Home Business Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2019 Manjakan Penikmat Kopi

Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2019 Manjakan Penikmat Kopi

Jakarta Coffee Week
Jakarta Coffee Week | Foto: Instagram/@jktcoffeeweek

Highlight.ID – Para penikmat kopi bakal dimanjakan di akhir bulan ini. Pasalnya, ada event Jakarta Coffee Week (Jacoweek) yang dilangsungkan tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2019. Bertempat Swissotel Ballroom lantai 7, Pantai Indah Kapuk (PIK) Avenue, Jakarta Utara, Jacoweek menghadirkan 120 stan kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya dari dalam negeri, hadir pula peserta yang datang dari negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura.

General Manager ABCD School Willyanto mejelaskan bahwa acara ini mempunyai tujuan untuk mengedukasi dan memperkenalkan kopi khususnya kopi Nusantara yang mempunyai ciri khas masing-masing. Di tahun yang keempat, Jakarta Coffee Week yang diselenggarakan oleh ABCD School of Coffe dan Hype akan memberikan wawasan lebih mendalam tentang beragam specialty coffee dan cerita di baliknya.

Menargetkan 25 ribu pengunjung, Jacoweek 2019 bekerja sama dengan Scopi (Sustainable Coffee Platform of Indonesia) yang mendatangkan 15 petani kopi. Mereka datang ke Jacoweek 2019 untuk memperkenalkan beragam jenis kopi lokal Indonesia.

Berkembangnya kopi susu yang semakin diminati membuat Jacoweek juga menghadirkan penjual kopi susu. Menurut Willyanto, kopi susu menjadi tren karena dikemas dengan cara yang sederhana. Kopi susu juga bisa dibilang lebih murah daripada specialty coffee. Meskipun demikian, pihak Jacoweek tetap melakukan seleksi tenant dengan melihat penggunaan specialty coffee pada produknya.

Baca juga:

“Saat ini menjadi tren karena dikemas dengan look yang simpel dan mudah. Bahkan dengan harga Rp18 ribu udah bisa beli kopi susu. Karena booming, semua orang jadi ikutan bisnis dan jadi tren. Dari segi market, kita memang masih banyak yang seperti itu yang laku, orang menikmati kopi dengan rasa yang masih ada manisnya atau ada campuran bahan lainnya,” jelas Willyanto.

Ada pula kompetisi Indonesia Aeropress Championship 2019 dan Fire and Gas Roasting Competition 2019 untuk memeriahkan gelaran Jacoweek tahun ini. Willyanto menuturkan, “Ini akan jadi tontonan menarik buat pengunjung karena diikuti peserta dari seluruh Indonesia dengan bintang tamu Jooyeon Jeon, juara World Barista Champion 2019 bakal jadi juri. Muhammad Fakhri yang ikut tanding World Brewer Championship di Boston juga akan menyeduh di booth Mandiri.”

Peduli Lingkungan

Jacoweek 2019 yang mengusung tema “Be Kind” tak hanya bicara tentang kopi saja. Acara ini menjadi momen untuk mengampanyekan pelestarian lingkungan dengan lebih peduli terhadap penggunaan plastik. Seperti kita tahu, plastik banyak digunakan di industri kopi seperti sedotan, cup kopi, hingga kemasan yang berbahan plastik.

Dalam acara Jacoweek kali ini, penggunaan plastik akan ditekan seminimal mungkin atau bahkan tidak ada. Para pengunjung Jacoweek disarankan untuk membawa botol minuman sendiri selama berada di tempat acara. Begitu juga dengan para peserta yang dianjurkan untuk tidak menggunakan plastik.

Willyanto mengatakan bahwa upaya untuk memberikan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan dapat dimulai dari diri sendiri. “Kami mengajak untuk lebih peduli pada lingkungan dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Semua tenant yang jualan tidak akan gunakan sedotan plastik, tidak menggunakan kantung plastik. Banyak juga pengunjung yang sudah aware, mungkin mereka akan bawa tumblr atau alumunium straw,” katanya.

Dengan tiket masuk sebesar Rp50 ribu perhari, pengunjung Jacoweek 2019 dapat memperoleh totebag gratis dengan desain menarik. Totebag tersebut selain sebagai souvernir dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menaruh berbagai barang belanjaan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati sample minuman yang dibagikan secara cuma-cuma saat acara berlangsung.