Home Arts Aneka Produk Interior dan Furnitur di Pameran Hospitality Indonesia

Aneka Produk Interior dan Furnitur di Pameran Hospitality Indonesia

Pameran Hospitality Indonesia menampilkan beragam produk interior dan furnitur
Pameran Hospitality Indonesia | Foto: Ist.

Highlight.ID – Gelaran pameran industri hospitality dan desain satu-satunya di Indonesia, Hospitality Indonesia resmi digelar pada Rabu, 23 Oktober 2019 di Hall A – Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran Jakarta. Ini adalah tahun kedua Hospitality Indonesia diadakan setelah edisi pertama sukses pada 2018.

Pameran yang merupakan sinergi antara API Traya dan JIExpo Kemayoran Jakarta, serta didukung oleh Kementerian Perindustrian, Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan Indonesia Furniture & Craft Promotion Forum (IFPF) ini berlangsung selama 4 hari yakni dari 23 – 26 Oktober 2019. Adapun tema yang diangkat adalah “Engage the Future of Hospitality” yang merefleksikan kekuatan kolaborasi yang semakin padu dari industri yang terkait di dalamnya.

Baca Juga: Ragam Produk Kerajinan Lokal Unggulan di CRAFINA 2019

Bekonsep business to business (B to B), Hospitality Indonesia diikuti oleh lebih dari 100 exhibitor lokal yang merupakan pelaku industri di bidang furnitur dan kerajinan, desain interior, serta hotel supplier yang telah berpengalaman dan teruji kualitasnya dalam pengerjaan proyek-proyek seperti hotel, restoran, kafe, perkantoran, co-working space, airport, dan ruang public baik di dalam maupun luar negeri.

“Hospitality Indonesia siap menjawab kebutuhan desain, interior hotel restoran dan cafe (horeca), para pelaku bisnis hospitality lainnya termasuk pemilik co-working space, industri e-commerce, distributor dan masyarakat umum,” papar Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional, Bambang Setiawan. Sebanyak 5000 buyers potensial dari Asia Tenggara, Australia dan sejumlah negara lainnya juga dihadirkan. Menurut Bambang, ini merupakan kesempatan bagi produk di industri hospitality untuk beproses menjadi trendsetter di pasar global.

Sunardi M. Sinaga, Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi mengapresiasi gelaran Hospitality Indonesia. Sebagai tuan rumah, posisi Jakarta semakin strategis dan paling prospektif dalam perkembangan pariwisata setelah Bali.

Baca Juga: Unsur Alam Menjadi Tren Desain di Industri Mebel, Kriya, dan Horeca

Pameran Hospitality Indonesia menampilkan beragam produk interior dan furnitur
Pameran Hospitality Indonesia | Foto: Ist.

“Jakarta didapuk menjadi kota dengan pertumbuhan pariwisata tertinggi di dunia pada 2017 oleh World Travel and Tourism Council (WTTC). Ini menjadi tantangan bagi kami untuk semakin berbenah meningkatkan pelayanan dan infrastruktur transportasi demi memperlancar mobilitas sehingga dapat mendorong investasi bisnis, khususnya di bidang pariwisata yang mengalami tren kenaikan positif ,” pungkasnya.

Jakarta menurutnya merupakan daerah dengan konsumen tertinggi untuk produk sandang, pangan dan papan. Tentu menjadi peluang besar bagi pelaku usaha mebel dari luar daerah untuk memasarkan produknya di Jakarta. Karena itu, Sunardi M. Sinaga berharap, Hospitality Indonesia bisa menjadi agenda rutin dan masuk dalam rangkaian kegiatan HUT Jakarta.

Meningkatkan Ekspor

Abdul Rochim, M.Si Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dalam sambutannya menyampaikan, gelaran semacam ini sangat penting dalam mendorong perkembangan industri furnitur nasional. Kementerian Perindustrian mencatat, sepanjang 2018, kontribusi industri furnitur terhadap PDB industri nonmigas sebesar 1,36%.

Baca Juga: INACRAFT 2019 Angkat Kesenian dan Kebudayaan Betawi

Pameran Hospitality Indonesia menampilkan beragam produk interior dan furnitur
Pameran Hospitality Indonesia | Foto: Ist.

Kinerja ekspor industri furnitur Indonesia dalam tiga tahun terakhir juga menunjukkan tren kenaikan. Pada 2016, nilai ekspornya sebesar US$1,60 miliar, naik menjadi US$1,63 miliar pada 2017. Sepanjang 2018, nilai ekspor produk furnitur nasional kembali mengalami kenaikan hingga US$1,69 miliar atau naik 4%. Dan, Indonesia baru berada di peringkat 21 dunia.

