Home Beauty Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 Targetkan Transaksi Rp45 Miliar

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 Targetkan Transaksi Rp45 Miliar

liputan event acara kegiatan muslim fashion festival muffest 2019 target pengunjung show desainer pameran merek brand produk lokal press conference release
Karya Hannie Hananto pada sesi Trunk Show, Konferensi Pers Muslim Fashion Festival (Muffest) 2019 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Industri modest fashion di Indonesia yang semakin maju dan berkembang menumbuhkan harapan bahwa Indonesia mampu menjadi kiblat fashion muslim dunia. Sebagai langkah untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 digelar pada tanggal 1 – 4 Mei 2019. Mengambil tempat di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), MUFFEST 2019 terlaksana berkat kerja sama antara Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer (PEO).

Lisa Fitria, National General Secretary IFC, mengatakan, “Kita akan mengambil trend Indonesian Trend Forecasting 2019/2020 yang telah kita launching. Tema besarnya adalah ‘Singularity’.’ Ia menambahkan bahwa MUFFEST 2019 kali menonjolkan tema “Cortex” yang ditampilkan pada desain interior event. “Cortex” itu sendiri merupakan salah satu sub tema pada “Singularity” selain “Exuberrant”, “Neo Medeival”, dan “Svarga”.

“Untuk target penyelenggaran MUFFEST tahun ini adalah 55 ribu pengunjung selama 4 hari dan transaksi (Rp) 45 miliar yang kita harapkan baik transaksi B2B (business to business) maupun B2C (business to costumer),” ungkap Lisa pada acara Konferensi Pers MUFFEST 2019 di Merak Room, JCC, Senin (22/4).

Rangkaian Acara MUFFEST 2019

Sementara, Apriani, GM Operasional Dyandra Promosindo, mengatakan, “Kita akan ada fashion show selama 4 hari sebanyak 13 slot akan menampilkan karya-karya desainer lokal, Dan hari kedua juga akan ada (fashion show) MYDC. Kurang lebih ada 100 desainer yang menampilkan karya-karya mereka pada MUFFEST pada tanggal 1 sampai 4 (April) nanti. Dan kurang lebih 300 model yang menampilkan karya-karya desainer tersebut.”

liputan event acara kegiatan muslim fashion festival muffest 2019 target pengunjung show desainer pameran merek brand produk lokal press conference release
Konferensi Pers Muslim Fashion Festival (Muffest) 2019 | Foto: Highlight.ID

Selain peragaan busana, MUFFEST 2019 turut dimeriahkan dengan pameran yang diisi oleh brandbrand lokal. “Tidak hanya fashion show saja tapi juga ada exhibition, pameran yang sudah kita bagi clustercluster-nya untuk memudahkan pengunjung untuk mencari produk-produk yang diinginkan,” ujar Lisa.

“Ada kurang lebih 400 brand yang ikut berpartisipasi, lebih banyak dari tahun kemarin. Itu nanti terbagi menjadi zona Syar’i, Etnik, Urban & Streetwear, Sport Muslim, Menswear, dan Aksesoris,” tambah dia. Menurut Lisa, 400 merek lokal yang ikut berpartisipasi di MUFFEST 2019 mempunyai kualitas baik karena telah melewati serangkaian kurasi.

Selain konsumen akhir, MUFFEST 2019 juga menjadi ajang bagi reseller dari berbagai daerah untuk berbelanja berbagai macam produk dan busana muslim. Tak hanya itu, ada beragam acara menarik lainnya seperti Fashion Presentation, Talkshow, Seminar, Fashion Design Competition, dan Makeup and Hijab Do Competition.

liputan event acara kegiatan muslim fashion festival muffest 2019 target pengunjung show desainer pameran merek brand produk lokal press conference release
Karya Rosie Rahmadi pada sesi Trunk Show, Konferensi Pers Muslim Fashion Festival (Muffest) 2019 | Foto: Highlight.ID

Pre-Event MUFFEST 2019

Untuk menggaungkan event MUFFEST 2019, diselenggarakan rangkaian acara pre-event berupa kompetisi desain busana muslim. Acara yang bernama Modest Young Designer Competition (MYDC) yang didukung oleh Elzatta dan Asia Pacific Rayon diperuntukkan bagi para desainer muda yang ingin menunjukkan bakat dan kreativitasnya di bidang fashion design.

MYDC yang berlangsung dari tanggal 18 Februari hingga 8 Maret 2019 mengangkat tema desain “Neo Medieval”, dan “Exuberrant”. Untuk menjaring bakat-bakat muda, Roadshow MYDC digelar di 9 sekolah mode di Indonesia. Setelah melewati proses seleksi, dewan juri memilih 15 finalis MYDC 2019. Kelima belas finalis MYDC 2019 itu mendapatkan coaching intensif dari IFC, Elzatta, dan APR untuk selanjutnya menampikan karya-karyanya di ajang MUFFEST 2019.

Acara menarik lainnya yakni Wardah Next Face MUFFEST 2019, yakni kompetisi untuk perempuan muslimah muda Indonesia yang cerdas, modis, dan menggemari dunia fashion serta mempunyai kepribadian baik. Berlangsung dari tanggal 27 Maret sampai 10 April 2019, Wardah Next Face MUFFEST 2019 memilih 15 finalis. Selanjutnya, masyarakat dapat memilih Wardah Next Face MUFFEST 2019 lewat voting di media sosial.

liputan event acara kegiatan muslim fashion festival muffest 2019 target pengunjung show desainer pameran merek brand produk lokal press conference release
Karya Sofie pada sesi Trunk Show, Konferensi Pers Muslim Fashion Festival (Muffest) 2019 | Foto: Highlight.ID

Selain itu, ada kegiatan Wardah Make Up & Hijab Do Competition, kompetisi untuk para makeup enthusiast dan hijab stylist yang dilaksanakan pada tanggal 9 – 23 April 2019. Pemenangnya akan diumumkan pada acara MUFFEST 2019.

MUFFEST 2019 mendapat dukungan dari pemerintah seperti Kementrian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Smesco Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dan Kementrian Tenaga Kerja. Selain itu, MUFFEST 2019 menggandeng Tokopedia sebagai Official E-Commerce Partner, Wardah sebagai Official Makeup dan sponsor lainnya yakni Elzatta, UBS Gold, dan Asia Pacific Rayon (APR). Tak ketinggalan, Hijabers Mom Community dan Islamic Fashion Instutute (IFI) yang menjadi community partner pekan mode muslim terbesar di Indonesia ini.

Sebanyak 9 fashion designer Indonesia turut mengisi acara Konferensi Pers MUFFEST 2019 dengan menampilkan Trunk Show koleksi modest wear. Kesembilan desainer tersebut yakni Ria Miranda, Mandjha Hijab Ivan Gunawan Premium Collection, Sofie, Raegitazoro, Ayu Dyah Andari, Noore Hijab, Aldre’, Irna Mutiara, dan Hannie Hananto.

Tahun ini, MUFFEST membuat inovasi dengan menghadirkan aplikasi mobile yang bisa diunduh lewat handphone di AppStore maupun Google Play. Aplikasi MUFFEST menampilkan beragam informasi penting seperti rundown atau jadwal fashion show beserta desainer yang akan tampil.