Home Arts Makna Logo dan Maskot Asian Para Games 2018 di Indonesia, Kenali Yuk!

Makna Logo dan Maskot Asian Para Games 2018 di Indonesia, Kenali Yuk!

arti makna filosofi maksud tujuan logo maskot asian para games 2018 indonesia jakarta bentuk gambar simbol lambang slogan semboyan tagline warna font huruf

Highlight.ID – Asian Games 2018 telah lewat. Dan kini, saatnya menyambut event olahraga yang juga seru dan bergengsi, Asian Para Games 2018 yang berlangsung pada 6 – 13 Oktober 2018. Asian Para Games merupakan event olahraga tingkat Asia untuk orang-orang yang menyandang disabilitas. Sebanyak 42 negara dengan 3.000 atlet berpartisipasi di arena Asian Para Games 2018.




Adapun slogan (tagline) yang diusung Asian Para Games 2018 yaitu “Inspiring Spirit and Energy of Asia”. Makna dari semboyan itu adalah untuk memotivasi orang untuk bersikap dan berpikir positif serta mendukung kesetaraan sosial. Visi pertandingan pada Asian Para Games 2018 yakni “Determintaion, Courage, Equality, dan Inspiration”.

Baca juga:

Tahun ini, Asian Para Games memasuki kali ke-3 yang mempertandingkan sebanyak 18 cabang olahraga. Kedelapan belas cabang olahraga di Asian Games 2018 yaitu lari, bulutangkis, bowling, panahan, bola voli, tenis meja, bola basket, anggar, menembak, rengang, bersepeda, angkat beban, tenis, badminton, catur, boccia, bola tangan, dan judo.

Segala persiapan telah dilakukan agar Asian Para Games 2018 dapat berjalan dengan sukses. Termasuk venue-venue pertandingan yang ditargetkan rampung pada akhir September. Hal ini diungkapkan oleh Raja Sapta Oktohari, Ketua Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committe (INAPGOC).

Asian Para Games 2018 memiliki logo dan maskot yang dipakai selama berlangsungnya kegiatan. Logo dan maskot Asian Para Games 2018 mempunyai arti/filosofi yang terkandung di dalamnya.

Logo Asian Para Games 2018 dan Artinya

arti makna filosofi maksud tujuan logo maskot asian para games 2018 indonesia jakarta bentuk gambar simbol lambang slogan semboyan tagline warna font huruf
Logo Asian Para Games 2018

Bentuk utama logo Asian Para Games 2018 yaitu lingkaran yang tersusun dari berbagai potongan kurva. Lingkaran itu sendiri memiliki filosofi harmoni atau keseimbangan yang terbentuk dari keberagaman bangsa-bangsa di Asia. Sementara itu, jika diperhatikan lebih detail, potongan kurva yang membentuk lingkaran terdapat simbol manusia di bagian tengahnya.

Kumpulan potongan kurva merupakan representasi dari Stadion Utama Gelora Bung Karno yang tampak dari atas. Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta adalah venue diselenggarakannya Asian Para Games 2018. Sedangkan bentuk orang merupakan gambaran dari atlet yang berlaga di arena Asian Para Games 2018 dan juga melambangkan “Energy of Asia”.

Di sekeliling simbol orang, terdapat 3 kurva melingkar yang mempunyai makna keberagaman bangsa-bangsa di Asia yang bergerak bersama-sama dalam kesatuan untuk kemajuan bersama. Logo Asian Para Games 2018 yang terdiri dari simbol (logogram) dan tulisan memiliki 2 versi, yaitu logo primer horisontal dan logo primer vertikal. Pada logo primer horisontal, logogram berada di sebelah kanan font. Sedangkan apda logo primer vertikal, logogram berada di atas huruf yang tersusun secara simetris.


Sementara itu, logo Asian Para Games 2018 juga mempunyai dua varian: Pertama, varian yang mengutamakan negara Indonesia sebagai tuan rumah; Kedua menonjolkan tahun pelaksanaan Asian Para Games 2018 di Indonesia.

Warna-warna yang dipakai pada logo Asian Para Games 2018 yaitu biru, hijau, oranye, ungu, dan merah. Masing-masing warna logo Asian Para Games 2018 mempunyai filosofi tersendiri. Warna biru mewakili langit, oranye menggambarkan matahari, hijau merepresentasikan alam, ungu berarti kedekatan, kesetiaan dan solidaritas serta merah mewakili semangat. Langit, Matahari, dan Alam merupakan 3 elemen dasar yang menjadi filosofi kehidupan Asia. Demikian juga dengan Kebersamaan yang merupakan faktor utama dalam cara hidup orang Asia.

Maskot Asian Para Games 2018 Beserta Filosofinya

arti makna filosofi maksud tujuan logo maskot asian para games 2018 indonesia jakarta bentuk gambar simbol lambang slogan semboyan tagline warna font huruf
Maskot Asian Para Games 2018

Kali ini, Elang Bondol menjadi maskot Asian Para Games 2018 yang diberi nama “MOMO”. Elang Bondol yang berkepala botak merupakan maskot kota Jakarta, tempat dilaksanakannya Asian Para Games 2018. “Momo” itu sendiri adalah sebuah singkatan dari kata “Motivation dan Mobility”. Artinya, setiap manusia perlu untuk terus bergerak maju dan mampu beradaptasi dengan perubahan dan dinamika di sekitarnya.

Si Momo mengenakan pakaian adat Betawi yang menggambarkan kebudayaan masyarakat Jakarta. Keunikan pakaian daerah Betawi dapat terlihat dari sarung yang diletakkan di bahu dan sabuk yang melingkari bagian pinggang.

Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here