Home Business 15 Fasilitas Hotel yang Jadi Pertimbangan Tamu untuk Menginap

15 Fasilitas Hotel yang Jadi Pertimbangan Tamu untuk Menginap

Hotel atau tempat penginapan menyediakan beragam fasilitas dan layanan yang bakalan memanjakan tamu
Ilustrasi hotel | Foto: Unsplash.com/Ciudad Maderas

Highlight.ID – Menginap di hotel atau tempat penginapan memberikan pengalaman tersendiri bagi traveler. Setiap hotel memberikan fasilitas yang berbeda-beda tergantung pada tipenya. Hotel berbintang tentu menawarkan fasilitas yang lebih lengkap. Sementara hotel low budget memiliki fasilitas yang terbatas namun harganya lebih murah.

Sebelum memesan hotel di aplikasi maupun situs online travel agent, traveler memiliki beberapa pertimbangan masing-masing. Yang pasti, selain harga sewa kamar hotel, traveler memperhatikan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel. Fasilitas apa aja yang banyak dicari oleh para traveler? Yuk, simak ulasannya sampai tuntas!




Beragam Fasilitas Hotel yang Bakal Memanjakan Tamu

1. Tempat tidur yang nyaman

Pertimbangan utama tamu dalam memesan kamar hotel yakni tempat tidur yang tak hanya bersih tapi juga nyaman. Bayangkan, bagaimana rasanya apabila kamu menginap di hotel dengan kasur yang kotor dan baunya apek? Tentu saja, kamu bakalan susah untuk tidur sehingga waktu istirahatmu menjadi terganggu.  Alih-alih bisa tidur dengan nyenyak, kamu mulai berpikir untuk bisa cepat-cepat check out dari hotel keesokan harinya.

2. Kamar yang bersih

Selain kasur yang empuk dan nyaman, tamu pasti juga mengharapkan kamar hotel yang bersih mulai dari lantai hingga langit-langit. Selain enak untuk ditinggali, kamar yang bersih juga bakal membuat tamu merasa betah dan ingin berlama-lama di hotel. Tentu, kamu gak ingin menginap di kamar yang banyak debunya, bukan?

Baca Juga: Hobi Traveling? Hotel Ini Bisa Menjadi Pilihan Terbaik Kamu Untuk Menginap





3. Koneksi internet gratis

Sekarang adalah era di mana setiap orang merasa harus terhubung dengan internet. Oleh sebab itu, fasilitas koneksi internet gratis dengan WiFi seperti menjadi keharusan. Ditambah kagi, koneksi internet hotel harus lah mempunyai kecepatan yang tinggi. Itu penting bagi tamu sebab agar mereka bisa mengakses internet dengan nyaman. Biasanya, tamu sudah diberikan informasi berupa nama pengguna dan kata sandi untuk bisa mengakses internet ketika hendak masuk kamar.

4. Layanan resepsionis 24 jam

Orang yang sedang bepergian ke luar kota atau ke luar negeri seringkali merasa kesulitan untuk memprediksi waktu tiba di hotel. Umumnya, traveler berkeliling dulu di kota atau tempat-tempat tujuan wisata sebelum akhirnya pergi ke hotel untuk bisa menginap. Tak jarang, tamu tiba di hotel pada malam hari atau bahkan dini hari. Layanan resepsionis 24 jam tentu sangat diharapkan oleh setiap traveler agar mereka dapat check-in dengan mudah.

5. Restoran/kafe

Satu hal yang lazim dilakukan tamu ketika menginap di hotel yaitu mencari makanan di restoran atau sekadar nongkrong di kafe. Dengan adanya fasilitas restoran atau kedai minuman di hotel, maka tamu gak perlu repot untuk mencari makanan/minuman di luar. Selain itu, hotel-hotel biasanya memiliki menu makanan/minuman andalan yang bisa memberikan sensasi tersendiri bagi tamu.

