Home Arts Senayan City Gelar Fashion Nation XIV Edition, Tampilkan Kreativitas Desainer

Senayan City Gelar Fashion Nation XIV Edition, Tampilkan Kreativitas Desainer

Senayan City menggelar Fashion Nation ke-14 menampilkan sejumlah koleksi pakaian desainer Indonesia
Koleksi Sebastian Gunawan di Opening Night Senayan City Fashion Nation XIV | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Hadirnya Senayan City Fashion Nation XIV Edition (FNXIV Edition) menandakan tahun keempat belas acara tahunan ini kembali menjadi bagian dalam industri mode Indonesia. Dibuka pada 12 Maret 2020, Senayan City Fashion Nation XIV Edition hadir dengan tema utama “Creativity” yang sejalan dengan visi dan misi Senayan City untuk senantiasa menghadirkan esensi kreativitas dalam setiap program yang diselenggarakan.

Selain itu, tema kreativitas juga diartikan secara harafiah, Senayan City memberikan sebuah blank canvas bagi para ikon industri mode untuk menuangkan kreatifitas dalam ekspresi mode dalam FNXIV Edition yang diadakan mulai dari 12 – 18 Maret 2020 di Main Atrium Senayan City.



“Selama empat belas tahun, Senayan City Fashion Nation secara konsisten mengukuhkan eksistensinya untuk terus mendukung industri mode di Tanah Air dan menjadi wadah bagi para insan kreatif. Fashion Nation XIV Edition hadir dengan tema ‘Creativity’ yang juga sejalan dengan visi dan misi Senayan City di tahun 2020. Di panggung Opening Night, Senayan City menggandeng Sebastian Gunawan yang menampilkan koleksi eksklusifnya dengan judul ‘Fly for Freedom’,”kata Halina, selaku Leasing and Marketing Communications Director Senayan City.

Fly For Freedom

“Penggambaran ‘kebebasan berkreasi’ tergambar dari 36 looks yang ditampilkan khusus di panggung Fashion Nation XIV Edition. Selain itu, kolaborasi dengan desainer berbakat tanah air, konsep panggung yang berbeda dan iconic, hingga apresiasi STYLE MAKERS AWARD yang didedikasikan untuk para new gen, membawa Senayan City Fashion Nation XIV Edition tentunya memiliki nilai unik tersendiri di mata para fashion enthusiast tanah air,” tambahnya.

Baca juga:

Koleksi Fly For Freedom ini didesain dan diprakarsai oleh Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese memang telah menjadi suguhan pokok bagi para pecinta mode, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Koleksi ini mengangkat tentang kebebasan peran seorang wanita dalam berkarya, berketerampilan dan berpenampilan.

Lewat koleksinya, Sebastian Gunawan mendukung para wanita untuk menjadi dirinya sendiri, sehingga mereka dapat menyuarakan pendapat sesuai jati dirinya. “Melalui Fly for Freedom, saya berharap semua wanita yang melihat koleksi ini terinspirasi untuk lebih percaya diri dan terbuka dalam mengekspresikan dirinya,” tutur Sebastian Gunawan.

Koleksi ini akan menampilkan berbagai macam siluet, bahan, motif dan warna. Dengan pengaplikasian warna-warna yang cenderung cerah dan banyak permainan siluet dari siluet bulat, segitia, lurus, blooming, dan dikombinasikan dengan detail pita, bulu, rumbai dan sequin hingga motif print menjadi kesatuan yang harmonis. Kebebasan dalam pemilihan warna, bahan, motif dan tekstur yang dipilih merepresentasikan makna kebebasan dan keindahan dalam koleksi ini.

Senayan City menggelar Fashion Nation ke-14 menampilkan sejumlah koleksi pakaian desainer Indonesia
Opening Night Senayan City Fashion Nation XIV | Foto: Highlight.ID

Kemudian, kebebasan divisualisasikan secara gamblang melalui karakter burung yang menjadi bagian dari aksesoris berbentuk topeng, melambangkan bahwa mereka bisa melihat kebebasan seyogyanya seekor burung yang terbang di alam bebas. Untuk presentasi koleksi ini, Sebastian Gunawan juga berkolaborasi dengan Donny Liem selaku Make Up & Hair Do Creative Director dan juga Dexter Sound Lab sebagai Original Composer untuk lagu pengiring fashion show.

