Home Tips Career Gambaran Kehidupan di Amerika Serikat (AS), Gak Harus Makan Nasi Tiap Hari

Gambaran Kehidupan di Amerika Serikat (AS), Gak Harus Makan Nasi Tiap Hari

Pengalaman tinggal di Amerika Serikat (AS) biaya hidup bagaimana cara bertahan hidup
Ilustrasi Monumen Sam Houston di Houston, Texas, Amerika Serikat | Foto: colonylimo.com

Highlight.ID – Merantau ke Amerika Serikat (AS) adalah suatu hal yang sangat menantang. Bagaimana tidak? Hidup di Amerika Serikat pastinya sangat berbeda dalam berbagai macam aspek dibandingkan hidup di Indonesia. Namun dengan adanya platform berbagi video seperti YouTube, siapa saja bisa mempunyai gambaran yang jelas tentang bagaimana rasanya tinggal di Amerika Serikat.

Salah satu channel YouTube yang berisi pengalaman hidup di Amerika Serikat adalah Martin Arek VLOG. Pemilik channel ini adalah orang Indonesia bernama Martin Z. Pria asal Surabaya ini mempunyai hobi bermain musik dan berpetualang (camping). Selain bekerja online, Martin melakukan trading, dan menjadi voice over talent untuk para agen yang telah menyiapkan pekerjaan untuk dia setiap minggunya.




Kepada Highlight.ID, Martin mengungkapkan cerita bagaimana dia bisa tinggal di Amerika Serikat dan caranya bertahan hidup di sana. Berikut hasil wawancara kami dengan Martin dengan melalui surat elektronik.

Apa alasan Anda tinggal di Amerika Serikat?

Karena saya menyukai sistem atau aturan yang cukup bagus untuk bisa kita jalani dalam kehidupan saya di sini. Ada banyak aturan-aturan yang membuat semuanya tertata rapi. Memang saya tahu kehidupan itu tidak sempurna, tapi setidaknya mendekati ke arah yang lebih baik. Dan yang paling saya suka di sini, selama kita mau bergerak dan berusaha, ada banyak kesempatan untuk kita bisa mendapatkan pekerjaan atau menjadi pelaku bisnis.

Bagaimana awal mula Anda tinggal di Amerika Serikat hingga kini?

Awalnya, saya bekerja dengan perusahaan yang ada di Inggris, lalu perusahaan itu mengirimkan saya untuk bekerja di Amerika. Waktu demi waktu, saya menikmati pekerjaan itu, hingga saya memutuskan untuk tinggal dan bekerja di sini.

Baca Juga: 10 Fashion Brand Amerika Serikat yang Memakai Nama Pendirinya





Di Amerika Serikat, Anda tinggal di mana dan bersama siapa?

Saya tinggal sendiri saja di Texas tepatnya di kota Houston. Awal pertama saya masuk Amerika, dulunya tinggal dengan teman di apartemen yang notabene saya harus patungan untuk membayar tempat tinggal. Pada saat itu, masak bareng-bareng di apartemen untuk bisa bertahan hidup dengan gaji yang harus kita bisa hemat.

Perlu di ketahui bahwa di Amerika semua serba bayar dan mahal. Jika saya kurskan nilai rupiahnya akan terasa banyak, maka saya harus pandai-pandai untuk berhemat, hahaha…

Apa yang Anda rasakan saat tinggal di Amerika Serikat?

Untuk pertama kali tinggal di Amerika, saya memang membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Yang paling saya ingat adalah bahwa saya sebagai orang Indonesia yang selalu makan nasi setiap hari. Dan pada saat itu, saya harus dihadapkan dengan hal-hal yang yang memaksa saya untuk tidak makan nasi setiap hari terkadang. Lambat laun, kebiasaan itu terjadi dan sampai saat ini. Jika saya tidak makan nasi pun tidak ada masalah.

Saya berada di beberapa tempat selama saya di Amerika, di berbagai state yang ada di Amerika. Saat itu, saya pernah bekerja menjadi seorang Chef. Pekerjaan saya pada saat itu sering berpindah-pindah hingga sampai saat ini. Karena saya mengerjakan pekerjaan online dan saya bisa berpindah ke manapun saya inginkan. Terlebih lagi, saya memiliki mobil camper van (rumah berjalan) yang bisa saya bawa kemana-mana.

