Highlight.ID – Keragaman budaya, suku, dan etnik Indonesia sebagai negara kepulauan tercermin dalam keragaman seni dan kerajinan sebagai hasil karya bangsa yang bernilai seni tinggi. Keanekaragaman seni dan kerajinan tersebut dengan nilai-nilai kearifan budaya lokal yang terkandung di dalamnya juga menjadi sektor industri unggulan dalam negeri.
Produk-produk tersebut mulai menjadi sebuah tren positif dan diaplikasikan dalam aktivitas dan gaya hidup sehari-hari khususnya di kalangan generasi muda. Perkembangan produk industri kreatif Indonesia mengalami kemajuan yang sangat signifikan, sehingga menjadi salah satu pemasok devisa dan penggerak perekonomian nasional.
Baca juga:
- Aneka Produk Interior dan Furnitur di Pameran Hospitality Indonesia
- 8 Merek Batik Indonesia yang Sesuai dengan Perkembangan Zaman
- Mewarisi Kekayaan Budaya yang Bernilai Seni Tinggi dengan Belajar Membatik
Industri ini cukup menarik minat banyak pelaku ekonomi untuk mulai menjajaki prospeknya. Indonesia, sebagai negara yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia berkecukupan dan dengan pasar yang cukup menjanjikan baik di dalam maupun di luar negeri, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku kreatif untuk terus mengembangkan kreativitas dan inovasi produknya. Tentunya dengan dukungan pemerintah daerah dibantu dengan pemerintah pusat, melalui program dan kebijakan-kebijakan ekonomi kreatifnya, terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk Indonesia, khususnya produk kerajinan.
Pameran CRAFINA yang diselenggarakan untuk ke-12 kalinya memamerkan produk kerajinan unggulan berbasis bahan baku yang dihasilkan oleh para produsen dan perajin dari seluruh Indonesia. Diinisiasi oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bersama Mediatama Binakreasi, pameran CRAFINA ini akan memanjakan para stakeholder industri kerajinan Indonesia dengan showcase produk-produk unggulan sebagai trendsetter Kerajinan Nusantara.
Dengan tema “From Natural Resources to Creative Product for Lifestyle“, pameran ini menampilkan berbagai produk kerajinan terbaik persembahan anak negeri, di antaranya produk fashion unggulan, serta produk kerajinan tangan lainnya seperti batik, tenun, aksesoris, perhiasan, perlengkapan dekorasi ruangan, dan lainnya.
Pemanfaatan dan penggunaan produk kerajinan saat ini sudah menjadi tren lifestyle negara-negara berkembang di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Tahun ini, CRAFINA yang diresmikan oleh Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka – Kementerian Perindustrian, Gati Wibawanigsih, diselenggarakan pada tanggal 16 – 20 Oktober 2019 di JCC, Senayan.
Setiap harinya, pameran dibuka pada pukul 10 pagi hingga 10 malam, biaya masuk gratis. Lebih dari 400 perusahaan kerajinan Indonesia yang menempati stan di Main Lobby, Plenary Hall dan Assembly Hall. Dengan jumlah peserta tersebut menunjukan bahwa UKM kerajinan Indonesia telah mampu berkembang dan mandiri serta mampu bersaing dengan negara-negara lain. Selama pameran, ditargetkan transaksi ritel dan kontak dagang CRAFINA tahun ini mencapai Rp20 milyar, dan jumlah pengunjung mencapai 40.000 pengunjung.
Para pengunjung dan pembeli dari dalam dan luar negeri diharapkan dapat menemukan produk-produk kerajinan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, tanpa melupakan aspek kelestarian lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, melalui CRAFINA 2019 diharapkan agar pelaku industri kerajinan terus mengembangkan ide, kreasi, dan inovasi baru sehingga menghasilkan produk-produk kerajinan yang eksklusif dan memiliki nilai jual tinggi di pasar Internasional. Dengan demikian, industri kerajinan dapat dijadikan sebagai penopang ekonomi rakyat yang senantiasa akan terus tumbuh dan berkembang di masa mendatang.
Penyelenggaraan pameran CRAFINA tahun ini dimeriahkan oleh berbagai acara menarik seperti, workshop membatik bersama KitaBatik, pertunjukan kesenian persembahan dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, penampilan kesenian Reog Ponorogo, serta Lantunan lagu-lagu Nusantara yang dibawakan secara acapella oleh Pentaboyz. Para pengunjung juga dapat menikmati aneka kuliner CRAFINA 2019 di area Mezzanine.
CRAFINA 2019 berkerja sama dengan akun personal buyer/Jastip media sosial yang membantu para pengunjung CRAFINA yang belum sempat hadir langsung ke pameran. Selain itu, bagi para pengunjung yang telah berbelanja di CRAFINA 2019 dimudahkan dengan ketersediaannya layanan instant courier atau pengiriman 1 hari sampai untuk wilayah Jabodetabek.
Temukan berbagai produk kerajinan terbaik karya anak bangsa hanya di Crafina 2019, CRAFINA LOKAL BANGET! Informasi jadwal dan selengkapnya dapat mengunjungi website dan official media sosial CRAFINA 2019.