Home Arts Pamerkan Produk Kerajinan, Indocraft 2019 Bertemakan “Batik All The Way”

Pamerkan Produk Kerajinan, Indocraft 2019 Bertemakan “Batik All The Way”

Indocraft 2019 menampilkan beragam produk lokal seperti batik dan aksesori khas Indonesia
Pameran Indocraft 2019 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Mengusung sub-tema “Batik All The Way”, pameran Indocraft berlangsung tanggal 30 Oktober hingga 3 November 2019 di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran tahunan yang ke-16 kalinya ini resmi dibuka oleh Asrorun Ni’am Sholeh selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia pada Rabu (30/10).

Rizal Adiputra, Ketua Pelaksana Pameran Indocraft, dalam laporannya pada acara Opening Ceremony Indocraft 2019 mengatakan, “Indocraft merupakan pameran kerajinan yang telah diselenggarakan untuk keenam belas kali oleh PT Debindomulti Adhiswasti sejak tahun 2004. Pameran kali ini diikuti kurang lebih 160 peserta yang terdiri dari: 2 Badan Usaha Milik Negara, menampilkan 10 UKM (usaha kecil menegah) binaan; 5 Pemerintah Daerah, menampilkan 13 UKM binaan; dan 133 UKM swasta mandiri serta 5 anggota Komunitas Desainer Etnik Indonesia.”

Indocraft 2019 menampilkan beragam produk lokal seperti batik dan aksesori khas Indonesia
Opening Ceremony Indocraft 2019 | Foto: Highlight.ID

“Pameran akan diisi dengan berbagai kegiatan berupa fashion show dan talkshow interaktif bersama Komunitas Desainer Etnik dan IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) serta Wirawati Catur Panca dan kompetisi Milenial Model Award,” tambahnya. Pada kesempatan tersebut, Rizal Adiputra mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap berbagai pihak yang mendukung terlaksananya Pameran Indocraft 2019.

Pameran Indocraft memposisikan diri sebagai representasi keunggulan ekonomi kreatif Indonesia khususnya sektor fesyen batik dan aksesorisnya termasuk ragam hasil kerajinan Nusantara. Sub-tema “Batik All The Way” menggambarkan semangat bangsa dalam menggunakan dan melestarikan warisan budaya batik.

Indocraft 2019 menampilkan beragam produk lokal seperti batik dan aksesori khas Indonesia
Pameran Indocraft 2019 | Foto: Highlight.ID

Sementara itu, Asrorun Ni’am Sholeh dalam sambutannya menyatakan bahwa pameran Indocraft 2019 merupakan salah satu ikhtiar dalam upaya membangun kemandirian bangsa Indonesia. “Kita lihat partisipasi masyarakat di dalam industri kreatif begitu tinggi. Tanggung jawab kita semua khususnya pemerintah untuk memberikan dukungan dan fasilitasi, memotivasi, dan juga menumbuhkembangkan potensi kreatif,” kata Asrorun.

Menurut Asrorun, pengembangan industri di bidang kriya dan ekonomi kreatif sejalan dengan upaya pemerintah untuk memajukan sumber daya manusia. “Pameran Indocraft yang telah dilaksanakan selama 16 tahun adalah dedikasi luar biasa yang perlu diapresiasi. Kekuatan kita adalah pada sinergi di tengah keragaman yang ada,” tambahnya.

Indocraft 2019 menampilkan beragam produk lokal seperti batik dan aksesori khas Indonesia
Pameran Indocraft 2019 | Foto: Highlight.ID

Keragaman seni dan budaya Indonesia tercermin pada banyaknya produk-produk lokal yang sangat bervariasi. Asrorun lalu mencontohkan batik yang memiliki banyak ragam motif yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. “Dengan keragaman itu, atas dasar kreativitas (dan) inovasi menjelma menjadi kekuatan yang bersifat ekonomi yang akhirnya menjadi soko guru kemandirian kita sebagai bangsa,” kata dia.

Produk-produk yang dipamerkan di Indocraft 2019 meliputi kategori fashion seperti batik ready-to-wear, aksesori fesyen, batik etnik, batik bordir, batik tenun, songket, dan sebagainya. Ragam produk kerajinan menampilkan hasil kerajinan kayu, bambu, logam, batu, kulit, rotan, peran, dan lainnya. Baik produk fesyen maupun hasil kerajinan mengangkat fitur artistik dan etnik khas Nusantara.

Selain pameran produk-produk lokal dari berbagai daerah di Indonesia, Indocraft juga menampilkan peragaan busana yang diikuti oleh para desainer fesyen. Fashion show di Indocraft 2019 di antaranya yakni “Milenial Batik Trend 2020” oleh para desainer muda Indonesia dan “Flora & Fauna Fashion Show 2020”. Lewat fashion show di Indocraft 2019, pengunjung dapat mencermati perkembangan tren busana saat ini.

Ada pula acara edukatif untuk menambah wawasan dan pengetahuan seperi talkshow oleh IWAPI dan Wirawati Catur Panca. Pengunjung Indocraft 2019 yang masuk secara gratis juga dapat melihat demo makeup dan hijab tutorial bersama Tim Artistik Wardah. Menariknya, pengunjung juga memiliki kesempatan mendapatkan aneka produk pilihan dengan harga khusus selama pameran berlangsung.