Pengalaman tinggal di Amerika Serikat (AS) biaya hidup bagaimana cara bertahan hidup
Martin Z (Youtuber asal Surabaya, Indonesia) | Foto: Dok. Pribadi

Apa yang membuat Anda suka dengan Amerika Serikat?

Yang membuat saya suka dengan Amerika Serikat adalah peraturannya di sini sangat bagus sekali. Tidak boleh membuang sampah sembarangan, jika melanggar maka harus membayar denda yang tidak sedikit jumlahnya. Jalanan di sini sangat terlihat rapi dan bersih membuat kita untuk tinggal lebih nyaman. Bahkan jalan di sekitar perumahan pun terlihat rapi baik itu di trotoar, rumput-rumput landscaping yang diatur sedemikian rupa membuat mata kita setiap hari dapat menikmati pemandangan yang begitu bersih dan teratur.

Baca Juga: 8 YouTuber Bule yang Cinta Banget dengan Indonesia, Udah Subscribe?

Di Amerika, ada banyak taman-taman yang disediakan dan kita bisa rekreasi dengan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Ada pula fasilitas untuk kita bisa masak-masak di taman itu. Aada tempat pembakaran permanen yang bisa kita gunakan secara gratis, asalkan setelah selesai acara, kita harus bersihkan sendiri. Disediakan pula tong sampah yang ada plastiknya. Ada juga petugas yang membersihkan taman-taman itu.

Orang di Amerika kebanyakan yang saya tahu, mereka selalu menghargai upaya ataupun pekerjaan yang orang lakukan. Orang Amerika mudah untuk mengapresiasi hasil karya seseorang. Juga tentang lalu lintas yang lebih rapi menurut saya, aturannya sangat-sangat membuat pengendara itu nyaman. Terutama saya tinggal di Texas di mana jalan-jalan tolnya sangat besar sekali.

Dan yang paling saya suka adalah setiap libur seminggu sekali atau dua kali dalam seminggu saya bisa menikmati makanan yang enak di restaurant. Karena harga makanan di sini masih bisa terjangkau oleh dompet kita. Hahaha…

Bagaimana dengan biaya hidup di Amerika Serikat?

Biaya hidup di Amerika tergolong cukup mahal terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Biaya rumah sakit itu sangat mahal sehingga kita harus memiliki asuransi jika tidak kita akan bangkrut. Demikian juga untuk harga rumah lumayan mahal. Belum lagi untuk pengurusan yang lain-lain. Jika kita memiliki rumah yang cukup besar kita harus merawat rumput dan tanamannyanya. Belum lagi listrik, air, dan lain-lain.

Baca Juga: Kuliah dan Bekerja di Korea Selatan, Gimana Sih Rasanya?

Jika anda tinggal di Amerika seorang diri, janganlah membeli rumah yang sangat besar karena pajaknya pun juga tinggi. Biaya perawatan rumah yang besar pun juga mahal. Banyak orang-orang di Amerika ketika mereka sudah pensiun dan tinggal hanya dengan istrinya karena anak-anaknya sudah Cukup dewasa dan memiliki urusan rumah tangga mereka sendiri-sendiri. Pasangan suami istri yang sudah pensiun itu akan menjual rumahnya yang besar dan akan membeli rumah yang lebih kecil. Dengan demikian, pajak dan urusan perawatan rumahnya tidak terlalu mahal. Mereka bisa menghemat uang karena usianya yang sudah tidak produktif lagi membuat finansial mereka terbatas. The bigger house you have the more money you spent. It’s expensive.

Terkadang, saya bersepeda, masak di camper van sambil parkir mobil camper-nya di dekat danau atau taman. Saya juga senang pergi ke toko musik untuk melihat alat-alat musik dan memainkannya walapupun hanya sekedar hobi saja. Terkadang saya hanya pergi ke restoran untuk menikmati makanan yang saya suka. Ada satu kegiatan yang saat ini menjadi kesukaan saya yaitu sebagai youtuber yang memberikan sharing ilmu dan pengalaman yang bisa saya bagikan kepada sahabat-sahabat saya yang di Indonesia. Dengan YouTube, saya bisa menunjukkan kepada mereka bahwa ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari apa yang saya alami di Amerika untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sahabat-sahabat saya yang ada di Indonesia.

Apa tempat-tempat paling menarik di Amerika Serikat?

Seperti yang sudah saya lakukan yaitu keliling Amerika dengan camper van saya. Tempat-tempat yang paling saya sukai adalah Colorado (Garden of the God), Florida (Miami), Grand Canyon, California, dan New Orleans.