“Saya optimis peringkat Indonesia bisa melesat karena kita memiliki keunggulan kompetitif seperti ketersediaan bahan baku dan SDM yang melimpah. Kita harus berkolaborasi meningkatkan ekspor furniture. Kawasan Asia Pasifik dan Amerika Utara merupakan pasar furniture yang strategis,” ungkapnya

Baik Ketua Umum Indonesia Furniture Promotion Forum (IFPF), Erie Sasmito maupun Ketua Umum Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII), Rohadi siap untuk saling menguatkan dan berkolaborasi demi menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Hanya saja, dibutuhkan roadmap pengembangan industri hospitality untuk mendapatkan kesepahaman bersama karena ada acuan dan target yang jelas antara para pelaku bisnis industri hospitality, desainer, dan pemerintah.

Pameran Hospitality Indonesia menampilkan beragam produk interior dan furnitur
Pameran Hospitality Indonesia | Foto: Ist.

Beragam Sektor Industri

Secara keseluruhan, pameran ini terbagi dalam 3 sektor utama yaitu Furniture & Craft Indonesia, Mozaik Indonesia dan Hotel Sourcing Indonesia dengan pemerintah. Sektor Furniture & Craft Indonesia menampilkan sejumlah brand furniture kenamaan seperti Wisanka Piguno, Ribka Furniture, Yudhistira hingga Decorus yang telah berpengalaman melayani kebutuhan ekspor dan proyek-proyek residensial internasional.

Sektor Mozaik Indonesia menghadirkan di antaranya Paviliun Kementerian Perindustrian Direktorat Jenderal Industri Agro, Kanuawi Living, Mil & Bay, dan Pineapple Lifestye Furniture siap memikat pengunjung dengan berbagai inovasi desain dalam bidang interior design, furniture design, interior textiles, lighting, home textiles hingga landscape design.

Sementara sektor Hotel Sourcing Indonesia menyajikan sederetan brand kenamaan seperti Suparma, BenQ dan Massindo Karya Prima yang akan tampil lewat berbagai terobosan pada mattress design & technology, tableware, horeca equipment, hospitality technology, hingga perlengkapan spa dan wellness.

Pameran Hospitality Indonesia menampilkan beragam produk interior dan furnitur
Pameran Hospitality Indonesia | Foto: Ist.

Selain display produk, Hospitality Indonesia untuk pertama kalinya, memberikan penghargaan Gold Designer kepada desainer yang berprestasi atas karya-karyanya dalam bidang hospitality. Adapun penerima penghargaan Gold Designer tahun ini jatuh kepada Eugenio Hendro

Ia kini berkolaborasi dengan Bramble Furniture, sebuah perusahaan furnitur berbasis di AS yang berfokus pada furniture buatan tangan (handmade) di Indonesia. Para pengunjung yang penasaran melihat karyanya, dapat berkunjung ke instalasi desain dalam “The Lobby by Bramble” yang berupa dua buah ruang yang memadukan unsur bumi dan laut yang terletak di Hall A1 dan A3 di JIExpo.

Hospitality Indonesia juga sekaligus menjadi ajang edukasi desain kepada masyarakat tentang tren yang berkembang yang diinternalisasikan dalam rangkaian seminar dan workshop. Acara inspiratif bertajuk “InspireTalk” ini menghadirkan para pembicara kompeten di bidang hospitality dan desain.

HDII menghadirkan 2 desainer Indonesia yaitu William K. Patty dari Hadiprana dan Ariya Sradha dari Tata Wastu Asia yang banyak mendebutkan karya desain hotel di Indonesia dan luar negeri. Mereka siap berbagi pengalaman, idea, dan tren terkini khususnya dalam desain resort dan business hotel (23 Oktober 2019). Topik lainnya yang menarik diangkat bertajuk “The Lobby: Inspired by Land and Sea:, “Think Thank Talks by Anabata (23 Oktober 2019), dan ‘Smart Comfort Seminar by Spring Air” (25 Oktober 2019).

Pada hari terakhir, Sabtu, 26 Oktober 2019, Hospitality Indonesia mengundang masyarakat umum untuk datang tanpa dikenakan tiket masuk mulai dari pukul 10.00 – 17.00 WIB. Selain berkesempatan mendapatkan inspirasi terkait tren hospitality terkini, masyarakat umum dapat pula membeli produk-produk interior, tableware, dan spa langsung dari produsen dengan harga promo.