Home Beauty Kiat dr. I Gusti Nyoman Darmaputra Majukan DNI Skin Centre

Kiat dr. I Gusti Nyoman Darmaputra Majukan DNI Skin Centre

dr. Darmaputra strategi bisnis klinik kecantikan DNI Skin Centre
dr. I Gusti Nyoman Darmaputra (Pemilik DNI Skin Centre) | Foto; Dok. Pribadi

Highlight.ID – Produk-produk kecantikan kulit dengan harga murah seringkali membuat orang tergiur untuk segera membelinya. Padahal, ragam produk itu belum tentu terjamin keamanannya karena bisa saja mengandung bahan-bahan berbahaya. Oleh sebab itu, masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang cukup tentang jenis-jenis produk maupun perawatan yang aman untuk dikonsumsi.

Keinginan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kecantikan memotivasi DR. dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK (K), FINSDV, FAADV untuk mengembangkan DNI Skin Centre. Lewat klinik kecantikan tersebut, pria yang biasa dipanggil dr. Darma sekaligus ingin memberikan perawatan kecantikan yang terjangkau bagi masyarakat.

Lewat aplikasi pesan singkat, Highlight.ID mewawancarai dr. Darma yang menyelesaikan S3 Doktor Ilmu Kedokteran FK Universitas Airlangga (UNAIR) tahun 2017. Dokter kelahiran Melaya, Jembrana, Bali yang mengaku hobi nongkrong ini menerangkan bagaimana ia mampu memajukan DNI Skin Centre hingga mempunyai puluhan cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Baca Juga:
Mengenal Profesi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (SpKK)




Apa kesibukan Anda saat ini?

Saat ini, aktivitas harian sebagai Dosen, sekaligus Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNUD/RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Selain itu, aktif mengurus perusahaan DNI Skin Centre yang saat ini lagi pengembangan ekspansi di beberapa kota di Indonesia, di mana saat ini sudah ada 31 cabang. Selain itu, mengontrol klinik AURA DERMATOLOGY by DNI Skin Centre di Bandung dan Bintaro.

Kesibukan lain di organisasi pengusaha yaitu sebagai Ketua Industri Kesehatan Badan Pengurus Pusat HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan sebagai Ketua Dewan Pembina BPD HIPMI BALI. Selain itu, aktif jadi Board Member organisasi pengusaha International EO (Enterpreneur Organization).

Kenapa Anda tertarik menekuni bidang estetika atau bisnis klinik kecantikan?

Saya tertarik menekuni bisnis kecantikan karena sejalan dengan core pengetahuan saya sebagai dokter spesialis kulit. Selain itu, saya ingin membantu orang agar bisa mendapatkan perawatan kecantikan terbaik berdasar ilmu pengetahuan yang saya miliki dengan harga terjangkau.

dr. Darmaputra strategi bisnis klinik kecantikan DNI Skin Centre
dr. I Gusti Nyoman Darmaputra (Pemilik DNI Skin Centre) | Foto; Dok. Pribadi

Bagaimana awal mula berdirinya DNI Skin Center?

DNI Skin Center berawal dari produk skin care formula ayah saya dr I Gusti Ketut Darmada, SpKK(K) dari tahun 2004. Kemudian mulai membuat klinik kecil di Jalan Tukad Yeh Ho A1, Renon pada tahun 2007. Saya baru mulai mengembangkan DNI setelah lulus Dokter Spesialis Kulit tahun 2009.

DNI hadir karena melihat masyarakat banyak yang masih kurang pengetahuan tentang masalah kecantikan dan kemampuan daya beli yang rendah. Sehingga, mereka sering membeli produk kecantikan sembarangan bahkan banyak yang mengandung bahan berbahaya karena ikut-ikutan teman dan karena harganya murah. Jadi kami ingin menghadirkan klinik kecantikan dengan basis ilmu dokter spesialis kulit namun dengan harga terjangkau.

Bagaimana perkembangan DNI Skin Centre hingga sekarang?