Sebastian Gunawan pada konferensi pers sebelum Opening Ceremony Fashion Nation XIV Edition mengatakan bahwa ia baru pertama kali berpartisipasi di acara Fashion Nation. Menurutnya, saat ini adalah momen yang paling tepat karena ia melihat bahwa Fashion Nation mempunyai komitmen dan kepedulian untuk memajukan industri mode Tanah Air.

Rangkaian Acara Fashion Nation XIV Edition

Rangkaian acara Senayan City Fashion Nation XIX Edition juga menghadirkan highlight designer yang berkolaborasi dengan Senayan City seperti:

Modern Modest (DAYU by Ria Miranda)

Melanjutkan tren modest wear yang semakin menginspirasi kaum urban dan fashion enthusiast berhijab di tanah air, Senayan City FNXIV Edition kembali menghadirkan Modern Modest fashion presentation yang berkolaborasi dengan Ria Miranda pada Jumat, 13 Maret 2020.

Senayan City menggelar Fashion Nation ke-14 menampilkan sejumlah koleksi pakaian desainer Indonesia
Opening Night Senayan City Fashion Nation XIV | Foto: Highlight.ID

LAUT KITA, in collaboration with Sejauh Mata Memandang

Menghadirkan pesan untuk kebaikan lingkungan, Senayan City dan Sejauh Mata Memandang menghadirkan fashion runway berjudul “LAUT KITA”. Esensi untuk mengubah kebiasaan sebelumnya menjadi baik dan ramah lingkungan, diwujudkan dalam deretan koleksi yang ditampilkan oleh Sejauh Mata Memandang yang dapat dinikmati pada Sabtu, 14 Maret 2020.

The Better Past, in collaboration with Urban Sneaker Society

Urban Sneaker Society menjadi hype event tahunan yang ditunggu oleh para pecinta sneaker di Indonesia hingga mancanegara. Dan semakin mengembangkan inovasi perkembangan fashion, Senayan City menggandeng Urban Sneaker Society untuk memberikan inspirasi gaya from head- to-toe dengan tatanan gaya baru untuk para hype beast tanah air ditampilkan pada Sabtu, 14 Maret 2020.

THE GENTLEMEN’S

Kesuksesan di tahun sebelumnya bersama The Folio dan Lomba Perancang Mode Menswear (LPMM), Senayan City menghadirkan kembali panggung The Gentlemen’s pada Senin, 16 Maret 2020. Koleksi dari Wilsen Willim, AMOTSYAMSURIMUDA dan Henri Winata, menampilkan signature touch and taste untuk inspirasi gaya anak muda.

Senayan City menggelar Fashion Nation ke-14 menampilkan sejumlah koleksi pakaian desainer Indonesia
Koleksi Sebastian Gunawan di Opening Night Senayan City Fashion Nation XIV | Foto: Highlight.ID

FASHION STATEMENT

Pakaian dan gaya yang dikenakan menjadi sebuah pernyataan secara visual akan bagaimana karakter individu tersebut. Senayan City menghadirkan kemasan presentasi menarik dari desainer FASHIONLINK X #BLCKVNUE menampilkan runway FASHION STATEMENT oleh Dailydarling x Belladarling, Odiva, dan Suedeson pada Selasa, 17 Maret 2020.

UP&COMING

Seiring dengan perkembangan mode yang menghadirkan desainer muda, Senayan City Fashion Nation XIV Edition menampilkan UP & COMING featuring Calla The Label, Eureka, Studio 1319, dan The Escapade Story pada Rabu, 18 Maret 2020. Mereka yang telah terkenal dengan konsistensinya menghadirkan koleksi ready-to-wear dengan permainan motif khas dari para desainer yang cocok bagi para fashion enthusiast yang senang bermain OOTD.

ICONIC MEN #NEXTLEVELBATIK

Who shape the pop culture? Berkolaborasi bersama Iwan Tirta Private Collection dan Wong Hang Tailor, Senayan City memberikan penghargaan kepada sosok laki-laki iconic yang telah memberikan kontribusi, inovasi, dan warna baru dalam dunia pop culture di Indonesia. Penghargaan ini diberikan dalam acara Senayan City Fashion Nation XIV Edition dalam sebuah gelaran fashion presentation bertema #NextLevelBatik bersama Iwan Tirta Private Collection (ITPC) dan Wong Hang Tailor pada Rabu, 18 Maret 2020.

