Home Beauty Halal Expo Indonesia (HEI) 2019 Siap Digelar, Temanya “Halal is Everything”

Halal Expo Indonesia (HEI) 2019 Siap Digelar, Temanya “Halal is Everything”

Halal Expo Indonesia (HEI) 2019 menampilkan beragam aktivitas seperti pameran kajian forum diskusi
Konferensi Pers Halal Expo Indonesia di The Dharmawangsa Jakarta (28/11/2019)| Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Untuk yang kedua kalinya, Halal Expo Indonesia (HEI) hadir kembali tahun ini. Dengan tema “Halal is Everything”, Halal Expo Indonesia 2019 dilaksanakan tanggal 6 – 8 Desember 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Halal Expo Indonesia yang diselenggarakan oleh Skyconnection menampilkan pameran produk-produk halal mulai dari makanan, fashion, kosmetik, farmasi, properti, pendidikan, travel umroh dan haji hingga financial.

Selain pameran industri halal, Halal Expo Indonesia 2019 juga mempunyai beragam konten menarik. Konten unggulan Halal Expo Indonesia kali ini yakni HEISpeak, HEIshare, HEIkids, dan HEIact. HEISpeak adalah forum diskusi bagi para pengunjung untuk belajar dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang halal dalam Islam. Tujuan HEISpeak adalah untuk menyatukan pendapat mengenai halal dari sudut pandang yang berbeda dan dilegitimasi oleh para ustadz sesuai kaidah agama yang tertuang dalam Al Qur’an dan Hadist.

Baca juga:

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Halal Expo Indonesia bakalan lebih meriah dengan adanya konferensi yang menghadirkan sejumlah narasumber. “(HEI) Pertama kali kita sesi talkshow-nya sedikit, kalo ini kita bukakan satu hall sediri untuk benar-benar ada conference-nya,” kata Aryo Wibisono selaku CEO Skyconnection pada acara Konferensi Pers (HEI) di Nusantara Garden, The Dharmawanga, Jakarta pada Kamis (28/9/2019).

Menyatukan Persepsi

“Kenapa sih kita beda dari yang lain? Kita benar-benar mempersatukan akademisi, regulator, ada BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal), MUI (Majelis Ulama Indonesia), praktisi, ustadz untuk melegitimasi apa yang kita bicarakan sehingga punya persepsi yang sama yang bisa kita aplikasikan secara bersama-sama di masyarakat sehingga Insya Allah membawa gelombang perubahan yang lebih nasional,” tambah Aryo.

Seperti yang dijelaskan Aryo, tujuan utama acara HEI yakni dakwah. “Tujuannya, yang jelas nomor satu dakwah. Targetnya semua orang yang hadir atau bahkan masyarakat Indonesia teredukasi tentang semua hal yang halal. Nggak cuman makanan sama ekonomi, semua aspek dari hulu ke hilir ada,” ujar dia.

Halal Expo Indonesia (HEI) 2019 menampilkan beragam aktivitas seperti pameran kajian forum diskusi
Konferensi Pers Halal Expo Indonesia di The Dharmawangsa Jakarta (28/11/2019)| Foto: Highlight.ID

Halal Expo Indonesia yang harga tiket masuknya seharga Rp55 ribu untuk daily pass dan Rp137.500 untuk 3-Day Pass juga menyediakan arena bermain bagi anak-anak yang disebut dengan HEIkids. Satu dari sekian banyak games yang disediakan adalah lomba mewarnai karakter Nussa. Selain itu, Halal Expo Indonesia juga menyelenggarakan lomba adzan dan murottal untuk tingat sekolah dasar (SD) hingga universitas. HEI menyediakan pula umroh dan uang tunai yang akan diselenggarakan langsung oleh qori terkenal dari Indonesia dan luar negeri.

Ustad Fatih Karim mengatakan bahwa ajang Halal Expo Indonesia merupakan sarana pembelajaran untuk memahami lebih dalam tentang halal dalam berbagai aspek kehidupan. “Saya melihat, Indonesia ini sudah saatnya memimpin perubahan dunia. Karena kata Nabi (Muhammad SAW) di akhir zaman, yang memimpin peradaban adalah negeri paling Timur. Ternyata negeri paling Timur itu Indonesia bukan Timur Tengah. Indonesia ini yang akan memimpin peradaban di akhir zaman. Nah, bagaimana mau memimpin tapi nggak paham (tentang halal), berarti kan butuh edukasi. Halal Expo Indonesia inilah saya pikir (sarana) edukasinya,” jelas Ustad Fatih Karim.

“Saya bisa katakan, event HEI ini bukan hanya gelombang perubahan, gelombang dakwah tapi juga gelombang lifestyle dan ini menarik, keren,” tambahnya.

Peduli Lingkungan

Lewat program HEIact, Halal Expo Indonesia berupaya untuk mengedukasi pengunjung tentang pentingnya pengurangan sampah. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu sedekah sampah, pemilahan jenis sampah, dan pengurangan penggunaan plastik. Tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang less waste sehingga sampah plastik di Indonesia dapat dikurangi seminimal mungkin.

Baca juga:

Untuk mendukung program HEIact Less Waste ini, pengunjung diharapkan membawa tumbler masing-masing. Selain itu, pengunjung diminta untuk bersedekah sampah yang sampahnya akan dikumpulkan di venue. Dalam kegiatan ini, HEI bekerja sama dengan bank sampah dan tempat pembuangan sampah (TPS) terpadu di sekitar venue.

Pengunjung akan dibagikan telo bag, yakni tas yang terbuat dari serat ketela yang berfungsi untuk menampung barang-barang pengunjung. Tong sampah yang tersebar di sekitar venue dibagi menjadi tiga yaitu sampah organik, sampah plastik, dan sampah lainnya. Sampah yang dihasilkan selama event akan dipilah dan didaur ulang.

Program Ta’aruf

Pada event HEI, ada kegiatan ta’aruf untuk mereka yang ingin mencari pasangan hidup. “Semua yang berminat ta’aruf boleh memasukkan CV (curriculum vitae), nanti kita pertemukan. Nanti pada saat hari H juga bisa,” ujar Aryo. Menurutnya peminat ta’aruf lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki karena umumnya kaum pria lebih banyak pertimbangan untuk menikah.

“Nah, itu yang akan kita edukasi untuk semua orang, menikah enggak sesusah itu. Memiliki kehidupan rumah tangga akan lebih baik secara rizki,” imbuhnya.

Sementara itu, Erwin Raja mengatakan, “Acara ini kita kemas lebih grande, untuk seluruh kalangan baik untuk anak kecil hingga dewasa. Kita kemas lebih epic Insya Allah tanpa meninggalkan hukum-hukum syar’i.” Meskipun demikian, acara Halal Expo Indonesia bukan hanya ditujukan untuk umat muslim saja, namun untuk semua masyarakat yang berbeda-beda agama.