkan posisi Public Relations Staff, padahal pekerjaan yang sebenarnya bukan itu melainkan Sales Marketing Forex. Oleh sebab itu, pastikan kamu mencari informasi lowongan pekerjaan hanya di portal-portal pencari kerja yang sudah dipercaya oleh banyak orang. Portal pencari kerja menyediakan infornasi yang dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan pekerjaan.

Kamu juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan lainnya dengan memanfaatkan portal pencari kerja. Selain posisi pekerjaan, kamu juga akan mendapatkan informasi penting seperti kriteria dan persyaratan yang diperlukan dan kisaran gaji yang ditawarkan. Portal-portal pencari kerja biasaya mengirimkan newsletter berisi informasi pekerjaan terbaru yang dikirimkan lewat email.

Daftar Situs Pencari Kerja




1. JobStreet.com

Berdiri pada tahun 1997, JobStreet merupakan perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan yang berasal dari Malaysia. Selain di Malaysia, JobStreet juga beroperasi di sejumlah negara di kawasan Asia termasuk Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Singapura. JobStreet yang menjadi bagian dari SEEK Limited mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Di situs jobstreet.co.id, kamu bisa mencari lowongan pekerjaan dengan mudah berdasarkan lokasi, jabatan, kata kunci, perusahaan atau spesialisasi pekerjaan. Beberapa spesialisasi pekerjaan yang tersedia di antaranya Akuntansi, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Pelayanan, Teknik hingga Manufaktur.

Selain lewat website, kamu juga bisa mendapatkan informasi lewat aplikasi JobStreet yang bisa diunduh di smartphone. Setelah melamar kerja, jika beruntung, kamu akan mendapatkan panggilan dari perusahaan untuk mengikuti tes kerja.

2. JobsDB.com

Mencari informasi lowongan kerja bisa dilakukan lewat situs JobsDB.com. Situs pencari kerja ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi. JobDB menjadi salah satu portal lowongan kerja terkemuka khususnya di wilayah Asia. Selain di Indonesia, JobsDB juga beroperasi di China, Hong Kong, Filipina, dan Singapura.

Baca Juga:
Cari Kerjaan Desainer Grafis? 7 Lapangan Pekerjaan Ini Menarik Untukmu

Pencari kerja bisa melakukan registrasi secara gratis dan kemudian membuat profil pribadi dan curriculum vitae (CV) yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Terdapat berbagai macam jenis pekerjaan yang bisa dipilih sesuai minat dan bidang yang dikuasai. JobDB menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna untuk mencari pekerjaan berdasarkan lokasi, jabatan dan perusahaan. Terdapat pula fitur Job Alert yang memberikan notifikasi kepada pengguna apabila ada informasi lowongan pekerjaan terkini.

3. Glints

Glints yang merupakan perusahaan startup penyedia layanan karier asal Singapura telah hadir di Indonesia sejak 2016. Platform ini mempunyai tujuan untuk membantu generasi muda khususnya fresh graduate untuk mengembangkan karier sesuai dengan minatnya. Bagi perusahaan, Glints menjadi sarana yang tepat untuk mendapatkan talenta muda berkualitas.

Tak hanya sekadar portal pencari kerja, Glints juga memberikan kesempatan bagi anak muda untuk mengembangkan kariernya. Glints menyelenggarakan magang, pelatihan, proyek paruh waktu di mana pencari kerja bisa mengasah keterampilannya.

Terdapat pula fasilitas penunjang seperti Live Career Consultations, layanan chatting untuk konseling karier. Glints juga menyediakan layanan Dynamic Career and Skills Path Explorer yang memberikan informasi tentang keahlian yang dibutuhkan dari sebuah profesi.

4. Kalibrr



Didirikan di Filipina, Kalibrr merupakan perusahaan yang menggabungkan platform berbasis artificial intellegence (AI) dan layanan employer branding. Lewat platform ini, perusahaan bisa menampilkan nilai-nilai mereka dan mendapatkan kandidat yang tepat. Kalibrr yang hadir di Indonesia sejak 2016 menawarkan tes soft skill secara online sesuai dengan spesialisasi kandidat.

Para pencari kerja maupun perusahaan yang mencari kandidat bisa mendaftar di Kalibrr dengan email. Bagi pencari kerja, mereka bisa membuat resume dan CV untuk melamar pekerjaan. Selanjutnya, mereka bisa memilih jenis pekerjaan yang diminatinya. Ada berbagai macam bidang pekerjaan mulai dari Administrasi, IT and Software, Customer Service, Education and Training dan lainnya.

5. Karir.com

Boleh dbilang, Karir.com termasuk portal pencari kerja yang paling awal muncul di Indonesia. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1999 dan menjadi bagian dari Emtek Group sejak Desember 2014. Di portal Karir.com, kamu bisa menemukan berbagai macam pekerjaan. Melalui email, kamu akan mendapatkan rekomendasi lowongan pekerjaan sesuai dengan resume yang dibuat.

Karir.com juga menyediakan akses gratis dan fitur pengembangan karier oleh ahli Psikologi. Terdapat pula info program khusus dan Management Trainee perusahaan nasional dan multinasional. Selain itu, Karir.com juga menyediakan layanan Pengembangan Diri termasuk Tes Inggris, Tes Minat, dan Tes Gaya Komunikasi.

Baca Juga:
Profesi Menarik yang Bisa Kamu Jalani untuk Alumni Jurusan Psikologi

6. Jobs.id

Jobs.id merupakan portal pencari kerja yang menjalin kerja sama dengan Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia. Lewat situs Jobs.id, masyarakat memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikannya. Lulusan perguruan tinggi maupun sekolah bisa mencari pekerjaan berdasarkan posisi, lokasi, perusahaan, bidang, dan industri.

Jobs.id menyediakan gudang data yang luas, memungkinkan penggunan untuk memperlebar pencarian pekerjaan dari berbagai sektor di seluruh Indonesia. Di sisi lain, perusahaan bisa memanfaatkan portal Jobs.id untuk memperoleh kandidat berkualitas sesuai kriteria yang ditentukan.

7. Urbanhire

Urbanhire merupakan perusahaan startup asal Indonesia yang didirikan oleh Benson Kawengian (CEO), Hengki Sihombing (CTO), dan Jepri Sinaga (SVP Product and Engineering). Mereka memberikan solusi bagi pencari kerja maupun perusahaan yang tidak didapatkan di situs pencari kerja lainnya. Situs milik mitra bisa mempunyai halaman karier dalam hitungan menit, mengumpulkan aplikasi yang terkumpul dan membuat jadwal tes kerja.

Urbanhire dilengkapi dengan sistem pelacakan aplikasi para pelamar kerja atau applicant tracking system (ATS) yang berbasis cloud computing. Ide dasar dari Urbanhire yakni platform yang menghubungkan dan memfasilitasi perekrutan antara perusahaan dan pencari kerja mulai dari awal hingga akhir tahapan seleksi karyawan.