Home Beauty 4 Kursus Estetika Berikan Pelatihan untuk Dokter dan Perawat

4 Kursus Estetika Berikan Pelatihan untuk Dokter dan Perawat

Daftar kursus estetika lembaga pendidikan training dokter perawat terapis kecantikan
Ilustrasi | Foto: freepik.com

Highlight.ID – Banyaknya klinik kecantikan yang bermunculan menandakan bahwa peluang bisnis dan pekerjaan di bidang estetika sangat besar. Hal itu semakin diperkuat dengan kebutuhan wanita maupun pria yang ingin kulitnya sehat. Berbeda dengan salon, klinik kecantikan didukung oleh tenaga medis seperti dokter umum atau dokter kulit. Klinik kecantikan juga dilengkapi dengan teknologi canggih dan tenaga nonmedis seperti perawat atau terapis kecantikan.

Untuk bekerja di bidang estetika, seseorang perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang mungkin tak didapatkan selama kuliah. Itulah kenapa banyak dokter umum yang mengikuti training atau workshop di bidang estetika untuk meningkatkan keterampilannya. Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya banyak untuk belajar hingga ke luar negeri untuk mendapatkan sertifikasi atau gelar tertentu.




Selain tenaga medis, klinik kecantikan juga membutuhkan tenaga nonmedis seperti perawat dan beauty therapist. Mereka membekali dirinya dengan berbagai keterampilan seperti teknik facial, massage dan kemampuan untuk mengoperasikan alat-alat standar medis. Beberapa keterampilan tersebut bisa diperoleh di tempat kursus estetika yang ada di Indonesia.

Daftar Kursus Estetika di Indonesia

1. Miracle Academy

Selama ini, masyarakat telah mengenal Miracle Aesthetic sebagai salah satu klinik kecantikan terdepan yang memiliki sejumlah cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain membuka klinik kecantikan, Miracle Aesthetic Clinic Group yang didirikan oleh dr. Lanny Juniarti juga mendirikan lembaga pendidikan estetika.

Baca Juga:
Rêver Academy, Sekolah Kecantikan yang Memadukan Teknik Eropa dan Asia




Untuk melahirkan profesional yang siap terjun di bidang estetika, Miracle Academy yang berada di kota Surabaya membuka beberapa program. Miracle Academy menawarkan program Aesthetic Medicine, Beauty, dan Businesa Management. Adapun visi Miracle Academy yakni menjadi lembaga pelatihan yang mampu menciptakan dan membina sinergi ekonomis yang berkesinambungan dari jaringan dan aliansi para praktisi bisnis kecantikan.

Miracle Academy terbuka bagi dokter dan perawat yang ingin berkarier di industri estetika. Diharapkan, para peserta memahami perkembangan di bidang aesthetic medicine baik secara teoriyis dan praktis. Setelah menyelesaikan program pelatihan, mereka diharapkan bisa mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.

Lembaga pendidikan ini juga diperuntukkan bagi mereka yang ingin bekerja sebagai terapis kecantikan. Mereka akan mendapatkan materi-materi pelatihan termasuk facial, spa, massage, menicure, pedicure, dan lainnya. Sementara program Business Management ditujukan untuk praktisi atau pebisnis yang ingin mendalami tata kelola usaha di bidang estetika seperti manajemen operasional, keuangan, SDM, keuangan, penjualan, dan pemasaran.

2. Jakarta Estetika First

Terdiri dari sekumpulan dokter yang tertarik di bidang estetika, Jakarta Estetika First menerapkan metode intensive course dan personal-to-personal antara pengajar dan peserta. Adapun tujuan dari penerapan metode tersebut yakni untuk membangun kepercayaan diri peserta agar dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang didapatnya.

Menitikberatkan pada praktik, Jakarta Estetika First membuka beberapa kelas yakni Basic, Advanced, dan Expert. Materi-materi kelas Basic meliputi Analisis Kulit (Anatomi dan Fisiologi Kulit), Farmakologi (Bahan Krim dan Peracikan), Kosmetika Medis, Pengenalan Alat Estetika, Teknik Massage, Aplikasi Alat Estetika, Facial, Laser, Body Contouring, Manajemen Waktu, dan lainnya.

3. Jakarta Science Academy (JSA)



Menawarkan sejumlah kursus di bidang estetika, Jakarta Science Academy (JSA) bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan dokter-dokter di Indonesia. Jakarta Science Academy (JSA) yang mendapatkan akreditasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) didukung oleh tenaga ahli profesional dan alat-alat canggih penunjang pelatihan.

Menyasar dokter umum dan perawat, Jakarta Science Academy menyelenggarakan 12 pelatihan dalam setahun. Setiap kegiatan pelatihan, peserta mendapatkan beberapa materi. Sebagai contoh, terdapat program Aesthetic Course dengan biaya sebesar Rp4.000.000 untuk kelas Basic dan Rp5.000.000 untuk kelas Advanced. Peserta akan praktik langsung (hands-on) dengan probandus untuk meningkatkan pengalaman.

Kurikulum Basic Aesthetic dan Advanced Aesthetic memberikan sejumlah materi di antaranya Anatomi Kulit, Light Device Therapy, Masalah Kulit, Chemical Peeling, Microneedling, Mesotherapy, Slimming Device Therapy, Laser dan perawatan lainnya seperti HIFU, Thermage, dan Vanquish.

Baca Juga:
Rêver Academy, Sekolah Kecantikan yang Memadukan Teknik Eropa dan Asia

4. Esthetico Derma Institute

Berlokasi di Semarang, Esthetico Derma Institute merupakan lembaga pendidikan terspesialisasi di bidang aesthetic-medic. Esthetico Derma Institute menerapkan metode Comprehensive Aesthetic Medic (C.A.M) yang dicetuskan oleh Arini Pranowo. Beliau merupakan Ahli Kecantikan Medik yang sekaligus pendiri Esthetico Derma Institute. Konsep C.A.M yang telah dirumuskan sejak tahun 1976 merupakan pendekatan rasional untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan kulit di klinik kecantikan.

Esthetico Derma Institute telah mendapatkan sertifikasi internasional sebagai CIBTAC Centre yang pengajarnya didatangkan langsung dari Inggris. Selain itu, Esthetico Derma Institute mendapatkan kepercayaan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai Tempat Uji Kompetensi Nasional dalam rangka sertifikiasi bidang estetika/kecantikan kulit.

Terdapat beberapa program yakni Intensive Course, Advanced Course dan Technical Course. Intensive Course terdiri dari Professional Aesthetic Medic Treatment Course, CIBTAC Preparation & International Diploma, Professional MediSPA & Body Treatment Course, Clinical Make Up Course, dan Jakarta Satellite Campus: Professional Aesthetic Medic Treatment Course.

Salah satu materi yang diajarkan di Professional Aesthetic Medic Treatment Course yakni teknik facial mulai dari dasar hingga menengah meliputi cleansing, exfoliation, massage, face mask, toning, dan lainnya. Materi-materi lainnya termasuk teknik massage, anatomi kulit, farmakologi, chemical peeling, microdermabrasion dan sebagainya. Beberapa materi seperti perawatan jerawat, hiperpigmentasi dan anti penuaan menggunakan C.A.M (Arin’s Method).