Home Arts FOSHARE Day Festival, Event Fotografi di Penghujung Tahun 2019

FOSHARE Day Festival, Event Fotografi di Penghujung Tahun 2019

Komunitas Fotografi Secret (FOSE) menggelar FOSHARE Day Festival menampilkan workshop dan lomba foto model
FOSHARE Day Festival | Foto: Instagram/@aeonmall_jakartagardencity

Highlight.ID – Apa jadinya jika 12 tokoh fotografi senior dan ternama di Indonesia berkumpul dalam sebuah talk sow? Sudah pasti akan ada banyak cerita pengalaman dan ilmu yang berseliweran dari tokoh-tokoh tersebut. Sebut saja Darwis Triadi, Arbain Rambey, Ferry Ardianto, Fajar Kristiono, Ridha Kusumabrata, Lateevhaq, WS Pramono, Hendra Lesmana, Doddy S Mawardi, Rezki Sterneanto, dan Ully Zoelkarnain.

Debut dan pengalaman mereka dalam dunia fotografi tak bisa dipandang sebelah mata. Berbagai karya seni, baik komersial maupun nonkomersial telah berseliweran di kanvas-kanvas digital, media iklan cetak atau televisi, dan lain-lain. Maka layaklah, jika kiprah mereka menjadi panutan bagi generasi berikutnya.

Kemajuan teknologi berdampak besar bagi perkembangan fotografi. Karenanya, perkembangan fotografi juga mengikuti perkembangan zaman. Mesin-mesin penangkap gambar semakin berotak pintar dalam membekukan sebuah objek. Fotografi masa kini memasuki era di mana skill tergeser dengan kepintaran mesin. Setidaknya ini yang diyakini oleh mereka yang mendewakan mesin.

Lalu pertanyaannya adalah: Bukankah karya seni tak terbatas pada gear berupa alat, mesin atau kamera?

Sehebat atau betapa canggihnya alat fotografi, tetap keputusan mutlak ada pada sang fotografer. Fotografer lah yang memutuskan apa yang akan dimasukkan atau apa yang akan diabaikan saat pengambilan objek. Fotografer juga lah yang menentukan proses seleksi, sabar menunggu momen terbaik, dan memutuskan sudut fotografi terbaik.

Baca juga:

Belum lagi dalam mengkreasikan karya, fotografer mempunyai motto: “Make photo, not just take photo”. Sang fotografer menjadi penentu kreasi dan seni karya. Maka, tidaklah berlebihan jika akhirnya para tokoh ini mempunyai keinginan untuk meluruskan kembali dan menempatkan fotografi pada jalur yang semestinya.

Para pakar fotografi tampil di atas panggung di acara FOSHARE Day Festival yang diselenggarakan oleh Komunitas FOSE (Fotografi Secret). Kegiatan Foshare Day Festival berupa arathon workshop mulai berlangsung dari tanggal 6 – 8 Desember 2019, di Atrium Utama Mall AEON Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur.

FOSHARE adalah kependekan dari FOSE Sharing, salah satu program sharing mingguan dari Komunitas FOSE yang diadakan setiap Rabu malam pukul 20.00-22.00 WIB secara online di Telegram group @fotografisecrets. Sudah 2 tahun ini, FOSE selalu berupaya tetap konsisten menghadirkan tokoh fotografi senior dan professional, untuk berbagi ilmu dan pengalaman seputar dunia fotografi.

Komunitas Fotografi Secret (FOSE) menggelar FOSHARE Day Festival menampilkan workshop dan lomba foto model
FOSHARE Day Festival | Foto: Instagram/@aeonmall_jakartagardencity

Member FOSE di Telegram grup saat ini mencapai 1.580 orang, tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sampai tahun kedua ini, sudah 36 ribu foto lebih di-share di grup. Tidak hanya secara kuantitas, kualitas karyanya pun semakin meningkat. Sebagai bentuk apresiasi, karya mereka dicetak serta dipajang dalam galeri pameran.

Untuk mewujudkan visi dan misinya, FOSE setiap tahun berupaya menggelar galeri pameran. Di tahun kedua ini, FOSHARE day Festival yang sekaligus merupakan event akbar fotografi akhir tahun dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara seperti Foshow/Pameran 50 foto karya terbaik member FOSE yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, ada Marathon Workshop berupa Talkshow yang menghadirkan 12 tokoh fotografi ternama dan senior Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, 12 tokoh ini akan talkshow dalam satu panggung sekaligus. Lalu, ada lomba foto 9 model kelas atas, bertajuk “Conceptual Photo Competition” dan parade dan karnaval budaya.

Lomba foto model ini menghadirkan Baby Margaretha, Jessica Wongso, Adelia Zizi, Karlin, Mira Persia, Sandra Yunita, Indri Mohana, Regita Kremer, dan Novilia Annisa. Mengusung konsep-konsep film terbaru akhir tahun 2019, lomba foto model menyiapkan total hadiah Rp12 juta lebih.

Untuk memeriahkan acara, FOSHARE Day Festival menampilkan karnaval budaya dengan kostum Jember. Ada 20 lebih model yang berparade dengan berbagai kostum apik dan menarik untuk difoto. Apalagi dengan latar belakang roda bianglala terbesar di Indonesia, yang tertancap megah di atas Aeon Mall.

FOSHARE Day Festival bekerja sama dengan APFI (Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia), dan didukung penuh Aeon Mall Jakarta Garden City. Semangat kolaborasi antara brand, tokoh dan komunitas ini bertujuan untuk memajukan fotografi di Indonesia. Diharapkan, fotografi tidak saja hanya sebagai sebuah hobi atau karya seni, namun juga menjadi sebuah profesi dan karya yang patut diapresiasi lebih. Atau minimal, bermanfaat bagi lintas manusia, tidak hanya bagi para fotografer.