Home Arts Resmi Digelar, MUFFEST 2019 Tampilkan Keragaman Busana Muslim

Resmi Digelar, MUFFEST 2019 Tampilkan Keragaman Busana Muslim

liputan event acara agenda kegiatan rundown muslim fashion festival muffest 2019 brand desainer merek pakaian busana baju show model
Opening fashion show Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 | Foto: Highlight.ID
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Mengusung tema sentral “Singularity”, Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 yang berlangsung tanggal 1 – 4 Mei 2019 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) menjadi ajang bagi para pelaku industri mode Indonesia untuk menampilkan karya-karyanya. Pekan mode tahunan yang diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer ini diharapkan mampu mengantarkan Indonesia sebagai barometer fashion muslim dunia.

“Kami semua, para desainer, para pelaku (industri) mode ingin menjadikan Indonesia pusat mode dunia dengan ‘membawa’ dunia ke Indonesia,” kata Ali Charisma, National Chairman IFC, pada sambutannya di Upacara Pembukaan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019, Rabu, 1 Mei 2019. Dengan demikian, buyer-buyer dari luar negeri tertarik untuk berkunjung ke Indonesia dan melakukan transaksi produk-produk fashion.

“Dengan kekuatan lokal dan ethical fashion, kami yakin banget bahwa busana muslim atau modest wear mempunyai ciri khas yang sangat jelas,” ujar Ali Charisma. Ia pun berharap agar industri mode Tanah Air semakin maju dan para pelaku mode dapat sejahtera.

liputan event acara agenda kegiatan rundown muslim fashion festival muffest 2019 brand desainer merek pakaian busana baju show model
Karya Rania di Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 | Foto: Highlight.ID

“Untuk mengembangkan industri fashion muslim Indonesia harus dilakukan bersama-sama dan membutuhkan komitmen, kontribusi dari berbagai pihak. Melalui ajang MUFFEST diharapkan seluruh pihak dan stakeholder terkait dapat saling bersinergi dan terintegrasi dalam menjalin kerja sama yang sinergis dan berkelanjutan untuk memperkuat  pelaku industri fashion muslim di Tanah Air guna menganntarkan Indonesia menjadi pusat fashion muslim global,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian, mengatakan, “Jumlah populasi umat muslim 24 persen dari penduduk dunia. Dan tentunya ini dari segi market sebesar 270 miliar USD. Dan ini terus tumbuh, diharapkan pada tahun 2023 mencapai 361 miliar USD. Di Indonesia sendiri, muslim fashion, market-nya sebesar 20 miliar USD dan pertumbuhannya adalah 18 persen.” Melihat potensi pasar fashion muslim yang besar tersebut, Airlangga menekankan bahwa kegiatan seperti MUFFEST perlu terus mendapatkan dukungan.

Diselenggarakan untuk yang ke-4 kalinya, MUFFEST 2019 menargetkan transaksi senilai Rp. 45 miliar dan 55 ribu pengunjung. Target ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya di mana pada tahun 2017, MUFFEST mampu menarik 47.100 pengunjung dan nilai transaksi Rp. 28,3 miliar. Sedangkan MUFFEST 2018 didatangi sebanyak 51.389 pengunjung dengan transaksi sebesar Rp. 38,9 miliar.

liputan event acara agenda kegiatan rundown muslim fashion festival muffest 2019 brand desainer merek pakaian busana baju show model
Karya Nia Faradiska di Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 | Foto: Highlight.ID

Berbagai pihak turut mendukung MUFFEST 2019 mulai dari instansi pemerintah hingga perusahaan swasta. Lembaga pemerintah yang berpartisipasi pada MUFFEST 2019 yakni  Kementrian Perindustrian, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, SMESCO, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dan BBPLK  (Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja) Semarang Kementrian Tenaga Kerja.

Turut mendukung MUFFEST 2019 yaitu Tokopedia sebagai Official E-Commerce Partner, Wardah sebagai Official Make Up, dan sponsor lainnya seperti UBS Gold, Elzatta, dan Asia Pacific Rayon. Serta, beberapa komunitas seperti Hijabers Mom Community dan Islamic Fashion Institute (IFI).

Acara-acara yang Menarik

MUFFEST 2019 menghadirkan ratusan fashion designer dari berbagai daerah di Indonesia yang menampilkan aneka ragam busana muslim terbaru. Adapun koleksi-koleksi para desainer fesyen tersebut mengacu pada Indonesia Trend Forecasting 2019/2020 yang meliputi Exuberant, Svarga, Cortex, dan Neo Medieval.

liputan event acara agenda kegiatan rundown muslim fashion festival muffest 2019 brand desainer merek pakaian busana baju show model
Karya Silfia Nabila di Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 | Foto: Highlight.ID

Selain itu, MUFFEST 2019 menjadi ajang untuk business to business (B2B) dan business to customer (B2C) lewat fashion exhibition yang diisi sebanyak 400 booth. Acara lainnya yang juga seru yakni Fashion Presentation, Talkshow, dan Seminar.

Beragam acara pre-event digelar untuk menyambut MUFFEST 2019 seperti Modest Young Designer Competition (MYDC) yang didukung oleh Elzatta dan Asia Pacific Rayon (APR). Kompetisi ini diperuntukkan bagi talenta-talenta muda yang berbakat di bidang desain fashion muslim. Ada pula acara Wardah Next Face MUFFEST 2019, kompetisi untuk para perempuan muda muslim yang inspiratif, dan Wardah Make Up & Hijab Do Competition 2019, kompetisi untuk mengapresiasi para make up enthusiast dan hijab stylist.

Acara pembukaan MUFFEST 2019 dimeriahkan oleh penampilan dari siswa SMK NU Banat Kudus binaan Djarum Foundation, Lania Rakhmawati, Lisa Fitria, Noore Muslim Sportwear, dan Irma Intan.

liputan event acara agenda kegiatan rundown muslim fashion festival muffest 2019 brand desainer merek pakaian busana baju show model
Karya Lisa Fitria di Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 | Foto: Highlight.ID

Selanjutnya, sesi fashion show pada hari pertama MUFFEST 2019 diisi oleh BBPLK Semarang Kementrian Tenaga Kerja. Fashion show ini mempersembahkan parade busana karya Wignyo yang didukung oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Lhokseumawe, Auliya by Gallery Sholeha, dan Ovie V.

Kemudian, deretan desainer yang tergabung dalam IFC menampilkan karya-karyanya dengan beragam tema. Mereka adalah Wignyo yang didukung oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara, Inali.co by Lisa Fitria & Ina Priyono, Anggia Handmade, Iffah M Dewi X Kaji Habe, Putri Rizkia, Amres Art, Lanny Amborowati, Anggie Rachmat, La Rose Syar’i by Najua Yanti, Chaera Lee & Nia The Novijanto, Elva Fauqo, Neera Alatas, dan Irma Intan.

Asia Pacific Rayon sebagai salah satu sponsor MUFFEST 2019 menggandeng beberapa desainer Indonesia untuk menampilkan koleksi busana modest wear. Para desainer tersebut yakni Ali Charisma, Hannie Hananto, Weda Githa, Sofie, Raegitazoro, Novita Yunus, Dibya Hody, dan Aldre.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here