Baca Juga: RedDoorz Luncurkan “HygienePass”, Program Sertifikasi Kebersihan untuk Hotel

6. Area bebas rokok

Hotel biasanya menerapkan beberapa aturan yang cukup ketat seperti melarang tamu untuk merokok di dalam kamar. Selain itu, di beberapa ruangan hotel juga ada larangan untuk merokok. Bagi tamu yang tidak merokok, fasilitas hotel berupa area bebas merokok adalah suatu keharusan. Sebaliknya, hotel juga menyediakan area khusus untuk mereka yang mau merokok.

Hotel atau tempat penginapan menyediakan beragam fasilitas dan layanan yang bakalan memanjakan tamu
Ilustrasi hotel | Foto: Unsplash.com/João Marcelo Martins

7. Penjemputan gratis

Beberapa hotel tertentu menyediakan fasilitas berupa penjemputan gratis dengan bis (free shuttle) baik dari maupun ke bandara. Fasilitas tersebut disediakan oleh hotel berbintang agar tamu merasa diistimewakan dan puas dengan layanan yang diberikan. Dengan adanya fasilitas free shuttle, maka tamu yang hendak menginap tak perlu lagi mencari angkutan umum.

8. Sarapan gratis

Tamu yang bangun tidur di pagi hari mungkin masih merasa malas untuk pergi ke luar mencari makanan. Nah, dengan adanya fasilitas sarapan gratis, tamu bisa menikmati makanan dan minuman yang disediakan tanpa harus meninggalkan hotel. Menu sarapan antara hotel satu dengan lainnya tentu saja bervariasi.

Baca Juga: 9 Hotel Berbintang di Jl. Thamrin Jakarta, Dekat dengan Monas

9. Tempat parkir

Fasilitas hotel berupa tempat parkir yang lapang menjadi keharusan bagi traveler yang bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain tempat parkir, akses kendaraan menuju hotel juga menjadi pertimbangan lainnya. Hal itu penting, karena tamu gak mau kesulitan mencari tempat parkir ketika hendak menginap. Apalagi, jika harus berjalan kaki yang jaraknya jauh.

10. Kolam renang

Renang termasuk jenis olah raga yang banyak digemari masyarakat, tak terkecuali traveler. Mereka menggemari aktivitas renang ketika tinggal di hotel karena dapat memberikan kesegaran. Sementara bagi mereka yang tak menggemari renang tetap dapat menikmati suasana di sekitar kolam renang.

11. Pendingin udara

Air conditioner (AC) berfungsi untuk menjaga suhu dan kelembapan di dalam ruangan. Dengan adanya AC, maka udara di dalam kamar tidak menjadi pengap sehingga tamu dapat tidur dan beristirahat dengan nyaman. Sebagian hotel tidak menyediakan AC, namun sebagai gantinya mereka memberikan fasilitas kipas angin.

12. Televisi

Sambil beristirahat dan melepas lelah, tamu dapat menikmati fasilitas televisi (TV) yang  telah disediakan di kamar. Televisi berfungsi menjadi hiburan setelah tamu seharian berwisata maupun bepergian. Selain itu, televisi juga dapat menjadi pemecah kesunyian ketika berada di dalam kamar.

13. Salon/Spa Kecantikan

Hotel-hotel berbintang menyediakan fasilitas tambahan yang dibutuhan tamu seperti salon dan spa kecantikan. Tamu yang datang dapat merawat rambutnya di salon sementara mereka yang ingin memanjakan diri bisa merasakan sensasi pijatan therapis di spa kecantikan.

14. Pusat kebugaran

Fasilitas seperti fitness center berguna bagi tamu yang hendak melakukan aktivitas fisik maupun olah raga. Dengan melakukan aktivitas fisik maka tamu dapat menjaga kesehatan dan kebugaran sehingga dapat beraktivitas dengan maksimal di luar hotel.

15. Ruang tamu

Bosan di dalam kamar? Ruang tamu hotel merupakan fasilitas yang menjadi tempat berkumpul para tamu. Mereka dapat duduk-duduk bersantai sambil menikmati suasana hotel. Selain itu, hotel biasanya juga menyediakan koran atau majalah untuk dibaca di tempat.