Home Beauty Fungsi Moisturizer Wajah, dari Mencerahkan Wajah Hingga Menutrisi Kulit

Fungsi Moisturizer Wajah, dari Mencerahkan Wajah Hingga Menutrisi Kulit

Manfaat fungsi kegunaan moisturizer pelembap wajah kecantikan kesehatan kulit cara pemakaian
Ilustrasi | Foto: self.com

Highlight.ID – Fungsi moisturizer atau pelembap salah satunya adalah mengembalikan protein keratin pada kulit wajah. Protein keratin tersebut bisa hilang karena kita mencuci muka setiap hari. Wajah dengan kadar protein dan pH alami yang rendah akan menjadi kering dan kurang cerah.

Oleh sebab itu, kita harus memakai pelembap (moisturizer) supaya kadar pH dan keratin tetap seimbang. Apa saja manfaat pelembap wajah? Simak ulasannya berikut ini.




Manfaat Pelembap Wajah

1. Menutrisi kulit wajah

Manfaat pelembap wajah yang digunakan setiap hari tidak hanya melembapkan. Moisturizer juga mampu menutrisi kulit karena adanya kandungan berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan B5 yang bisa menjaga kekencangan dan kelembapan kulit.

Selain itu, pelembap juga mengandung antioksidan, vitamin C, dan vitamin E yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi. Bahkan, ada pelembap yang mengandung SPF sehingga sangat bagus digunakan pada pagi dan siang hari. Pelembap yang mengandung SPF bisa mencegah kanker kulit karena mampu menghalau sinar ultraviolet.




2. Mencegah timbulnya berbagai masalah kulit

Moisturizer yang dipakai setiap hari dapat mencegah terjadinya kondisi ekstrim yakni kulit wajah yang kering atau terlalu berminyak. Kedua kondisi tersebut akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan wajah terlihat kusam.

Semua orang dengan jenis kulit apapun membutuhkan manfaat pelembap wajah supaya wajah tetap sehat dan halus. Pemilik kulit wajah berminyak sebaiknya pilih pelembap yang berbahan dasar air, mudah diserap, dan teksturnya ringan.

3. Memberikan efek anti aging pada kulit wajah

Kulit yang kering menyebabkan wajah lebih tua dari usia pemiliknya. Kondisi kulit ini terjadi akibat cuaca buruk dan perubahan hormon. Kulit yang dibiarkan kering karena produksi minyaknya semakin berkurang akan menyebabkan munculnya sinyal penuaan seperti garis halus, kerutan, dan pengelupasan kulit.

Cara mengatasinya yakni dengan memakai moisturizer setiap hari sambil memijat wajah supaya manfaat pelembap wajah bisa dirasakan. Kulit akan terhidrasi dan lembap sehingga tanda-tanda penuaan akan menghilang.

4. Menyamarkan noda dan flek hitam

Kulit wajah yang terhidrasi dengan baik dapat membuat lapisan perlindungan kulit berfungsi secara optimal. Lapisan tersebut mampu menjaga kulit di area dalam dari polutan berbahaya seperti debu, polusi udara dan air, bahan kimia, dan faktor lingkungan lainnya.

Baca Juga: 10 Merek Kosmetik Lokal Indonesia Paling Favorit Untuk Paras Cantikmu

Pemakaian pelembap juga bisa menyamarkan noda dan flek hitam di kulit wajah karena kulit terlihat lebih berkilau. Jika kamu memiliki warna kulit yang tidak rata atau belang maka kamu harus memakai moisturizer setiap hari. Selain itu, kulit akan berfungsi dengan baik berkat pemakaian pelembap.

5. Mencerahkan kulit wajah

Kulit yang tetap lembap akan tampak lebih segar dan sehat. Akibatnya, kulit terlihat lebih cerah. Ada banyak produk pelembab yang mengandung formula untuk mencerahkan kulit wajah. Bukan terlihat lebih putih, tetapi bersinar (glowing).

Orang-orang yang memiliki kulit berwarna gelap tentu kulitnya tidak bisa berubah menjadi putih secara instan, tetapi menjadi lebih bersih dan bercahaya. Bagi pemilik kulit yang warnanya tidak merata, moisturizer juga harus dipakai supaya warna kulit lebih merata atau tidak belang.