Senayan City menggelar Fashion Nation ke-14 menampilkan sejumlah koleksi pakaian desainer Indonesia
Koleksi Sebastian Gunawan di Opening Night Senayan City Fashion Nation XIV | Foto: Highlight.ID

Runway Hits ‘Style-Setter’

Kembali di tahun ke-9, Runway Hits hadir dengan tema “Style-Setter” yang menggambarkan Senayan City sebagai trendsetter dengan mengedepankan kreativas sebagai dasar utama dalam pekan industri mode serta deretan iconic program yang dihadirkan. Tahun ini, empat desainer dan label lokal menjadi wujud nyata bagaimana style terbentuk karena kontribusi anak bangsa. Para penggerak tren ini adalah MORAL, Studio Jeje, Rinda Salmun, dan Yosafat Dwi Kurniawan.

STYLE MAKERS AWARD 2020

Tak kalah penting, Senayan City Fashion Nation XIV Edition kembali lagi dengan Style Makers Award 2020. Momen penganugerahan kepada para iconic figure yang dapat menjadi inspirasi dan influence dalam tak hanya gaya yang mereka pakai, tapi juga dalam kontribusi mereka untuk menebarkan positive attitude. Tahun ini, Style Makers Award akan diberikan dalam tiga kategori yang selalu ada, yaitu Most Stylish Female Celebrity, Most Stylish Male Celebrity dan Most Stylish Model. Sedangkan dua kategori baru adalah Most Stylish Icon of Change dan Most Stylish Creative Minds.

DAILY FASHION SHOW

Fashion Nation XIV Edition juga menghadirkan deretan show dari tenant Senayan City seperti Cottonink, ELC, Gingersnaps, Justice, Mothercare, dan Wilio. Semakin memeriahkan panggung Fashion Nation XIV Edition juga hadir deretan desainer berbakat tanah air seperti Buttonscarves, Fab Ind Atelier, KAMI, KLE, Menoor Batik, Savlavin, TS The Label. Beberapa fashion school juga turut berpartisipasi di antaranya Sparks Academy, ESMOD, dan LPTB Susan Budihardjo. Ada juga partisipasi dari Modest Fashion Project (MOFP), Fimela ‘Lady Boss’ stage. Deretan fashion presentation ini dapat dinikmati oleh pengunjung mulai dari tanggal 12 – 18 Maret 2020.

Baca juga:

SCX BEAUTÈ INSIDER VOL.3

Khusus untuk SCX Iconic Member, nikmati program belanja SCX BEAUTÈ INSIDER VOL.3 selama Fashion Nation XIV Edition dengan berbelanja minimum Rp1 juta setiap harinya selama periode 12 – 18 Maret 2020. Dapatkan instant rewards Senayan City e-voucher Rp100.000, XXI Movie Ticket, H&M Voucher, Cottonink Voucher, dan beauty hampers untuk 20 SCX members pertama di weekdays dan 50 SCX members pertama di weekend.

Program SCX BEAUTÈ TOP SPENDER juga memberikan exclusive gift berupa dua economy class tickets by Turkish Airlines untuk mengunjungi Milan atau berbagai destinasi favorit Eropa lainnya untuk 1 SCX member pertama yang merupakan top spender di tanggal 14 Maret 2020 dengan minimal transaksi tertentu. Serta, SCX BEAUTÈ SURPRISES pada tanggal 14 – 15 Maret 2020 memberikan hadiah menarik seperti voucher menginap 3D/2N di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Fendi Sunglasses dan masih banyak lagi.

Program ini berlaku untuk 2 member pertama per hari dengan minimal belanja tertentu. Jangan lewatkan juga SCX BEAUTÈ WEEK pada tanggal 13, 14, dan 18 Maret di tenant YSL dan NARS yang memberikan kesempatan untuk makeup class dan make over dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Khusus tanggal 12 – 18 Maret 2020, para tamu undangan dapat menikmati promo spesial dari tenant Senayan City dengan menunjukkan invitation Fashion Nation XIV Edition. Nikmati promo discount dan gift with purchase di berbagai tenant berikut ini: Adidas, BCBG, Dorothy Perkins, H&M, Hoops Indonesia, Kiehls, L’Occitane, Mango, Puma, Skechers, Steve Madden, Watch World, Watch Zone dan masih banyak lagi. Promo F&B dengan promo discount hingga special price di tenant berikut: Bae by Socieaty, Brewekz, Devon, En Dining, Kitchenette, Ming Palace, Papparich, Pesto, Pippo, The Duck King, dan masih banyak partisipan lainnya.