
Highlight.ID – Saat menghadapi pandemi, kesehatan dan keselamatan adalah aspek informasi terpenting yang ingin diketahui oleh konsumen untuk membuat keputusan perjalanan dan khususnya akomodasi. Untuk memenuhi kebutuhan ini, fitur baru Booking.com semakin memudahkan mitra akomodasi untuk berbagi informasi kepada wisatawan mengenai inisiatif mereka perihal hal-hal tersebut, memberikan jaminan dan transparansi lebih kepada konsumen, membangun keyakinan untuk melakukan pesanan serta mengatur harapan yang tepat ketika mereka tiba.
Booking.com menghadirkan fitur langkah-langkah kesehatan dan keselamatan. Fitur baru ini memungkinkan mitra akomodasi untuk memilih berbagai langkah kesehatan dan keselamatan sesuai kebutuhan terkait kebersihan, sanitasi, jarak sosial dan keamanan makanan. Mitra dapat segera memilih dari daftar langkah-langkah yang mereka ambil. Pilihan mereka akan ditampilkan di situs Booking.com di halaman properti mereka di bagian ‘kesehatan dan keselamatan’ yang dirancang khusus untuk melengkapi para wisatawan dengan transparansi selagi membuat keputusan perjalanan.
Baca juga:
- Booking.com Kenalkan Fitur Rating Kualitas untuk Apartemen, Rumah Liburan, dan Vila
- Destinasi Wisata Domestik dan Mancanegara Terpopuler yang Masuk Wish List
- Bagaimanakah Tren Pariwisata Tahun 2020? Ini Prediksinya
Fitur ini akan memberikan banyak manfaat bagi wisatawan, mitra akomodasi, dan komunitas perjalanan. Melalui ini, wisatawan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tepat dengan membaca semua langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang diambil properti dan memiliki pemahaman soal sampai sejauh mana mereka akan dilindungi selama mereka menginap. Untuk mitra akomodasi, ini akan membantu menunjukkan langkah-langkah yang mereka ambil dan memberikan kepercayaan yang sangat dibutuhkan bagi calon wisatawan saat mereka membuat keputusan pemesanan, ketika sudah saatnya aman melakukan perjalanan.
Terkait inisiatif ini, Vikas Bhola, Direktur Regional, Asia Selatan, Booking.com mengatakan, “Di Booking.com, perhatian utama kami adalah keselamatan dan keamanan pelanggan, mitra, dan kolega kami. Seiring perkembangan situasi, kami terus memperbarui dukungan yang kami berikan, termasuk peningkatan transparansi kepada konsumen seputar informasi kesehatan dan keselamatan ketika melakukan pemesanan pada platform kami. Dengan memperkenalkan langkah-langkah keamanan ini, kami akan membantu menetapkan ekspektasi yang akurat dan memberikan ketenangan bagi para wisatawan ketika waktunya tepat bagi mereka untuk kembali menjelajahi dunia.”
Beberapa tindakan kesehatan dan keselamatan yang dapat dipilih para mitra akomodasi adalah:
Fitur Keamanan
- Staf mengikuti semua protokol keamanan sebagaimana diarahkan oleh otoritas setempat
- Perangkat alat tulis kantor yang digunakan bersama seperti daftar menu yang dicetak, majalah, pena, dan kertas akan ditiadakan
- Antiseptik pembersih tangan akan tersedia di kamar dan area publik
- Pemeriksaan kesehatan tamu langsung di tempat
- Kotak P3K selalu tersedia
Kesehatan & Kebersihan
- Penggunaan pembersih berbahan kimia yang efektif terhadap virus Corona
- Kamar akan dibersihkan dengan desinfektan setiap hari
Seprei, handuk, dan binatu dicuci sesuai dengan pedoman WHO - Kamar ditutup untuk para tamu setelah dibersihkan
Jaga Jarak Sosial
- Check-in/check out tanpa kontak
- Tersedia pembayaran tanpa uang tunai
- Aturan jaga jarak sosial
- Aplikasi seluler untuk layanan kamar
- Layar atau pembatas fisik diletakkan di antara staf dan tamu di area-area yang telah ditentukan
Keamanan Makanan
- Jaga jarak sosial di ruang makan
- Makanan dapat dikirim ke kamar tamu