6. Menghalangi munculnya komedo

Komedo sering bersekutu dengan jerawat. Keduanya muncul karena kotoran dan minyak yang menumpuk di dalam pori-pori kulit. Untuk mengatasinya, kamu harus memakai krim pelembab setiap hari, setelah mandi untuk membersihkan wajah supaya kulit terhindar dari paparan radikal bebas, sinar UV, dan kotoran. Jika kulit sehat, bersih, dan terawat maka komedo tidak akan pernah muncul di wajah.



Baca Juga: 10 Produk Kecantikan Wajah Beserta Fungsinya yang Wajib Diketahui Cewek

7. Mampu membuat kulit lebih halus dan kenyal

Pemakaian produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan dilakukan secara teratur akan memperbaiki struktur kulit. Dampaknya, kulit menjadi lebih halus dan kenyal sehingga lebih enak untuk dipandang dan disentuh. Kulit yang kendur tentunya membuat penampilan menjadi tidak bagus, sedangkan kulit yang sehat pasti memberikan banyak manfaat, terutama pada penampilan.

8. Mengurangi risiko akibat produk kosmetik

Pemakaian produk kosmetik atau make up dalam jangka panjang akan membuat kulit wajah berisiko terkena berbagai masalah kulit seperti alergi dan iritasi kulit. Jadi, sebelum memakai riasan, apalagi riasan yang tebal, kamu harus memakai krim pelembap terlebih dahulu supaya kulit wajah ternutrisi dan terlindungi dari efek negatif produk kosmetik yang digunakan.

Moisturizer untuk Wanita Berusia Lebih dari 30 Tahun

Wanita yang berusia di atas 30 tahun biasanya memiliki kulit yang kualitasnya mulai menurun. Masalah utama yang sering terjadi pada wajah adalah kulit yang terlalu kering karena produksi kelenjar minyak di dalam kulit melamban yang ditandai dengan munculnya garis halus dan flek hitam.

Jadi, gunakanlah pelembap yang berbasis minyak dan mengandung zat anti-aging. Produk anti-aging benar-benar mampu melawan garis halus dan kerutan. Bahkan, kulitmu akan terlihat lebih halus dan awet muda. Simak beberapa ulasan terperinci tentang fungsi moisturizer bagi masing-masing jenis kulit berikut ini.

Baca Juga: Girls, Ini Perbedaan AA Cream Hingga EE Cream yang Harus Kamu Tahu

1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak tidak butuh pelembap. Nope! Itu adalah pernyataan yang salah. Kalian tetap membutuhkan moisturizer supaya kulit tetap sehat. Jenis pelembap yang bisa dipilih adalah non-comedogenic moisturizer.

Sesuai dengan namanya, pelembap ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga mampu mencegah munculnya jerawat dan komedo. Selain itu, pelembap yang harus dipilih adalah pelembap berbahan dasar air yang mampu menghilangkan komedo dan menghaluskan kulit.

2. Kulit Kering

Kulit kering tentunya sangat membutuhkan manfaat pelembap wajah. Jenis pelembap yang cocok adalah oil-based moisturizer atau pelembap dengan kadar minyak yang tinggi.

Kandungan minyak ini dibutuhkan untuk memberi kelembapan pada kulit wajah sehingga pipi akan terasa kenyal. Oil based moisturizer tahan lebih lama di wajah daripada water-based moisturizer.

3. Kulit Sensitif

Kulit sensitif sangat rentan terhadap iritasi. Oleh sebab itu, pilihlah pelembap yang lembut serta tidak mengandung bahan kimia, wewangian, dan pewarna. Untuk lebih mudahnya, kamu boleh membeli produk pelembap yang berbahan mineral atau organik.

Setelah mengetahui fungsi moisturizer, kamu tidak boleh malas memakainya lagi. Ingat, kamu harus memakai pelembap setiap hari supaya kulit wajahmu terus sehat dan menawan. Siapa yang tidak ingin terlihat cantik?