
Highlight.ID – Campaign, startup pengembang aplikasi kampanye sosial Campaign #ForABetterWorld berkolaborasi dengan Sensitif mengedukasi masyarakat tentang pernikahan, kehamilan, hingga pencegahan stunting lewat cara-cara yang unik . Kolaborasi ini menghadirkan kampanye sosial melalui aplikasi Campaign #ForABetterWorld di pameran seni Sensitif “Positif Journey” yang diselenggarakan di Mall of Indonesia, Jakarta Utara hingga 24 September 2023.
Komitmen Sensitif untuk mendukung program pemerintah mengurangi angka stunting di Indonesia juga diwujudkan dalam bentuk kampanye sosial bertajuk Preventing Stunting with #SensitifJourney. Bekerjasama dengan 1000 Days Fund, sebuah organisasi sosial berfokus pada pencegahan stunting, kampanye ini dilakukan secara daring. Sensitif menyediakan total Rp50.000.000 untuk disumbangkan kepada 1000 Days Fund melalui kampanye ini.
Untuk mendukungnya, publik dapat mengunduh aplikasi Campaign #ForABetterWorld dan menyelesaikan aksi kampanye Preventing Stunting with #SensitifJourney. Aksi yang dilakukan cukup mudah, yakni dengan berfoto di pameran seni Positif Journey kemudian beri caption untuk mendukung perempuan berdaya (anak perempuan, gadis, atau seorang ibu).
“Misi kami adalah mewujudkan zero stunting pada 2030. Untuk itu, kami mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung kampanye ini. Setiap pendukung yang menyelesaikan aksi, akan dikonversi jadi donasi Rp25.000 oleh Sensitif. Kami membutuhkan 2.000 pendukung untuk membuka donasi sebesar Rp50.000.000 yang akan digunakan untuk kegiatan peningkatan kapasitas tenaga kesehatan desa mengenai pencegahan stunting, pengadaan poster pintar, dan selimut pintar,” ujar Josua Soaloon, Business Development Officer 1000 Days Fund.
Pada kesempatan ini, masyarakat diajak untuk menikmati karya seni sambil melakukan dampak sosial dalam pameran Positif Journey. Di dalamnya terdapat instalasi seni yang terbagi menjadi 11 ruangan. Di setiap ruangan menyampaikan pesan berbeda-beda yang menggambarkan fase pernikahan hingga kehamilan.
Begitu masuk ke ruangan tersebut, pengunjung disuguhkan dengan instalasi Just Married yang memberikan edukasi tentang pernikahan. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa ruangan lainnya, seperti Family Planning, Fertile Period di mana ada edukasi cara menghitung masa subur, Ovarium Ready, Insemination, Pregnancy, Give Birth hingga mengakhiri perjalanan di ruang Menstruation.
Yoevan Wiraatmaja selaku CEO Danpac mengatakan, “Melalui pameran seni Positif Journey, Sensitif dan Haluu World ingin mengajak para pasangan muda untuk mempersiapkan proses kehamilan yang sehat bagi ibu dan anak. Karena kami yakin konsep ini dapat membantu siapapun yang tengah merencanakan pernikahan, membayangkan dan merasakan momen-momen bahagia saat menjalani kehidupan berumah tangga,” ungkapnya.