DNI Skin Centre dari mulai berdiri pada tahun 2009, makin terus berkembang. Kami belum menggunakan promosi dengan artis-artis. Dominan promosi kami masih dari mulut ke mulut pasien yang puas dengan produk dan perawatan di DNI. Awalnya, DNI baru hadir di Bali. Namun karena saat itu sudah ada 15 cabang, di hampir semua kabupaten di Bali, DNI kini hadir di beberapa kota di Indonesia dengan total 31 cabang.

Baca Juga:
Perawatan Laser di Klinik Kecantikan, Apa Saja Kegunaannya?



Apa keunikan DNI Skin Centre?

DNI Skin Centre lebih mengedepankan edukasi dan perawatan kecantikan yang sesuai dasar ilmiah, mengingat basic saya sebagai seorang dosen yang melahirkan dokter-dokter spesialis kulit yang baru. Kami cenderung tidak banyak memberikan janji-janji berlebihan, namun selalu prioritaskan produk dan perawatan yang tepat sesuai masalah kulitnya sehingga harga menjadi terjangkau.

Kami juga memiliki treatment-treatment medis terkini, di mana skill dokter-dokter kami rutin di-upgrade agar dapat memberikan perawatan dan hasil terbaik.

Apa jenis treatment kecantikan di DNI Skin Centre yang paling diminati?

Paling diminati perawatan untuk masalah flek yaitu suntik flek. Serta, perawatan masalah jerawat mulai dari peeling, facial sampai laser untuk bekas-bekas jerawat.

Bagaimana cara untuk bermitra dengan DNI Skin Centre?

Kami tidak membuka franchise namun kemitraan dengan mendirikan perusahaan bersama sehingga ada ikatan jangka panjang. Jadi tidak perlu membayar royalty bulanan dan tidak perlu perpanjang kerja sama tiap 5 tahun. Kami ingin bisa berpartner jangka panjang untuk saling membesarkan.

Untuk bermintra, kami memiliki paket mulai dari DNI Beauty Studio, hanya dengan modal Rp95 juta, sudah include produk, alat kecantikan serta training. Di atasnya, ada paket DNI Skin Centre GOLD dengan modal Rp200 juta, sudah include semua dari produk, bahan perawatan, mesin serta training (di luar tempat dan renovasi), serta ada paket PLATINUM dengan harga Rp375 juta.

Baca Juga:
9 Jenis Pekerjaan untuk Cewek yang Menyenangi Bidang Kecantikan




Sebelum menjadi mitra, kami perlu mengenal dulu calon mitra, serta pengecekan lokasi usaha akan dijalankan, kami ingin berpartner dengan orang-orang yang sejalan. Bahkan untuk bermitra, langsung saya handle.

Apa persiapan yang dilakukan untuk membuka klinik kecantikan?

Persiapannya pertama, kita akan lakukan survei tempat. Setelah tempatnya oke, kita bisa bersama mendirikan badan usaha, kemudian dilakukan renovasi dan pembelian mesin-mesin. Paralel dengan itu, dilakukan pengurusan perizinan dan training dokter dan tenaga medis. Sehingga setelah renovasi selesai, klinik sudah bisa mulai berjalan. Umumnya, proses hanya butuh 2-3 bulan.

Apa kendala yang dihadapi dalam mengelola klinik kecantikan?

Kendala utama adalah dalam memantau dan menjaga kualitas SDM untuk bisa memberikan pelayanan terbaik. Costumer happy adalah goal utama kami.

Menurut Anda, bagaimana tren kecantikan kulit saat ini?

Tren kecantikan makin berkembang pesat, masyarakat udah makin pintar mengenal produk skin care dan layanan klinik kecantikan. Kebutuhan kecantikan makin meningkat sejalan dengan tren social media. Pelaku bisnis kecantikan juga makin bertambah banyak sehingga kondisi ini sangat berguna bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan terbaik karena banyak pilihan.

Apa harapan/target Anda ke depan?

Harapan saya bisa menghadirkan DNI sebagai solusi masalah kulit dan kecantikan yang tersebar di seluruh pelosok kota dan kabupaten di Indonesia.