Apa pengalaman paling berkesan selama tinggal di Amerika Serikat?

Saya senang melihat alam di Amerika terutama hutan-hutan dan danaunya yang begitu indah seperti di Utah, Nevada, Colorado, North Carolina, dan Illinois . Ketika saya berada di sana, alamnya begitu indah sekali bahkan danau dan pepohonan yang pada saat itu musim gugur saya melihat begitu indah sekali. Suasananya tenang tidak terlalu gaduh karena memang tidak terlalu banyak orang. Anda tahu bahwa Amerika itu memiliki tanah yang begitu luas. Anda bisa saksikan salah satu video di YouTube saya yang menceritakan keindahan suatu danau yang dikelilingi oleh hutan yang begitu indah Itulah pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan.

Baca Juga: Solo Traveling ke Tempat-tempat Wisata yang Seru, Siapa Takut!

Hal-hal apa di Amerika Serikat yang tidak Anda temui di Indonesia?

Yang jelas pasti musim dingin, yaitu salju, Hahaha… Sungai di Amerika yang begitu bersih. Di Indonesia, buangan dari air kamar mandi ataupun selokan-selokan kotor dari rumah-rumah yang langsung menuju ke sungai. Sementara di Amerika, semua air yang dibuang ke sungai adalah hasil penyaringan di suatu tempat namanya wastewater treatment plants.

Semua air kotor baik itu dari kitchen ataupun dari kamar mandi dan WC harus menuju ke wasterwater treatment plants. Setelah disaring di tempat tersebut, air buangan tersebut kemudian diberi bahan untuk membunuh bakteri. Setelah itu, barulah air buangan disalurkan ke sungai. Jadi, semua air kotor itu larinya ke satu tempat tersebut dan tidak boleh langsung dibuang ke sungai.

Apakah Anda rindu balik ke Indonesia?

Entahlah, semua itu tergantung nanti bagaimana keadaannya di kemudian hari. Jika memang saya harus balik ke Indonesia, saya akan lakukan itu. Tapi jika saya lebih nyaman di Amerika maka saya akan tinggal di sini sampai hari tua. Yang pasti, saya begitu menyukai masakan Indonesia asli.

Bagaimana caranya agar bisa survive di Amerika Serikat?

Ya, kita harus memiliki pemikiran bahwa kita sebagai orang yang merantau dan kita harus pandai-pandai menghemat uang karena di Amerika, standar hidupnya sangat mahal. Jika kita berfoya-foya dan tidak memikirkan masa depan kita, maka kita akan menjadi orang yang terlantar nantinya dan menyusahkan pemerintah.

Baca Juga: Keren! 5 Brand Streetwear Lokal ini Masuki Pasar Amerika Serikat

Hiduplah dengan cara-cara yang lebih hemat. Ada banyak cara agar kita hidup bisa lebih hemat dan tidak menghambur-hamburkan uang untuk membeli sesuatu yang tidak penting. Jikalau kita pandai memasak di rumah maka itu adalah salah satu cara yang paling jitu untuk bisa berhemat, hahaha…

Satu hal lagi, jika ada sesuatu yang rusak di rumah asalkan itu tidak berbahaya atuu sesuatu hal yang tidak membutuhkan ijin untuk kita lakukan sendiri, maka kita seharusnya melakukannya sendiri tanpa harus memanggil tukang untuk datang ke rumah kita. Dengan demikian, kita akan bisa berhemat sewaktu kita berada di negeri orang.

Apa tujuan/motivasi Anda membuat vlog di YouTube?

Saya ingin berbagi pengalaman yang sudah saya dapatkan dalam sekian kurun waktu selama saya berada di sini. Ada banyak hal yang bisa saya bagikan untuk mengindikasi adik-adik saya atau pun sahabat-sahabat saya yang ada di sana. Mungkin, bisa jadi orang-orang yang duduk di pemerintahan melihat video-video saya dan bisa membuat mereka untuk bisa belajar dari negara-negara yang sudah lebih maju.

Tidak ada salahnya jika video-video yang saya tampilkan itu mengajarkan kepada banyak orang terutama adik-adik muda yang masih perlu banyak belajar. Tujuannya agar mereka menjadi pribadi pribadi yang memiliki karakter atau sifat yang lebih baik dan bisa saling menghargai orang baik itu dalam berpendapat ataupun dalam berperilaku sehari-hari mereka.