Highlight.ID – Pameran kecantikan terbesar di Indonesia, Cosmobeauté Indonesia, kembali digelar. Tahun ini, Cosmobeauté Indonesia berlangsung pada Kamis, 17 Oktober sampai 19 Oktober di Jakarta Convention Center (JCC). Cosmobeauté Indonesia yang keempat belas kalinya menghadirkan lebih dari 400 merek kecantikan dari 370 perusahaan.
Para peserta Cosmobeauté Indonesia tersebut berasal dari 14 negara. Menargetkan 15 ribu pengunjung, Cosmobeauté Indonesia menempati area pameran seluas 10.766 meter persegi. Terdapat 7 paviliun negara yakni Cina, Jepang, Korea, Polandia, SIngapura, Taiwan, dan Thailand.
Baca Juga:
Arman Armano, Make Up Artist yang Kini Lebih Fokus Mengajar
Juanita Sorerakoesoemah, Event Director PT Pamerindo Indonesia menuturkan, “Cosmobeauté Indonesia adalah pameran dagang terbesar untuk industri kecantikan di Indonesia. Selama 14 tahun penyelenggaraannya, banyak bisnis kecantikan tumbuh dan berkembang bermula dari event ini. Tahun ini bahkan kami memulai satu hal baru dengan memperkenalkan supply chain area yang memungkinak anda untuk membangung produk dengan mereka anda sendiri tanpa harus bangun pabrik dan gak ribet.”
Supply chain area memamerkan segala hal mulai dari bahan baku hingga pengembangan produk dan pengemasan. Pemilik merek tidak perlu membuat produk sendiri yang biasanya memerlukan waktu yang tidak singkat mulai dari riset, pemilihan bahan, dan lain-lain. Cukup melakukan pemesanan produk sesuai yang diinginkan kepada pemasok, kemudian memberikan merek dan menjualnya kepada konsumen.
Cosmobeauté Indonesia 2019 menghadirkan beragam bahan inovatif, komponen canggih, kemajuan teknologi, pemasaran yang kreatif, dan masih banyak lagi. Terdapat lebih dari 30 perusahaan yang siap menjadi pemasok untuk mewujudkan private label.
Baca Juga:
Cosmobeauté Indonesia 2018, Surga Bagi Pecinta Produk-produk Kosmetik
“Sama halnya dengan fashion, produk kecantikan masih menjadi barang yang paling diminati di belanja online di Indonesia. Ini peluang besar dengan hadirnya merek-merek lokal yang mampu menandingi produk-produk kecantikan yang lebih dulu hadir,” jelas Juanita.
Selain dukungannya bagi pertumbuhan industri kecantikan lokal, Cosmobeauté Indonesia 2019 juga memberikan perhatian seputar topik hangat di industri kecantikan dunia. Topik tersebut yakni tentang industri kecantikan berkelanjutan.
Produk kecantikan dapat membantu pemakainya tampil menarik dan percaya diri. Di sisi lain, produsen dituntut untuk mampu menghadirkan produk ramah lingkungan baik dalam hal pemilihan bahan, pemrosesan, dan pengemasan. Beberapa produsen di Cosmobeauté Indonesia 2019 membawa produk kecantikan yang ramah lingkungan.
Baca Juga:
Rudy Hadisuwarno School Gelar Graduation Show
“Keberlanjutan telah menjadi perbincangan selama beberapa dekade, namun perkembangannya masih lambat. Dari perspektif lingkungan, tidak cukup dengan menciptakan produk yang tidak berdampak buruk bagi bumi. Produsen juga harus menambahkan nilai positif pada produknya. Anda akan bertemu dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap kelestarian lingkungan,” imbuh Juanita.
Pamerindo bekerja sama dengan berbagai asosiasi pendukung dan peserta pameran menampilkan beragam kegiatan seperti pertemuan bisnis, pagelaran kecantikan, workshop, dan seminar. Rangkaian acara tersebut menyediakan banyak platform bagi peserta pameran dari luar negeri untuk berjeraring dengan distributor di Indonesia. Sedangkan perusahaan dalam negeri dapat memamerkan produk dan jasa mereka untuk meraih pasar lebih luas.
Beberapa acara menarik selama penyelenggaraan Cosmobeauté Indonesia 2019 di antaranya yakni ASEAN Creative Hair & Makeup Competition 2019, COsmohair Salon COmpetition, Cosmobeauté World PMU Master Classes Congres & COmpetition, Barbering in Asia Event bekerja sama dengan Indonesia Barber Association dan Asian Hair Masters Association, The 5th Beauty Icon Awards 2019, The CosmoAesthetic Conference bekerja sama dengan RSPAD Gatot Soebroto, The Supply Chain Conference, Korean Nail Cup 2019, dan acara menarik lainnya.