Home Business Google+ Resmi Tutup Layanannya, Semua Konten Dihapus

Google+ Resmi Tutup Layanannya, Semua Konten Dihapus

alasan kenapa pengumuman penutupan google+ layanana servis minim sedikit pengguna jumlah pemakai user sign in masuk cara bagaimana mengatasi kehilangan password backup
Ilustrasi Google+ | Foto: fortune.com

Highlight.ID – Google+, platform media sosial milik Google, menutup layanannya per tanggal 2 April 2019. Penutupan ini lebih cepat dari yang direncanakan sebelumnya, yaitu Agustus 2019. Dengan ditutupnya layanan Google+, maka semua konten yang ada di dalamnya seperti foto, video, forum, dan posting-an akan dihapus. Tak terkecuali semua akun dan halaman Google+. Lalu bagaimana jika ingin menyelamatkan data-data yang ada di Google+?

Untungya, Google memberikan kesempatan bagi pengguna Google+ untuk men-download maupun mem-backup keseluruhan data yang ingin diselamatkan. Buat kamu pengguna Google+, foto-foto dan videomu dapat di-backup ke Google Photos. Pengguna Google+ juga tidak bisa lagi memperbarui posting-an, forum, dan halaman per Senin, 4 Februari 2019. Per tanggal itu pula, orang tidak bisa membuat akun Google+ baru.




Mungkin saja kamu bertanya-tanya, apa alasan Google+ yang meluncur pada tahun 2011 menutup layanannya? Padahal, waktu awal kemunculannya, Google+ sempat digadang-gadang akan mampu menyaingi media sosial lainnya seperti Facebook misalnya. Namun kenyataan berkata lain, Google+ malah sepi peminat. Pada tahun 2014, Google+ diperkirakan memiliki pengguna sekitar 100 juta namun yang aktif menggunakannya hanya sekitar 3,5 juta.

Surat email yang baru-baru ini (awal Februari 2019) dikirimkan oleh Google cuma menyebutkan rendahnya tingkat penggunaan Google+. Namun tidak menyinggung kasus bocornya data 500.000 data pribadi pengguna akibat bug pada akhir tahun 2018. Parahnya, kebocoran data tersebut sudah terjadi sejak tahun 2015, namun Google mengumumkannya kepada publik 3 tahun kemudian. Meskipun sudah ada upaya dari Google untuk mengatasi bug tersebut, namun bug masih saja terjadi pada antarmuka program aplikasi (API).

Baca juga:

Surat Elektronik dari Google+ tentang Penghentian Layanannya

Akun Google+ pribadi Anda akan pergi pada April 2, 2019

Anda menerima email ini karena Anda memiliki konsumen (pribadi) akun Google+ atau Anda mengelola laman Google+.

Pada bulan Desember 2018, kami mengumumkan keputusan kami untuk menutup Google+ untuk konsumen di April 2019 karena penggunaan rendah dan tantangan yang terlibat dalam menjaga produk sukses yang memenuhi harapan konsumen. Kami ingin mengucapkan terima kasih untuk menjadi bagian dari Google+ dan memberikan langkah-langkah selanjutnya, termasuk cara mengunduh foto dan konten lainnya.

Pada 2 April, akun Google+ Anda dan setiap halaman Google+ yang Anda buat akan ditutup dan kita akan mulai menghapus konten dari akun Google+ konsumen. Foto dan video dari Google+ di Anda Arsip Album dan halaman Google+ Anda juga akan dihapus. Anda dapat men-download dan menyimpan konten Anda, pastikan untuk melakukannya sebelum April. Perhatikan bahwa foto dan video didukung dalam Foto Google tidak akan dihapus.

Proses menghapus konten dari akun Google+ konsumen, Laman Google+, dan Album Arsip akan mengambil beberapa bulan, dan konten mungkin tetap melalui waktu ini. Sebagai contoh, pengguna masih dapat melihat bagian dari akun Google+ mereka melalui aktivitas log dan beberapa konsumen konten Google+ dapat tetap terlihat oleh pengguna G Suite sampai konsumen Google+ dihapus.

Pada awal Februari 4, Anda tidak akan lagi dapat membuat baru Google+ profil, halaman, masyarakat atau peristiwa.

Lihat penuh FAQ untuk rincian lebih lanjut dan update yang mengarah ke shutdown.

Jika Anda seorang pemilik Google+ Komunitas atau moderator, Anda mungkin mendownload dan menyimpan data Anda untuk Komunitas Google+. Mulai awal Maret 2019 data tambahan akan tersedia untuk di-download, termasuk penulis, tubuh, dan foto untuk setiap posting masyarakat dalam suatu komunitas masyarakat. Belajarlah lagi

Jika Anda masuk ke situs dan aplikasi menggunakan Google+ Masuk-in tombol, tombol ini akan berhenti bekerja dalam beberapa minggu mendatang tetapi dalam beberapa kasus mungkin akan digantikan oleh Google Sign-in tombol. Anda masih akan dapat masuk dengan Akun Google Anda di manapun Anda melihat Google Sign-in tombol. Belajarlah lagi

Jika Anda telah menggunakan Google+ untuk komentar pada sendiri atau situs lain Anda, fitur ini akan dihapus dari Blogger oleh 4 Feb dan situs lainnya oleh 7 Maret. Semua komentar Google+ Anda pada semua situs akan dihapus mulai tanggal 2 April 2019. Selengkapnya

Jika Anda seorang pelanggan G Suite, Google+ untuk akun Suite G Anda harus tetap aktif. Hubungi G Suite administrator untuk lebih jelasnya. Anda juga dapat mengharapkan tampilan baru dan fitur baru segera. Belajarlah lagi

Jika Anda seorang pengembang menggunakan API Google+ atau Google+ Sign-in, klik di sini untuk melihat bagaimana hal ini akan berdampak Anda.

Dari kita semua di tim Google+, terima kasih untuk membuat Google+ sebuah tempat khusus. Kami berterima kasih untuk kelompok berbakat seniman, pembangun masyarakat, dan pemimpin pemikiran yang membuat Google+ rumah mereka. Ini tidak akan sama tanpa gairah dan dedikasi.

Google LLC 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043

Anda telah menerima pengumuman layanan email wajib untuk menginformasikan tentang perubahan penting Laman Google+, produk atau akun.

Untuk lebih jelasnya perihal penutupan Google+ ini, kalian bisa mencek sendiri di akun Gmail masing-masing.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here