Home Business Fasilitas Unggulan Jakarta International Stadium (JIS) yang Berstandar FIFA

Fasilitas Unggulan Jakarta International Stadium (JIS) yang Berstandar FIFA

Jakarta International Stadium (JIS) fasilitas unggulan soft opening peresmian
Jakarta International Stadium (JIS) | Foto: Tangkapan layar

Highlight.ID –¬†Perkembangan proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) hingga tanggal 13 November 2021 telah mencapai lebih dari 83 persen. Hal ini disampaikan oleh Widi Amanasto selaku Direktur Utama Jakpro pada konferensi pers Indonesia Youth Championship (IYC) Bali-Jakarta dan Menuju Malam Stadion Kita Jakarta International Stadium, (18/11).

“Stadion berstandar internasional FIFA satu-satunya di Indonesia ini mengadopsi filosofi budaya Betawi sebagai bentuk kearifan lokal. Terinspirasi dari tutup atau ikat kepala adat Betawi yang ditransformasikan secara modern dalam bentuk segmen-segmen fasad yang mengikat sekeliling kulit luar bangunan,” jelas Widi. Sementara inspirasi gigi balang sebagai ornamen khas Betawi yang terdiri dari unsur segitiga dan bulatan ditransfornasikan secara modern dalam bentuk railing di sepanjang ram barat, timur, dan interior gedung.

“JIS ini dilengkapi dengan fitur unggulan beberapa antara lain skyviewing deck di area rooftop stadion utama dengan pemandangan 360 derajat yang dapat melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian 72 meter. Lalu, ruang ganti home and away yang dapat mengakomodir kebutuhan terbaik untuk para pemain yang telah mengimplementasikan konsep the new normal sesuai dengan kebutuhan saat ini,” Widi menambahkan.

Baca Juga:
Turnamen International Youth Championship (IYC) Digelar di Bali dan Jakarta

Klub elite eropa menghadapi Indonesia All-Stars dalam International Youth Championship (IYC)
Jakarta International Stadium (JIS) | Foto: Tangkapan layar

Fasilitas JIS lainnya yakni media dan press room dengan amphitheatre yang dapat menampung 126 awak media dan tempat peribadatan umat muslim. “Bangunan dan kawasan JIS ini dirancang ramah disabilitas serta sudut kemiringan 3 derajat pada kedua akses utama. Stadion JIS juga dilengkapi dengan fasilitas parkir, lift, tribun serta toilet yang ramah difabel,” katanya.

Sementara fitur hemat energi dan ramah lingkungan yang berorientasi green building diwujudkan dengan penggunaan solar panel dan sistem zero run off yang tidak membebani pembuangan air ke saluran kota. “Penggunaan non pestisida untuk perawatan lapangan dengan rumput hybrid hingga menggunakan perforated facade untuk sirkulasi udara yang optimal,” jelas dia.

Keunggulan JIS lainnya yaitu rectractable roof atau atap stadion yang bisa dibuka maupun ditutup. Dengan demikian pertandingan dapat dilaksanakan kapan saja tanpa tehalang oleh cuaca. “Sebagai kawasan yang berkonsep transit-oriented development atau TOD, kawasan olahraga terpadu JIS nantinya akan terhubung dengan sarana angkutan umum massal seperti BRT Transjakarta, KRL commuter line, dan LRT fase 2A,” ucap Widi.

Proyek Stadion JIS telah melewati serangkaian fase yang diawali dengan ground breaking pada Maret 2019 diikuti tahapan konstruksi pada Oktober 2019. Widi memaparkan, “Pada tahun itu pula, kami melaksanakan program resettlement action plan (RAP) sebagai salah satu upaya kami dalam menjalankan amanah pembangunan yang tidak hanya berorientasi fisik namun juga manusia dan lingkungan sekitarnya.”

Stadion berkonsep green building yang telah mengantongi sertifikasi platinum pertama dan memecahkan 3 rekor MURI ini akan diresmikan pada 11 Desember 2021. Peresmian Stadion JIS tersebut bersamaan dengan babak final International Youth Championship.